Langsung ke konten utama

Penjadwalan Processor Pada Sistem Operasi Linux

Penjadwalan Processor Pada Sistem Operasi Linux - Sistem operasi mengeksekusi berbagai jenis program. Pada sistem batch program tersebut umumnya disebut dengan job, sedangkan pada sistem time sharing, program tersebut disebut program user atau program task. Pada beberapa buku teks menggunakan istilah job atau proses. Proses yaitu program yang sedang dieksekusi. Sedangakn eksekusi proses dilakukan secara berurutan.


Penjadwalan adalah kumpulan kebijaksanaan serta mekanisme dalam sistem operasi yang berkaitan dengan urutan kerja yang dikerjakan oleh sistem komputer. Pada postingan ini kita akan sama sama memahami tentang proses penjadwalan sistem operasi Linux.


Penjadwalan Processor Sistem Operasi Linux
Linux
Penjadwalan Central processor Unit (CPU) merupakan dasar dari multi programming sistem operasi. Dengan cara men-switch CPU diantara proses, maka akibatnya akan membut sistem operasi mampu membuat komputer produktif. Baca juga : Pengertian Sistem Operasi

Pada sistem Operasi, ada tiga jenis penjadwalan berada secara bersama-sama pada sistem operasi yang kompleks, yaitu:
a. Short term scheduller / Penjadwal jangka pendek
Short term scheduller bertugas menjadwalkan alokasi pemrosesan antara proses-proses ready di memori inti. Penjadwalan Short term scheduller dijalankan setiap terjadi pengalihan proses untuk memilih proses berikutnya yang harus dijalankan.

b. Medium term scheduller / Penjadwal jangka menengah
Setelah mengeksekusi selama beberapa waktu, proses mungkin akan menunda sebuah eksekusi karena membuat permintaan layanan masukan atau keluaran atau memanggil suatu system call. Proses-proses tertunda tidak akan membuat suatu kemajuan menjadi selesai sampai kondisi yang menyebabkan tertunda dihilangkan. 

Supaya ruang memori bisa bermanfaat, maka proses dipindahkan dari memori utama ke memori sekunder supaya tersedia ruang untuk proses lain. Kapasitas memori inti terbatas untuk sejumlah proses aktif. Swapping adalah aktivitas pemindahan proses yang tertunda dari memori inti ke memori sekunder.

Proses-proses memiliki kepentingan kecil saat itu sebagai proses yang tertunda. Tapi, begitu kondisi yang membuatnya tertunda hilang dan dimasukkan kembali ke memori utama dan ready. Baca juga : Jenis jenis sistem operasi

c. Long term scheduller /  Penjadwal jangka panjang
Penjadwalan Long term scheduller bekerja pada antrian batch dan memilih batch berikutnya yang harus dieksekusi. Batch biasanya adalah proses-proses dengan penggunaan sumber daya yang intensif (yaitu waktu pemroses, memori, masukan/keluaran), program-program ini berprioritas rendah, digunakan sebagai pengisi selama periode aktivitas job-job interaktif rendah.

Walaupun setiap proses terdiri dari suatu kesatuan yang terpisah tapi adakalanya proses tersebut membutuhka interaksi satu sama lain. Satu proses bisa dibangkitkan dari keluaran proses lainnya sebagai masukan. Pada saat proses dieksekusi, akan terjadi perubahan status.

Postingan populer dari blog ini

Jumlah Pemain Bola Voli Dalam Satu Regu

Jumlah Pemain Bola Voli Dalam Satu Regu - Permainan bola voli adalah olah raga yang sangat digemari oleh kaum laki-laki atau perempuan, dalam permainan ini jumlah pemain nya dibatasi dengan jumlah yang sedikit mengingat lapangan bola voli juga tergolong kecil, berbeda dengan sepak bola yang kita kenal dengan istilah kesebelasan. Jumlah pemain bola voli dalam satu regu maximal ada 6, sedangkan untuk jumlah minumum ada 4 orang.
Baca juga : Ukuran lapangan bola voli standar nasional

Aturan Jumlah Pemain Bola Voli dalam Satu Regu Setiap tim atau regu memiliki jumlah pemain 10 orang, 6 Orang pemain inti dan 4 orang pemain cadanagan. Pada saat pergantian pemain ketika pertandingan berlangsung tidak dibatasi.  Maksimal dalam satu pertandingaan harus ada 6 pemain inti. minimal 4 pemain. Jika kurang dari empat pemain, maka regu bersangkutan dianggap K.O.
Posisi Pemain Saat Pertandingan Bola Voli Posisi pemain ketika pertandingan berlangsung terbagi menjadi 3, diantaranya; 2 Pemain Smasher/spiker…

Tinggi Ring Basket Dari Lantai untuk Putra dan Putri

Tinggi Ring Basket Dari Lantai untuk Putra dan Putri - Ring basket merupakan sesuatu yang termasuk kedalam fasilitas bola basket. Ring basket juga merupakan poin penting dalam permainan bola basket karena ring adalah tempat di mana pemain harus menembak bola ke dalam rangka untuk mengumpulkan poin. Lalu berapakah tinggi ring basket ???
Pada psotingan ini kita akan sama sama mengkaji tinggi ring basket. Ring basket memiliki tinggi yang berbeda. Ketinggian resmi peraturan NBA ring basket adalah 10 kaki dari lantai atau 305cm, dan papan  3,5 kaki vertikal dan 6 kaki horizontal. Hoop berdiameter 18 inci. Ketinggian lingkaran itu adalah standar di semua tingkat bermain.
Baca Juga : Ukuran Lapangan Basket
National Basketball Association memiliki standar yang berbeda untuk hoops basket karena visibilitas dalam permainan dan sifat fisik atlet profesional. Papan pantul basket NBA terbuat dari kaca 1/4-inch-tebal dan 72 inci lebar 42 inci. Konektor terbuat dari  logam, dan lingkaran dan lingkar…

45 Butir-butir Pancasila

45 BUTIR-BUTIR PANCASILA - Sejak tahun 2003, berdasarkan Tap MPR No.I/MPR/2003, 36 butir pedoman pengamalan Pancasila telah diganti menjadi 45 butir butir Pancasila.  Tapi yang sangat disayangkan yaitu tidak adanya kebijakan pemerintah untuk memasukkanya ke dalam kurikulum pendidikan ataupun program doktrinasi lewat media. 
Namun, meski demikian tidak ada salahnya jika kita mengetahui bagaimana cara pengamalan Butir-butir Pancasila tersebut.  Berikut 45 Butir-butir Pancasila beserta contoh sikap yang mencerminkan pengamalannya:

45 BUTIR-BUTIR PANCASILA
A.  Ketuhanan Yang Maha Esa 1. Bangsa Indonesia menyatakan kepercayaanya dan ketaqwaanya kepada Tuhan Yang Maha Esa. 2. Manusia Indonesia percaya dan taqwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa, sesuai dengan agama dan kepercayaannya masing-masing menurut dasar kemanusiaan yang adil dan beradab. 3. Mengembangkan sikap hormat menghormati dan bekerjasama anatra pemeluk agama dengan penganut kepercayaan yang berbeda-beda terhadap Tuhan Yang Maha Esa…