Saturday, October 29, 2016

Perangkat Keras Untuk Akses Internet

Perangkat Keras Untuk Akses Internet - Kalian dapat mengakses Internet dengan menggunakan dua sarana pokok, yaitu komputer dan perangkat nonkomputer. Perangkat nonkomputer seperti telepon seluler dan Personal Digital Assistant atau PDA.

Komputer dan perangkat nonkomputer keduanya bisa kalian digunakan untuk mengakses internet apabila memenuhi syarat tertentu. Misalnya komputer harus memiliki perangkat keras untuk mengakses interet seperti modem, jaringan komputer, dan beberapa alat pendukung yang lain. 

Nah, pada postingan sekarang ini kita akan sama membahas macam macam perangkat keras untuk mengakses internet.

Sebelum menginjak pada inti pembahasan, tidak salah juga jika saya mengingatkan bahwa perangkat keras terbagi menjadi beberapa kategori. Seperti perangkat keras untuk akses internet, perangkat keras penyimpanan data, perangkat keras input dan perangkat keras output, perangkat jaringan komputer. Semuanya sudah saya bahas pada postingan sebelumnya. Silahkan baca kembali untuk menambah wawasan kalian.

Perangkat pendukung pengakses internet yang diperlukan bergantung pada cara kalian mengakses internet tersebut. Misalnya, jika kalian menggunakan komputer dengan wifi, tentu kalian tidak memerlukan kabel ethernet atau kabel jaringan.

Berbagai Cara Untuk Mengakses Internet

Secara umum, ada beberapa cara untuk mengakses internet. Cara yang biasa digunakan di Indonesia adalah sebagai berikut:

1. Mengakses internet menggunakan jaringan LAN (Local Area Network). Cara ini sering digunakan di warung internet (Warnet), sekolah, cafe, perkantoran.

2. Mengakses internet menggunakan laptop yang dilengkapi dengan wifi. Cara seperti ini sering digunakan di cafe, mall, area pemerintahan, dan universitas. Tempat-tempat yang bisa digunakan untuk mengakses internet dengan sarana wifi biasa diberi keterangan hotspot area.

3. Mengakses internet menggunakan metode dial up. Dial up adalah proses memanggil ke nomor tertentu untuk mendapatkan koneksi internet. Dengan metode dial up, kalian bisa mengakses internet menggunakan PC yang telah dilengkapi dengan modem. Dan kalian juga bebas menggunakan berbagai jenis modem, seperti modem USB, Asymmetric Digital Subsciber Line (ADSL), dan modem berupa telepon seluler.

Untuk lebih lengkap silahkan kalian baca : Pengertian Modem dan Fungsinya.

4. Mengakses internet menggunakan telepon seluler (handphone). Selain bisa digunakan sebagai sarana komunikasi dan modem, ternyata telepon seluler bisa juga di gunakan untuk mengakses internet. Apalagi sekarang jamannya Smartphone, saya sebagian masyarakat Indonesia sudah mulai menggunakannya.

Itulah berbagai cara untuk mengakses internet, sekarang kita akan bahas lebih rinci tentang perangkat apa saja yang bisa digunakan untuk mengakses internet.

Perangkat Keras Untuk Akses Internet

1. Kartu Jaringan
Kartu jaringan atau LAN Card atau NIC adalah salahsatu perangkat keras komputer yang bisa digunakan untuk mengakses internet. Perangkat ini banyak digunakan di perkantoran, gedung pemerintahan, sekolah, warnet.

Kartu jaringan (Network Interface Card/NIC) berfungsi sebagai jembatan penghubung komputer ke jaringan. Ada dua jenis kartu jaringan yang kalain bisa jumpai, yaitu NIC yang bersifat fisik dan NIC yang bersifat logis.

Perangkat Keras Untuk Akses Internet
Perangkat Keras Untuk Akses Internet

Kartu jaringan yang bersifat fisik seperti NIC Ethernet dan Token Ring. sedangkan kartu jaringan yang bersifat logis seperti loopback adapter dan Dial up Adapter.

Setiap kartu jaringan memiliki nomor alamat yang disebut sebagai MAC Address. Kalian bebas memilih MAC Address yang bersifat statis (tidak dapat diubah) atau MAC Adress nonstatis (dapat Anda ubah).

Baca juga: Pengertian MAC Address dan Fungsinya

2. Wifi
Seperti yang telah saya disebutkan diatas. Dengan wifi, laptop bisa kalian gunakan untuk mengakses internet di area hotspot. Sebagian besar peralatan wifi bekerja pada frekuensi 2,4 GHz (gigahertz) hingga 5,8 GHz. Kecepatan akses internet menggunakan wifi bisa mencapai angka 54 Mbps.

3. Modem Kabel
Modem kabel bisa kalian gunakan untuk menghubungkan komputer dan tv kabel. Jaringan tv kabel ini juga bisa diguanak untuk menghubungkan komputer ke jaringan internet. Bahkan menurut para ahli, kecepatan akses internet yang tersambung dengan modem kabel lebih tinggi dibandingkan dengan internet yang tersambung dengan menggunakan modem dial up.

4. Saluran Telepon
Saluran telepon juga digunakan untuk menghubungkan komputer dengan internet. Penggunaan saluran telepon diikuti dengan penggunaan modem dial up. Selain saluran telepon, akses internet juga bisa dilakukan menggunakan tv kabel. Jika menggunakan tv kabel, kalian harus menggunakan modem kabel.


Saluran telepon adalah cara yang paling sederhana untuk menghubungkan kedunia internet karena penggunanya tidak perlu mendaftar apapun. Saluran telepon juga dikenal sebagai jalur leased line. Leased line merupakan saluran koneksi telepon permanen antara dua titik yang disediakan oleh perusahaan telekomunikasi publik. Umumnya, leased line digunakan ketika terdapat kebutuhan komunikasi data jarak jauh yang harus dilakukan secara terus-menerus.

Perangkat Keras Pendukung Untuk Akses Internet

Selain peralatan pokok, Anda juga memerlukan beberapa alat pendukung untuk bisa terhubung ke internet. Apa saja perangkat keras yang digunakan untuk koneksi internet? Simak ulasan dibawah!

a. Hub/Switch
Hub digunakan sebagai alat penghubung antarkomputer. Selain itu, hub juga bisa dipakai untuk membangun sebuah jaringan sederhana berupa sambungan beberapa komputer dalam satu grup IP lokal.

Hub memiliki beberapa port. Selain satu port yang tersambung ke jaringan, masing-masing port dapat dihubungkan ke komputer. Ketika ada satu paket data masuk ke dalam salah satu port, paket data akan tersalin ke port yang lain. Akibatnya, semua komputer yang tersambung ke hub dapat membaca paket data tersebut.

Baca :
Saat ini penggunaan hub mulai langka, dan digantikan switch. kerana switch dapat melakukan transfer data dengan lebih cepat.

Hub dan switch bisa mentransfer data dengan kecepatan sampai 100 Mbps. Bahkan, switch saat ini dikembangkan dan mampu melakukan transfer data sampai 1 Gbps.

Meskipun hub perlahan ditinggalkan, namun bukan berarti hub tidak memiliki kelebihan. Nilai lebih hub yaitu bisa memperkuat sinyal dan  hub juga memiliki jumlah port yang banyak. Dengan kelebihan kelebihan yang dimilikinya hub memungkinkan koneksi banyak komputer.

b. Repeater
Perangkat pendukung untuk mengakses internet selanjutnya adalah Repeater. Repeater berfungsi sebagai penerima sinyal dan kemudian memancarkan sinyal itu kembali. Perangkat yang satu ini dianggap memiliki nilai lebih karena kemampuannya untuk memperkuat sinyal.

c. Router
Router atau penghala adalah perangkat keras komputer yang berfungsi untuk mengirimkan paket data melalui sebuah jaringan atau internet. Proses pengiriman data dikenal sebagai routing. Selain itu, router juga memiliki fungsi sebagai penghubung antar dua atau lebih jaringan lalu meneruskan data dari satu jaringan ke jaringan yang lain. Pada dasarnya, router merupakan komputer yang mempunyai perangkat keras dan perangkat lunak

Baca Lebih Lengkap: Pengertian Router dan Fungsinya

Itulah macam macam Perangkat Keras Untuk Akses Internet yang bisa saya tulis pada kesempatan ini. Semoga bermanfaat. Ikuti terus postingan tentang komputer hanya di bukusekolah.org :D
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Buku Sekolah
Buku Sekolah Updated at: 7:46:00 AM

Related : Perangkat Keras Untuk Akses Internet

0 komentar:

Post a Comment