Thursday, October 20, 2016

Perbedaan RAM dan ROM

Perbedaan RAM dan ROM - Ada satu perbedaan utama antara perangkat keras ROM dan RAM. ROM adalah memori non-volatile yang tidak membutukan sumber konstan kekuatan untuk mempertahankan informasi yang tersimpan di dalamnya. Bila daya hilang atau dimatikan, memori ROM akan menyimpan data dan informasi yang tersimpan di dalamnya. Sebaliknya, RAM adalah memori volatile dan membutuhkan sumber konstan kekuatan untuk mempertahankan informasi yang tersimpan didalamnya. Bila daya hilang atau dimatikan, memori RAM akan kehilangan informasi yang tersimpan di dalamnya.

Pada artikel ini kita akan membahas Perbedaan RAM dan ROM. Namun sebelum membahas lebih dalam lagi, saya ingatkan jangan lupa like dan share artikel ini. Yuk kita sama-sama bangun blog ini agar memberikan manfaat untuk orang lain.

Perbedaan RAM dan ROM

Perbedaan lainnya antara ROM dan RAM meliputi:

RAM adalah Media penyimpanan data pada komputer yang digunakan terutama dalam proses start up komputer, sedangkan RAM digunakan dalam operasi normal komputer setelah memulai dan loading sistem operasi.

Read data ke dalam ROM adalah proses yang lambat, sedangkan menulis data ke dalam RAM adalah proses yang lebih cepat.

Memori RAM dapat menyimpan beberapa gigabyte (GB) data, bahkan 16 GB. Sebuah chip ROM biasanya menyimpan hanya beberapa megabyte (4 MB atau lebih per chip).

Read only memory atau ROM adalah bentuk penyimpanan data di komputer dan perangkat elektronik lainnya yang tidak dapat dengan mudah diubah atau memprogram. RAM disebut memori volatile dan hilang ketika listrik dimatikan sedangkan ROM non-volatile dan isi dipertahankan bahkan setelah daya dimatikan.

Random access memory atau RAM adalah bentuk penyimpanan data yang dapat diakses secara acak setiap saat, dalam urutan apapun dan dari manapun lokasi fisik berbeda dengan perangkat penyimpanan lainnya, seperti hard drive di mana lokasi fisik data menentukan waktu yang dibutuhkan untuk mengambilnya. RAM diukur dalam megabyte dan kecepatan diukur dalam nanodetik dan RAM dapat membaca data lebih cepat dari ROM. Lebih lengkapnya baca : Pengertian RAM dan fungsinya

ROM komputer
Sebuah contoh dari ROM di komputer adalah BIOS, sebuah PROM yang menyimpan pemrograman yang diperlukan untuk memulai memulai proses komputer awal. Sistem pentimpanan ROM adalah non-volatile dan itu satu-satunya cara untuk memulai proses start up untuk komputer dan perangkat lain yang menggunakan proses start up serupa. ROM juga bisa digunakan dalam cartridge sistem game, seperti Nintendo, Game Boy, Sega Genesis, dll.

RAM komputer
RAM juga digunakan dalam komputer dan perangkat lain untuk menyimpan informasi dan menjalankan program di komputer karena RAM adalah salah satu jenis memori di komputer. Misalnya, browser Internet yang kalian gunakan untuk membaca halaman yang telah dimuat ke memori. Namun, seperti yang disebutkan sebelumnya, setiap informasi yang tersimpan dalam RAM hilang jika komputer dimatikan atau kehilangan daya.

Itulah Perbedaan RAM dan ROM yang bisa saya tulis pada artikel ini, Jika ada pertanyaan jangan sungkan untuk berkomentar. Terimakasih.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Buku Sekolah
Buku Sekolah Updated at: 8:17:00 PM

Related : Perbedaan RAM dan ROM

0 komentar: