Langsung ke konten utama

Proses Terjadinya Hujan

Proses Terjadinya Hujan - Hujan merupakan salah satu unsur yang paling berpengaruh dalam proses pembentukan alam ini oeh karena itu hujan merupakan salah satu unsur yang sangat penting di dunia ini. Dalam peroses terjadinya hujan ada dua persi yang menyebutkan yaitu peroses terjadinya hujan menurut ilmu Geografis dan juga proses terjadinya hujan menurut agama Islam. 

Proses Terjadinya Hujan
Proses Terjadinya Hujan
Untuk peroses hujan menurut Fisika, para ahli fisika menyebutkan bahwa peroses terjadinya hujan di temukan baru-baru ini, dan Proses terjadinya hujan menurut agama islam sudah ada dan di ketahui dari dulu oleh orang orang islam pada kitab suci Al-qur'an dalam surat Ar-rum ayat 48.

Namun demikian peroses terjadinya hujan antara kedua penjelasan tersebut tidak jauh berbeda. Proses hujan sama seperti siklus perputaran air. Baca juga Siklis air Hidrologi Panjang Pendek dan Sedang Beserta Gambarnya. Dan berikut ini adalah beberapa tahapan proses terjadinya hujan, antara lain:

Peroses Terjadinya Hujan Menurut Ilmu Geografis

  • Sinar matahari menyinari bumi, energi sinar matahari dapat menimbulkan terjadinya evaporasi di lautan,samudra,danau,sungai,dan sumber air lainnya sehingga dapat menghasilkan uap-uap air.
  • Uap-uap air tersebut akan menaik pada ketinggian tertentu dan akan mengakibatkan peristiwa-peristiwa yang di sebut dengan kondensasi. Peristiwa kondensasi ini dapat diakibatkan oleh suhu yang berada sekitar uap air lebih rendah dari pada titik embun uap air.
  • Kemudian Uap-uap air tersebut akan membentuki awan. Lalu, angin(yang terjadi karena perbedaan tekanan udara)akan membawa butir-butir air tersebut.
  • Kemudian Butir-butir tersebut akan menyatukan diri(proses ini disebut dengan proses koalensi)sehingga butir-butir air tersebut akan semakin membesar,dikarenakan akibat terjadinya turbelensi udara, butir-butir air tersebut akan ditarik oleh gaya gravitasi bumi,sehingga butir-butir air tersebut akan jatuh ke permukaan bumi.
  • Dan ketika butir-butir air tersebut jatuh ke permukaan bumi, butir-butir air tersebut akan melewati sebuah lapisan yang lebih hangat di bawahnya. sebagian kecil butir-butir air tersebut akan menguap ke atas dan sebagian lainnya akan jatuh ke permukaan bumi sehingga menjadi hujan. Inilah yang dinamakan dengan Hujan.

Proses Terjadinya Hujan Menurut Agama Islam

Menurut agama islam juga diterangkan tentang proses terjadinya hujan yang terdapat dalam al-qur'an surah ar-rum ayat 48.

yang atinya berbunyi (Dialah Allah yang mengirimkan angin,lalu angn itu menggerakkan awan dan allah membentangkannya di langit menurut yang dikehendakiNya, dan menjadikannya bergumpal-gumpal, lalu kamu lihat air hujan keluar dari celah-celahnya, maka apabla hujan itu turun mengenai hamba-hambaNya yang dikehendakiNya, tiba-tiba mereka menjadi gembira).


Sekarang, mari kita amati tiga tahapan proses terjadinya hujan yang diterangkan dalam ayat tersebut. Baca juga artikel lain terkait Pengertian Cuaca Iklim Serta Unsur-Unsurnya

1.TAHAP Pertama:

(Dialah Allah yang telah mengirimkan Angin)

Maksudnya adalah Gelembung-gelembung udara yang jumlahnya tidak diketahui yang di bentuk dengan pembuihan di lautan. Pecahan terus-menerus dan menimbulkan partikel-partikel air tersembur menuju langit. Partikel-partikel ini,yang kaya akan garam,sehingga di bawa oleh angin dan bergerak ke atas atmosfir. Partikel-partikel ini,yang di sebut aerosol,dapat membentuk awan dengan mengumpulkan beberapa uap air di sekelilingnya,dan naik lagi dari lautan,sehingga titik-titik kecil dengan mekanisme yang disebut dengan "perangkat air"

2.TAHAP Kedua:

(Lalu angin itu menggerakkan awan dan allah membentangkannya di langit menurut yang dikehenndakiNya,dan menjadikannya bergumpal-gumpal)

Maksudnya adalah Awan-awan yang terbuat dari uap air yang mengembun di sekeliling butir-butir garam atau partikel-partikel debu yang berada di udara. Dikarenakan air hujan tersebut dalam keadaan kecil(dengan berdiameter antar 0.01 dan 0,02 mm),dan awan-awan tersebut tergantungan di udara dan terbentang di langit. Sehingga langit ditutupi oleh awan-awan.

3.TAHAP Ketiga;

(lalu kamu lihat air hujan yang keluar dari celah-celahnya)
Maksudnya adalah Partikel-partikel air yang mengelilingi butir-butir garam sehingga partikel-partikel debu tersebut akan menjadi mengental dan terbentuklah air hujan. Sehingga air hujan tersebut menjadi lebih berat dari pada udara yang bertolak dari awan dan mulai berjatuhan ke tanah, sehingga menjadi hujan. 

Sekian postingan kali ini semoga bermanfaat.,..... Wassalamualaikum!!!

Postingan populer dari blog ini

Jumlah Pemain Bola Voli Dalam Satu Regu

Jumlah Pemain Bola Voli Dalam Satu Regu - Permainan bola voli adalah olah raga yang sangat digemari oleh kaum laki-laki atau perempuan, dalam permainan ini jumlah pemain nya dibatasi dengan jumlah yang sedikit mengingat lapangan bola voli juga tergolong kecil, berbeda dengan sepak bola yang kita kenal dengan istilah kesebelasan. Jumlah pemain bola voli dalam satu regu maximal ada 6, sedangkan untuk jumlah minumum ada 4 orang.
Baca juga : Ukuran lapangan bola voli standar nasional

Aturan Jumlah Pemain Bola Voli dalam Satu Regu Setiap tim atau regu memiliki jumlah pemain 10 orang, 6 Orang pemain inti dan 4 orang pemain cadanagan. Pada saat pergantian pemain ketika pertandingan berlangsung tidak dibatasi.  Maksimal dalam satu pertandingaan harus ada 6 pemain inti. minimal 4 pemain. Jika kurang dari empat pemain, maka regu bersangkutan dianggap K.O.
Posisi Pemain Saat Pertandingan Bola Voli Posisi pemain ketika pertandingan berlangsung terbagi menjadi 3, diantaranya; 2 Pemain Smasher/spiker…

Tinggi Ring Basket Dari Lantai untuk Putra dan Putri

Tinggi Ring Basket Dari Lantai untuk Putra dan Putri - Ring basket merupakan sesuatu yang termasuk kedalam fasilitas bola basket. Ring basket juga merupakan poin penting dalam permainan bola basket karena ring adalah tempat di mana pemain harus menembak bola ke dalam rangka untuk mengumpulkan poin. Lalu berapakah tinggi ring basket ???
Pada psotingan ini kita akan sama sama mengkaji tinggi ring basket. Ring basket memiliki tinggi yang berbeda. Ketinggian resmi peraturan NBA ring basket adalah 10 kaki dari lantai atau 305cm, dan papan  3,5 kaki vertikal dan 6 kaki horizontal. Hoop berdiameter 18 inci. Ketinggian lingkaran itu adalah standar di semua tingkat bermain.
Baca Juga : Ukuran Lapangan Basket
National Basketball Association memiliki standar yang berbeda untuk hoops basket karena visibilitas dalam permainan dan sifat fisik atlet profesional. Papan pantul basket NBA terbuat dari kaca 1/4-inch-tebal dan 72 inci lebar 42 inci. Konektor terbuat dari  logam, dan lingkaran dan lingkar…

45 Butir-butir Pancasila

45 BUTIR-BUTIR PANCASILA - Sejak tahun 2003, berdasarkan Tap MPR No.I/MPR/2003, 36 butir pedoman pengamalan Pancasila telah diganti menjadi 45 butir butir Pancasila.  Tapi yang sangat disayangkan yaitu tidak adanya kebijakan pemerintah untuk memasukkanya ke dalam kurikulum pendidikan ataupun program doktrinasi lewat media. 
Namun, meski demikian tidak ada salahnya jika kita mengetahui bagaimana cara pengamalan Butir-butir Pancasila tersebut.  Berikut 45 Butir-butir Pancasila beserta contoh sikap yang mencerminkan pengamalannya:

45 BUTIR-BUTIR PANCASILA
A.  Ketuhanan Yang Maha Esa 1. Bangsa Indonesia menyatakan kepercayaanya dan ketaqwaanya kepada Tuhan Yang Maha Esa. 2. Manusia Indonesia percaya dan taqwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa, sesuai dengan agama dan kepercayaannya masing-masing menurut dasar kemanusiaan yang adil dan beradab. 3. Mengembangkan sikap hormat menghormati dan bekerjasama anatra pemeluk agama dengan penganut kepercayaan yang berbeda-beda terhadap Tuhan Yang Maha Esa…