Langsung ke konten utama

Sejarah Kerajaan Aceh secara Lengkap

Sejarah Kerajaan Aceh Lengkap - Kerajaan Aceh atau yang serinng kita sebut dengan Kerajaan Aceh Darussalam, adalah suatu kerajana yang berbasis islam yang pernah berdiri pada daerah Provinsi Aceh di Indonesia. Kesultanan aceh ataupun kerajaan aceh ini adalah didirikan pada saat Ibu kota Bandar Aceh Darussalam dengan Sultan pertama yaitu Sultan Ali Muqhayat Syah.

Penobatan tersebut dilaksanakan pada tanggal 08 bulan September 1507 masehi. Dalam kisah perjalanan yang tercatat dalam sejarahnya, kerajaan Aceh ini memiliki sejumlah kisah yang sangat panjang dan juga ya enak untuk di simak oleh kita sebagaimana yang harus kita ketahui dan kita banggakan ialah kerajaan aceh ini merupakan serambi mekkah al- mukarromah.

Baca juga : Kerajaan Islam tertua di Indonesia

Pada masa kerajaan tersebut, banyak pola dan sistem pendidikan militer yang di kembangkan oleh Kerajaan ini, karena itu dengan pemerintahan yang teratur dan juga yang bersistematik, akhirnya kerajaan ini pun memunculkan harapan baru dengan mewujudkan adanya pusat pusat pengkajian dalam ilmu pengetahuan dan juga banyak menjalin hubungan diplomatik dengan negara lain.

Aceh
Aceh

Sejarah Berdirinya Kerajaan ataupun Kesultanan Aceh Darussalam

Didirikannya kesultanan aceh ini ialah oleh tokoh penting sebagai pemegang tahta juga, yaitu Sultan Ali Mughayat Syah tepatnya pada tahun 1514. Dan pertama kalinya wilayah ini atas nama kerajaan Lamuri namun akhirnya menundukanny dan menyatukan kembali beberapa wilayah yang menjadi bagian dari apa yang ada pada kesultanan aceh ataupun kedaulatan aceh yang di ikuti dengan Aru.

Dan ketika tahun 1528 Masehi, sultan pendirinya di ganti oleh putra kesayangannya sekaligus paling sulungnya yaitu diberi nama dengan SALAHUDIN, yang akhirnya tidak berkuasa lagi dan hanya sampai tahun 1537 Masehi, dan langsung lagi di gantikan oleh Sultan Aluddini yang menguasai dan menduduki tahta kerajaan ACEH tersebut pada masa tahun 1571.

Masa Kejayaan Kesultanan Aceh ataupun Kerajaan Aceh Darussalam

Meskipun banyak orang yang menyebut bahwa sultan adalah seorang penguasa aceh yang terendah, tapi ternaya selalusaja di kendalikan oleh orang orang miskin, Hiyakat Aceh ini menuturkan bahwa sulat yang memang ketika itu di paksa di turunkan adalah Sultan Sri Alam yang di gulingkan pada tahun 1579 dan itu di sebabkan oleh Perangainya yang sudah melewati batas dalam membagi harta kerajaan yang pada saat itu dibagikan untuk pengikutnya.

Ketika itu, sultan di gantikan oleh Sultan Zainal Abidin dan terbunuh pada beberapa bulan setelah di berikannya tahta kerajaan padanya, itu di sebab kan olehnya sendiri yang memang sangat kecanduan sendiri pada Berburu Binatang dan juga kejamnya dan kekerasannya yang dia tunjukan pada pengikutnya kala itu.

Setelah itu, banyak orang yang kaya dan juga keluarga kerajaan yang menawarkan mahkota dan tahta kerajaan pada Alaiddin Riayat Syah Sayyid Al-Mukamil yang muncul dari dinasti Darul Kamal pada tahun 1389 dan akhirnya dia bersedia untuk memakai mahkota kerajaan tersebut.

Akhirnya, kerajaan aceh pun sampai pada maca kejaayaannya yang berkembang sangatlah pesat, disana di bawah pimpinan SULTAN ISKANDAR MUDA pada tahun 1607-1636 akhirnya berbuahlah hasil dari jeripayah sultan tersebut dengan memberikan masa kejayaan pada rakyatnya di ACEH DARUSSALAM.

Masa Kehancuran Kerajaan ACEH

Masa kemunduran ataupun kehancuran dari kerajaan aceh ini di sebabkan oleh beberapa faktor, yaitu diantaranya oleh faktor makin kuatnya kekuasaan para penjajah Belanda di pulau SUMATERA dan SELAT MALAKA, lalu jatuhnya wilayah Minangkabau, dan faktor yang paling dominan sebagai penghancur kerajaan ini adalah dari dalam kerajaan sendiri yang memperebutkan tahta dan pewaris kekuasaan kerajaan.

Perekonomian Kerajaan Aceh
Aceh memang terkenal dengan sumber ekonominya kala itu, beberapa diantaranya yang sering menjadi mata pencaharian rakyatnya sehari hari ialah berikut di bawah ini:

1.Minyak tanah yang di ambil dari Deli
2.Belereng yang ada di Pulau Weh dan juga dari Gunung Seulawah
3.Kapur dari tanah Singkil
4.Kapur Barus dan Menyan juga yang di dagangkan di Barus
5.Emas di Pantai Barat yang ada di Aceh
6.Sutera aceh yang ada di Banda ACEH DARUSSALAM.

Postingan populer dari blog ini

Jumlah Pemain Bola Voli Dalam Satu Regu

Jumlah Pemain Bola Voli Dalam Satu Regu - Permainan bola voli adalah olah raga yang sangat digemari oleh kaum laki-laki atau perempuan, dalam permainan ini jumlah pemain nya dibatasi dengan jumlah yang sedikit mengingat lapangan bola voli juga tergolong kecil, berbeda dengan sepak bola yang kita kenal dengan istilah kesebelasan. Jumlah pemain bola voli dalam satu regu maximal ada 6, sedangkan untuk jumlah minumum ada 4 orang.
Baca juga : Ukuran lapangan bola voli standar nasional

Aturan Jumlah Pemain Bola Voli dalam Satu Regu Setiap tim atau regu memiliki jumlah pemain 10 orang, 6 Orang pemain inti dan 4 orang pemain cadanagan. Pada saat pergantian pemain ketika pertandingan berlangsung tidak dibatasi.  Maksimal dalam satu pertandingaan harus ada 6 pemain inti. minimal 4 pemain. Jika kurang dari empat pemain, maka regu bersangkutan dianggap K.O.
Posisi Pemain Saat Pertandingan Bola Voli Posisi pemain ketika pertandingan berlangsung terbagi menjadi 3, diantaranya; 2 Pemain Smasher/spiker…

Tinggi Ring Basket Dari Lantai untuk Putra dan Putri

Tinggi Ring Basket Dari Lantai untuk Putra dan Putri - Ring basket merupakan sesuatu yang termasuk kedalam fasilitas bola basket. Ring basket juga merupakan poin penting dalam permainan bola basket karena ring adalah tempat di mana pemain harus menembak bola ke dalam rangka untuk mengumpulkan poin. Lalu berapakah tinggi ring basket ???
Pada psotingan ini kita akan sama sama mengkaji tinggi ring basket. Ring basket memiliki tinggi yang berbeda. Ketinggian resmi peraturan NBA ring basket adalah 10 kaki dari lantai atau 305cm, dan papan  3,5 kaki vertikal dan 6 kaki horizontal. Hoop berdiameter 18 inci. Ketinggian lingkaran itu adalah standar di semua tingkat bermain.
Baca Juga : Ukuran Lapangan Basket
National Basketball Association memiliki standar yang berbeda untuk hoops basket karena visibilitas dalam permainan dan sifat fisik atlet profesional. Papan pantul basket NBA terbuat dari kaca 1/4-inch-tebal dan 72 inci lebar 42 inci. Konektor terbuat dari  logam, dan lingkaran dan lingkar…

45 Butir-butir Pancasila

45 BUTIR-BUTIR PANCASILA - Sejak tahun 2003, berdasarkan Tap MPR No.I/MPR/2003, 36 butir pedoman pengamalan Pancasila telah diganti menjadi 45 butir butir Pancasila.  Tapi yang sangat disayangkan yaitu tidak adanya kebijakan pemerintah untuk memasukkanya ke dalam kurikulum pendidikan ataupun program doktrinasi lewat media. 
Namun, meski demikian tidak ada salahnya jika kita mengetahui bagaimana cara pengamalan Butir-butir Pancasila tersebut.  Berikut 45 Butir-butir Pancasila beserta contoh sikap yang mencerminkan pengamalannya:

45 BUTIR-BUTIR PANCASILA
A.  Ketuhanan Yang Maha Esa 1. Bangsa Indonesia menyatakan kepercayaanya dan ketaqwaanya kepada Tuhan Yang Maha Esa. 2. Manusia Indonesia percaya dan taqwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa, sesuai dengan agama dan kepercayaannya masing-masing menurut dasar kemanusiaan yang adil dan beradab. 3. Mengembangkan sikap hormat menghormati dan bekerjasama anatra pemeluk agama dengan penganut kepercayaan yang berbeda-beda terhadap Tuhan Yang Maha Esa…