Thursday, October 27, 2016

Sejarah Kerajaan Airlangga secara Lengkap

Sejarah Kerajaan Airlangga Lengkap - Airlangga adalah sebuah kerajaan yang beragamakan HINDU, kerjaan ini ada pada tahun 990-1049, di Pulau Bali. Kata airlangga bisa juga di tulis ERLANGGA. Erlangga merupakan pendiri kerajaan ini yang juga memerintahnya sejak tahun 1009-1042, dengan gelar yang luar biasa yaitu Sri Maharaja Rakai Halu.

Sebagai orang yang menjadi raja, tentunya  ia pun harus memerintahkan rakyatnya untuk kebaikan, dan suatu saat dia memerintah pada Mpun Kanwa untuk mengubah nama Kakawin Arjuanwiwaha yang menggambarakan suatu keberhasilannya dalam menghadang medan peperangan yang ia menangkan.

Ketika masa pemerintahan airlangga, dia menjadikan kerajaan nya dibagi dua 2 bagian, yang pertama kerajaan Kadiri yang ke 2 kerajaan Janggala untuk kedua putranya yang pasti. Nama Airlangga ketika sampai sekarang pun masihlah terdengar sehingga tidak habisnya para pembuat buku cerita ataupun kisah sering saja membahas airlangga yang juga banyak diabadikan nama nya di dalam berbagai tempat di Bumi Nusantara kita ini.

Baca Juga: Sejarah Kerajaan di Nusantara Lengkap

kerajaan airlangga sangat lengkap

Sejarah Berdirinya Kerajaan Airlangga

Jika kita berkata tentang sejarah, maka yang terjawab ialah sejarah kerajaan ini adalah, nama Airlangga diambil dari kata yang berarti air yang melompat, airlangga lahir pada tahun 990 Masehi, dari ayahnya yang bernama Udayana, dari kerajaan Bedahulu yang ada di Marmadewa, dan Ibunya yang bernama Mahendradatta, yang merupakan putri dari Wangsa Isyana yang juga dari Kerajaan Medang.

Ketika itu, kerajaan Medang sangatlah mempunyai kekuatan yang kuat, maka dari itu mereka menaklukan daerah bali dengan mengadakan sedikit serangan, lalu mendirikanlah koloni di daerah Kalbar, dan mereka juga kembali mengarahkan serangan ke KERAJAAN SRIWIJAYA.

Airlangga memiliki kurang lebihnya dua orang adik, yang bernama Marakata yang menjadi Raja setelah ayah mereka meninggal, dan ada juga adiknya yang ke dua yaitu Anak Wungsu, dan dia naik tahta setelah meninggal kakanya marakata.

Dalam sebuah prasasti yang ada, airlangga mengaku bahwa dia merupakan keturunan dari empu sendok dan juga wangsa isyana tepatnya dari daerah kerjaan Medang Mataram Kuno yang ada di Jawa Tengah.

Masa Pelariannya Airlangga

Ketika Airlangga meikhi putri paman nya sendiri yang bernama Dharmawangsa Teguh, di daerah Watan, maka ibu kota kerajaan kala itu adalah Mospati Magetan, jawa Timur. Dan saatnya pernikah dalam pestanya sedang berlangsung meriah tiba tiba saja raja wurawari menyerang Wawatan, ia merupakan sekutu nya kerajaan SRIWIJAYA.

Kejadian tersebutpun sangatlah abadi tulisannya dalam sejarah nusantara kita, di catat juga dalam sebuah prasasti yang agung yang menyebutkan bahwa peperangan itu terjadi pada tahun 928 Saka ataupun pada tahun 1006 ataupun 1007.

Ketika serangan itu Dharmawangsa teguh tewas mengenaskan, namun airlangga berhasil melarikan diri ke Hutan dan Pegunungan yang di namai Wanagiri, juga ketika itu dia di temani oleh Mpu Narotama.

tepatnya dia berumur 16 tahun dan ulai untuk hidup sebagai pertapa, salah satu yang menjadi bukti petilasan airlangga dalam misi lari nya tersebut dapat kita lihat dalam daerah terpencil di Sendang Made, Kudu, Jombang, Jawa Timur.

Akhirnya, setelah 3 tahun lama nya airlangga hidup di hutan , datanglah utusan dari rakyat yang memintanya untuk memimpin kembali kerajaan Medang. Diingatnya kota Wwatan telah hancur lebur, akhirnya airlangga pun kembali bangkit dan memangun kota baru yang bernama Watan Mas di daerah Gunung Penganggungan, saat itu airlangga naik tahta pada tahun 1009.

Pada masa kepemimpinannya, airlangga hanya memimpin daerah Sidoarjo dan Pasuruan, dikarenakan telah meninggalnya istrinya banyak sekali daerah kekuasaan yang melepaskan diri dari kerajaan medang.

Dan perlu kita ketahui, bahwa kerajaan SRIWIJAYA merupakan musuh paling besar bangsa Wansa Isyana yang di kalahkan oleh Rajendra Coladewa dari Negara INDIA. Ini disebabkan karena Airlangga lebih mempersiapkan diri untuk penaklukan Pulau Jawa.

Akhir Hayat Airlangga

Dalam sejarah banyak sumber yang tidak pasti dan juga tidak jelas kapan dan dimana Airlangga meninggal dunia, namun dalam peninggalannya Paduka Mpungku telah dimakamkan dit Tirtha ataupun Pemandian, tepatnya sering disebut Gunung Penanggungan.

Baca Juga: Peninggalan sejarah Kerajaan Airlangga

Penamaan Nama nya Airlangga untuk Kerajaan

Berikutlah alasannya mengapa nama Airlangga sangat di abadikan dan disinilah nama – nama airlangga yang dipakai:

1.Nama dari satu Keluarahan yang ada di Kota Surabaya
2.Terdapat lagi Universitas AIRLANGGA di Surabaya
3.Ada di kota kediri yang di sebut MUSEUM ERLANGGA
4.Di Jakarta pun ada PENERBIT ERLANGGA

Ya masih banyak lagi pengabadian nama airlangga di sana sini, semoga kepemimpinannya dapat kita contoh.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Buku Sekolah
Buku Sekolah Updated at: 12:44:00 AM
Tags :

Related : Sejarah Kerajaan Airlangga secara Lengkap

0 komentar:

Post a Comment