Sabtu, 29 Oktober 2016

Sejarah Kerajaan Bali Lengkap

;
Sejaraah Kerajaan Bali Lengkap - Keraton Bali ataupun kerajaan Bali adalah kerajaan yang berbasis HINDU yang terbesar di daerah Bali. Yang akan saya paparkan kali ini adalah kerajaan Bali yang meliputi Sejarahnya, kebudayaannya, sosial kehidupannya, peninggalan sejarahnya bahkan sekarang akan saya bahas.

Sejaraah dan Kehidupan di  Kerjaan Bali

Kerajaan bali adalah suatu kerajaan yang merupakan bagian dari sejarah masyarakan Kehidupan Bali, dalam keseluruhan, kerajaan bali ini meliputi segala pemerintahan yang ada di dalamnya. Kerajaan bali juga beberapa kali banyak yang bergantian berdiri pada masa saat itu.

Baca Juga: Sejarah kerajaan di Nusantara

Yang terjadi bagaimana ? ya banyaknya pertikaian dari sana sini yang banyak juga memperebutkan segala bentuk wilayah kekuasaannya.


kerajaan bali sejarah nya secara lengkap

Kraton Bali ataupun Kerajaan Bali yang pertama kali ada yaitu bernama Kerajaan Bedhalu dan setelah itu di lanjutkan oleh adnaya kerajaan Majapahit.

Lalu, setelah kerajaan majapahit tidak ada dan runtuh hancur sekali datanglah kerajaan Gelgel mengambil alih kekuasaannya dan di lanjutkan lagi kemudian oleh Kerajaan Kelungkung, dan kemudian juga yang kerajaan Kelungkung tersebut terpecah belah dan terbagi menjadi banyak bagian yaitu menjadi 8 buah kerajaan yang sangat kecil kecil, di sanalah kerajaan bali di sebut sebagai SWAPRAJA.

Meskipun kita tidak banyak yang mengetahui akan sejarah lengkap dan rinci tentang kerajaan Bali, tapi yang pasti dan juga yang ada dalam catatan yaitu kerajaan Bedahulu ataupun yang biasa kita sebut dengan Bedulu merupakan suatu kerajaan yang muncul dan diakui di Bali.

kerajaan yang berpusan di Pejeng ataupun di daerah Bedulu, kerajaan Bali ini didirikan pada sekita abad ke 8 sampai ke empat belas.

Orang lain yang mengatakan konon katanya, kerajaan yang dulu di perintah di kerajaan Blai ialah di perintah oleh suatu kelompok bangsa Bangsawan yang telah di kenali dengan nama tenar mereka yaitu Warmadewa dan Sri Kesari Warmadewa yang di sebut sebagai Raja Pertama Kerajaan Bali.

Nama Raja yang ada di Kerajaan Bali

Raja pada Masa Dinasti Marmadewa sangatlah banyak, dan masa pemerintahan mereka juga tercatat merupakan Raja Raja yang paling banyak, yaitu sebagai berikut :

a.Sri Kesari Warmadewa
b.Ugrasena
c.Aji Tamanendra Warmadewa
d.Sri Candrabaya Singa Warmadewa ataupun sering juga di sebut dengan nama Jayasingha Warmadewa
e.Sri Janasadu Warmadewa
f.Sri Maharaja Sri Wijaya Mahadewi
g.ri Dharmawangsawardhana Marakata
h.Sri Udayana Warmadewa
i.Anak Wungsu

Dan setelah akhiri pada masa pemerintahan yang di pimpin oleh Warmadewa timbul lah seorang raja yang silih berganti bergantian untuk memimpin. Berikut adalah raja – raja yang menjadi pengganti dari turunan Warmaewa:
1.Jayasakti
2.Ragajaya
3.Jayapangus dari tahun 1177 sampai 1181
4.Eka Jalancana dait tahun 1200 – 1204
5.Sri Asta Asuratna, Yaitu dari tahun 1332 – 1343

Akhirnya, kerajaan bali berkahir pada periode Kerajaan Klungkung yang memang sebenarnya masih saja termasuk bagian dari Dinasti Gelgel.

Baca Juga: Prasasti peninggalan Kerajaan Bali Lengkap

Peninggalan Kerajaan Bali
Berikut ini adalah peninggalan kerajaan ataupn kerajaan bali ini adalah sebagai berikut:

1)Prasasti Blanjong
2)Prasasti Panglapuan
3)Prasasti Gunung Panulisan
4)Prasasti-prasasti peninggalan Anak Wungsu
5)Candi Padas di Gunung Kawi
6)Pura Agung Besakih
7)Candi Mengening
8)Candi Wasan.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Buku Sekolah
Buku Sekolah Updated at: 21.10.00
Tags :

Related : Sejarah Kerajaan Bali Lengkap

1 komentar:

Posting Komentar