Langsung ke konten utama

Sejarah Kerajaan Bali Lengkap

Sejaraah Kerajaan Bali Lengkap - Keraton Bali ataupun kerajaan Bali adalah kerajaan yang berbasis HINDU yang terbesar di daerah Bali. Yang akan saya paparkan kali ini adalah kerajaan Bali yang meliputi Sejarahnya, kebudayaannya, sosial kehidupannya, peninggalan sejarahnya bahkan sekarang akan saya bahas.

Sejaraah dan Kehidupan di  Kerjaan Bali

Kerajaan bali adalah suatu kerajaan yang merupakan bagian dari sejarah masyarakan Kehidupan Bali, dalam keseluruhan, kerajaan bali ini meliputi segala pemerintahan yang ada di dalamnya. Kerajaan bali juga beberapa kali banyak yang bergantian berdiri pada masa saat itu.

Baca Juga: Sejarah kerajaan di Nusantara

Yang terjadi bagaimana ? ya banyaknya pertikaian dari sana sini yang banyak juga memperebutkan segala bentuk wilayah kekuasaannya.


kerajaan bali sejarah nya secara lengkap

Kraton Bali ataupun Kerajaan Bali yang pertama kali ada yaitu bernama Kerajaan Bedhalu dan setelah itu di lanjutkan oleh adnaya kerajaan Majapahit.

Lalu, setelah kerajaan majapahit tidak ada dan runtuh hancur sekali datanglah kerajaan Gelgel mengambil alih kekuasaannya dan di lanjutkan lagi kemudian oleh Kerajaan Kelungkung, dan kemudian juga yang kerajaan Kelungkung tersebut terpecah belah dan terbagi menjadi banyak bagian yaitu menjadi 8 buah kerajaan yang sangat kecil kecil, di sanalah kerajaan bali di sebut sebagai SWAPRAJA.

Meskipun kita tidak banyak yang mengetahui akan sejarah lengkap dan rinci tentang kerajaan Bali, tapi yang pasti dan juga yang ada dalam catatan yaitu kerajaan Bedahulu ataupun yang biasa kita sebut dengan Bedulu merupakan suatu kerajaan yang muncul dan diakui di Bali.

kerajaan yang berpusan di Pejeng ataupun di daerah Bedulu, kerajaan Bali ini didirikan pada sekita abad ke 8 sampai ke empat belas.

Orang lain yang mengatakan konon katanya, kerajaan yang dulu di perintah di kerajaan Blai ialah di perintah oleh suatu kelompok bangsa Bangsawan yang telah di kenali dengan nama tenar mereka yaitu Warmadewa dan Sri Kesari Warmadewa yang di sebut sebagai Raja Pertama Kerajaan Bali.

Nama Raja yang ada di Kerajaan Bali

Raja pada Masa Dinasti Marmadewa sangatlah banyak, dan masa pemerintahan mereka juga tercatat merupakan Raja Raja yang paling banyak, yaitu sebagai berikut :

a.Sri Kesari Warmadewa
b.Ugrasena
c.Aji Tamanendra Warmadewa
d.Sri Candrabaya Singa Warmadewa ataupun sering juga di sebut dengan nama Jayasingha Warmadewa
e.Sri Janasadu Warmadewa
f.Sri Maharaja Sri Wijaya Mahadewi
g.ri Dharmawangsawardhana Marakata
h.Sri Udayana Warmadewa
i.Anak Wungsu

Dan setelah akhiri pada masa pemerintahan yang di pimpin oleh Warmadewa timbul lah seorang raja yang silih berganti bergantian untuk memimpin. Berikut adalah raja – raja yang menjadi pengganti dari turunan Warmaewa:
1.Jayasakti
2.Ragajaya
3.Jayapangus dari tahun 1177 sampai 1181
4.Eka Jalancana dait tahun 1200 – 1204
5.Sri Asta Asuratna, Yaitu dari tahun 1332 – 1343

Akhirnya, kerajaan bali berkahir pada periode Kerajaan Klungkung yang memang sebenarnya masih saja termasuk bagian dari Dinasti Gelgel.

Baca Juga: Prasasti peninggalan Kerajaan Bali Lengkap

Peninggalan Kerajaan Bali
Berikut ini adalah peninggalan kerajaan ataupn kerajaan bali ini adalah sebagai berikut:

1)Prasasti Blanjong
2)Prasasti Panglapuan
3)Prasasti Gunung Panulisan
4)Prasasti-prasasti peninggalan Anak Wungsu
5)Candi Padas di Gunung Kawi
6)Pura Agung Besakih
7)Candi Mengening
8)Candi Wasan.

Postingan populer dari blog ini

Jumlah Pemain Bola Voli Dalam Satu Regu

Jumlah Pemain Bola Voli Dalam Satu Regu - Permainan bola voli adalah olah raga yang sangat digemari oleh kaum laki-laki atau perempuan, dalam permainan ini jumlah pemain nya dibatasi dengan jumlah yang sedikit mengingat lapangan bola voli juga tergolong kecil, berbeda dengan sepak bola yang kita kenal dengan istilah kesebelasan. Jumlah pemain bola voli dalam satu regu maximal ada 6, sedangkan untuk jumlah minumum ada 4 orang.
Baca juga : Ukuran lapangan bola voli standar nasional

Aturan Jumlah Pemain Bola Voli dalam Satu Regu Setiap tim atau regu memiliki jumlah pemain 10 orang, 6 Orang pemain inti dan 4 orang pemain cadanagan. Pada saat pergantian pemain ketika pertandingan berlangsung tidak dibatasi.  Maksimal dalam satu pertandingaan harus ada 6 pemain inti. minimal 4 pemain. Jika kurang dari empat pemain, maka regu bersangkutan dianggap K.O.
Posisi Pemain Saat Pertandingan Bola Voli Posisi pemain ketika pertandingan berlangsung terbagi menjadi 3, diantaranya; 2 Pemain Smasher/spiker…

Tinggi Ring Basket Dari Lantai untuk Putra dan Putri

Tinggi Ring Basket Dari Lantai untuk Putra dan Putri - Ring basket merupakan sesuatu yang termasuk kedalam fasilitas bola basket. Ring basket juga merupakan poin penting dalam permainan bola basket karena ring adalah tempat di mana pemain harus menembak bola ke dalam rangka untuk mengumpulkan poin. Lalu berapakah tinggi ring basket ???
Pada psotingan ini kita akan sama sama mengkaji tinggi ring basket. Ring basket memiliki tinggi yang berbeda. Ketinggian resmi peraturan NBA ring basket adalah 10 kaki dari lantai atau 305cm, dan papan  3,5 kaki vertikal dan 6 kaki horizontal. Hoop berdiameter 18 inci. Ketinggian lingkaran itu adalah standar di semua tingkat bermain.
Baca Juga : Ukuran Lapangan Basket
National Basketball Association memiliki standar yang berbeda untuk hoops basket karena visibilitas dalam permainan dan sifat fisik atlet profesional. Papan pantul basket NBA terbuat dari kaca 1/4-inch-tebal dan 72 inci lebar 42 inci. Konektor terbuat dari  logam, dan lingkaran dan lingkar…

45 Butir-butir Pancasila

45 BUTIR-BUTIR PANCASILA - Sejak tahun 2003, berdasarkan Tap MPR No.I/MPR/2003, 36 butir pedoman pengamalan Pancasila telah diganti menjadi 45 butir butir Pancasila.  Tapi yang sangat disayangkan yaitu tidak adanya kebijakan pemerintah untuk memasukkanya ke dalam kurikulum pendidikan ataupun program doktrinasi lewat media. 
Namun, meski demikian tidak ada salahnya jika kita mengetahui bagaimana cara pengamalan Butir-butir Pancasila tersebut.  Berikut 45 Butir-butir Pancasila beserta contoh sikap yang mencerminkan pengamalannya:

45 BUTIR-BUTIR PANCASILA
A.  Ketuhanan Yang Maha Esa 1. Bangsa Indonesia menyatakan kepercayaanya dan ketaqwaanya kepada Tuhan Yang Maha Esa. 2. Manusia Indonesia percaya dan taqwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa, sesuai dengan agama dan kepercayaannya masing-masing menurut dasar kemanusiaan yang adil dan beradab. 3. Mengembangkan sikap hormat menghormati dan bekerjasama anatra pemeluk agama dengan penganut kepercayaan yang berbeda-beda terhadap Tuhan Yang Maha Esa…