Sejarah Kerajaan Demak secara Lengkap

Sejarah Kerajaan Demak secara Lengkap - Kerajaan demak ataupun kesultanan demak ialah kerajaan islam yang berikutnya setelah beberapa kerajaan islam lainnya, ada juga yang menyatakan bahwa kerajaan ini merupakan kerajaan pertama islam di Indonesia. Tapi pada kenyataan nya kerajaan yang pertama kali ada di Indonesia ialah kerajaan Peurlak. Silahkan baca: kerajaan islam tertua di Indonesia.

Kata orang jawa, kerajaan demak ini merupakan suatu kadipaten di pantai utara jawa (pesisir), ada juga yang mengatakan bahwa kesultanan demak ini berasal dari kadipaten Kerajaan Majapahit. Kemudian munculah sebagai kekuatan baru yang mewarisi segala bentuk dari kerajaan majapahit dan kebesarannya itu dari kerajaan demak.
Sejarah Kerajaan Demak secara Lengkap
Masjid Demak
Kerajaan demak ini tertulis oleh para sejarawan sebagai pelopor penyebaran agama islam terbesar di pulau jawa, dan juga di Negara Indonesia ini. Meskipun tidak lama masa kejayaan dari kerajaan demak ini, namun peninggalan dan prestasi nya dalam penyebaran agama islam patut kita apresiasi dengan kalimat sangat luar biasa.

Ketika tahun 1568 kekuasaan Kerajaan Demak ini beralih ke Kerajaan Pajang yang tiada lain merupakan kerajaan yang diambil alih oleh kerajaan mataram. Nah, sebelumnya kerajaan inilah yang menjadi alih ke kerajaan pajang yang didirikan oleh Jaka Tingkir.

Salahsatu peninggalan dari kerajaan demak yang paling bersejarah dan sekang masih ada ialah Masjid Agung Demak, yang konon katanya itu didirikan oleh Walisongo.

LOKASI KESULTANAN DEMAK

Lokasi dari keraton Demak ialah pertama kali didirikan di tepi laut, keberadaannya pertama kali tepatnya di Kampung Bintara yang dibacanya Bintaro menurut orang jawa, namun sekarang ini kita lihat pemandangannya sebagai Kota Demak di Jawa Tengah.
Sebutan untuk kesultanan Demak ini pula saat priode Beribukota sangat dikenal oleh masyarakat dengan sebutan Demak Bintara. Saat masa kekuasaan dari Raja K-4 kesultanan Demak, ibukota nya akhirnya dipindahkan ke Prawata yang dibaca Prawoto oleh orang orang jawa disana, dan akhirnya sekarang ini kita sebut dengan Demak Prawata.

MASA AWAL KERAJAAN DEMAK 

Seiring dengan kemundurannya kerajaan Majapahit tepatnya pada tahun dari akhir abad ke – 15, secara praktis wilayah kekuasaan majapahit ini mulai memisahkan diri dari kekuasaannya. Sehingga wilayah wilayah yang memang sangat tersebar luas dari kadipaten kadipaten yang ada banyak yang di serang dan saling serang. Saling mengaku dan mengklaim bahwa merekalah kadipaten ataupun pewaris tahta dari Kerajaan Majapahit.

Sementara itu, Keraton Demak yang berada di wilayah utara pantai jawa telah berani muncul dan mengaku sebagai kawasan yang mandiri. Demak dalam pandangan orang jawa merupakan gambaran pengganti langsung dari Kerajaan Majapahit. Dan pemimpin Demak ataupun sultan Demak tersebut disebut sebut sebagai putra dari Majapahit terakhir.

Baca Juga: Prasasti Peninggalan Kerajaan Majapahit

Perlu diketahui, bahwa kerajaan demak ini merupakan hasil salahsatu dukungan besar dari seorang yang beretnis Tionghoa Muslim yang namanya ialah Cek Kopo,kemungkinan juga puteranya yang dinamakan Tome Pires dalam Suma Oriental merupakan orang yang di juluki Pate Rodim, mungkin juga yang dimaksud Badruddin ataupun Komaruddin, dan kemudian meninggal saat tahun 1504, putranya yang bernama Trenggana mewarisi tahta ayahnya dari tahun 1505 sampai akhir 1418. Lalu sampai lah kepada tahun 1521 – 1546.

Pada ke dua masa kerajaan demak inilah bretahta adalah iparnya Raja Yunus (Pati Unus) dari daerah Jepara. Sementara pada masa Tenggana anak Rodim bertahta pada tahun 1527 ketika Kerajaan demak berhasil menundukan Kerajaan Majapahit.

PELABUHAN KERAJAAN DEMAK

Keraton Demak ataupun Kesultanan Demak ini memiliki 2 Pelabuhan pada masanya dan ada hingga masa sekarang, ialah sebagai berikut:

1.Pelabuhan NIAGA: berada di daerah Bonang (demak)
2.Pelabuhan MILITER : berada pada sekitar darrah Teluk Wetan (di jepara)

MASA KE EMASAN KERAJAAN DEMAK
Pada masa awal abad ke 16 tepatnya, kerajaan DEMAK menjadi kerajaan yang paling kuat di Pulau Jawa ini, tidak ada satupun kerajaan lainnya yang berani menandingin usaha dari kerajaan demak ataupun merebut kekuasaan kerajaan demak. Kerajaan Demak ini pun akhirnya memperluas daerah kekuasaannya kala itu dengan menundukan beberapa kawasan di pelabuhan dan pedalaman di Nusantara kita ini, inilah di sebut sebut dengan masa keemasannya kerajaan demak.

Baca Juga : Sejarah Kerajaan Tarumanegara

MASA KEMUNDURAN DAN KERUNTUHAN KERAJAAN DEMAK
Masa kemunduran Kerajaan Demak ini tidak lain dikarenakan para sultan yang sudah tidak dapat dipercaya lagi oleh rakyat, dan akhirnya Jaka Tingkir (hadiwijoyo) memindahkan kerajaan demak ini ke daerah Pajang dan dijadikannya kerajaan Pajang kala itu.
Sejarah Kerajaan Demak secara Lengkap Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Desuci Lestari

Tidak ada komentar:

Posting Komentar