Langsung ke konten utama

Sejarah Kerajaan Gajah Mada

Sejarah Kerajaan Gajah Mada - Kerajaan Gajah Mada adalah kerajaan bagian yang kala itu di bawah pimpinan Kerajaan Majapahit. Dan Gajah Mada menjadi pemimpin dari bagiannya tersebut dengan memimpin kurang lebihnya dua kerajaan dengan sekaligus dan beda wilayah.

Meskipun memang tidak besar sebesar kerajaan majapahit, namun kerajaan Gajah Mada ini menjadi catatan sejarah, mengapa? Karena memang kisahnya yang banyak di tayang kan di tv dan juga banyak yang mencari kisah tersebut karena kegagahannya seorang gajah mada.

Sejarah Kerajaan Majahmada
Gajah Mada
Biografi dan Sejarah Kehidupan Gajah Mada

Gajah Mada adalah seorang panglima perang dan jgau seorang tokoh yang sangatlah mempunyai pengaruh yang sangat besar kala di jamannya, yaitu kerajaan MAJAPAHIT. Dia di ceritakan dalam berbagai sumber sejarah danjuga prasasti yang menjadi bukti banyak orang bahwa memang keberadaannya sudah di pastikan adanya, ketika itu kerajaan majapahit sedang dalam kekuasaan HAYAM WURUK. Baca juga : Sejarah Kerajaan Majapahit

Gajah Mada wafat pada tahun 1364 masehi. Ia memulai segala kesuksesannya pada kerajaan ketika ada pemberontakan pada kerajaan Majapahit. Dan saat itu di bawah pimpinan Sri Jayanagara yang mengangkat dirinya sebagai patih kerajaan Majapahit. Dan tidak lama setelah terjadi nya kejadian itu, dia pun diangkat menjadi seorang mahapatih atapun sekarang sering di sebut sebagai menteri besar pada masa Ratu Tribhuwana Tunggal Dewi.

Dan setelah itu tidak tanggung tanggung ia pun di jadikan sang Amangkubhumi atapun banyak di sebut sebagai Perdana Menteri. Dan pada saat itu dialah yang mengantarkan kerajaan Majapahit sampai pada Puncak kejayaannya. Dia pun orang yang memang terkenal sekali dengan Sumpah Palapa, pernah kalian mendengar? Ya memang saya pun baru mendengar legenda sumpah palapa.

Sumpah palapa ini dapat kita lihat sekarang teks nya pada pararaton, diasana Gajah Mada pun menyatakan akan memakan palapa sebelum berhasil akan menyatukan Nusantara dan juga akan menjayakan kerajaan Majapahit, jadi isi dari sumpah palapa ialah sebuah janji ataupun lebih dekat dengan ikrar dan nadzar.

Ya, meskipun memang dia merupakan salah satu tokoh penting yang ada dalam catatan sejarah kerajaan Majapahit, tapi tidak banyak sekali tokoh ataupun sang sejarawan yang menelusuri kehidupan sesungguhnya dari sang Gajah Mada. Mengenai bentuk wajah dan rupa dari gajah mada ini masih lah bersifat kontroversial dan mungkin belum ada yang ingin menjadi pencari lengkap dari sejarah nya bagi kita.

Teks dari Sumpah Palapa
Sira Gajah Mada pepatih amungkubumi tan ayun amukti palapa, sira Gajah Mada: Lamun huwus kalah nusantara ingsun amukti palapa, lamun kalah ring Gurun, ring Seram, Ta├▒jungpura, ring Haru, ring Pahang, Dompu, ring Bali, Sunda, Palembang, Tumasik, samana ingsun amukti palapa

Artinya ialah :

Ia, Gajah Mada sebagai patih Amangkubumi tidak ingin melepaskan puasa, Gajah Mada berkata bahwa bila telah mengalahkan (menguasai) Nusantara, saya (baru akan) melepaskan puasa, bila telah mengalahkan Gurun, Seram, Tanjung Pura, Haru, Pahang, Dompo, Bali, Sunda, Palembang, Tumasik, demikianlah saya (baru akan) melepaskan puasa

Akhir Hidup Gajah Mada
Gajah mata dilihat telah sakit sebelum meninggal, bukan karena di bunuh atapun terbunuh, namun gajah mada kala itu di tinggal oleh orang orang nya karena akan melaksankan upacara Keagamaan di daerah Simping, namun setelahnya mereka kembali termasuk Hayam Wuruk melihat Gajah Mada tengah sakit parah dan sampai akhirnya meninggal dunia, sejarah berkata bahwa ia meninggal pada tahun 1286 pada tahun itu yaitu tahun Saka atupun tahun 1364 pada tahun masehi. Baca juga : Sejarah Kerajaan Sriwijaya

Penghargaan dan Penghormatan terhadap Gajah Mada 
Universitas Gajah Mada adalah suatu bukti penghormatan masyarakat daerah Yogyakarta sekarang atas apa yang telah di lakukan oleh Gajah Mada untuk Nusantara kita ini, selain itu, presiden pun menjadi orang yang mengagumi sosok gajah mada dan hampir saja akan di masukan pada penomenal yang luar biasa dan catatan sejarah penting di Indonesia.

Postingan populer dari blog ini

Jumlah Pemain Bola Voli Dalam Satu Regu

Jumlah Pemain Bola Voli Dalam Satu Regu - Permainan bola voli adalah olah raga yang sangat digemari oleh kaum laki-laki atau perempuan, dalam permainan ini jumlah pemain nya dibatasi dengan jumlah yang sedikit mengingat lapangan bola voli juga tergolong kecil, berbeda dengan sepak bola yang kita kenal dengan istilah kesebelasan. Jumlah pemain bola voli dalam satu regu maximal ada 6, sedangkan untuk jumlah minumum ada 4 orang.
Baca juga : Ukuran lapangan bola voli standar nasional

Aturan Jumlah Pemain Bola Voli dalam Satu Regu Setiap tim atau regu memiliki jumlah pemain 10 orang, 6 Orang pemain inti dan 4 orang pemain cadanagan. Pada saat pergantian pemain ketika pertandingan berlangsung tidak dibatasi.  Maksimal dalam satu pertandingaan harus ada 6 pemain inti. minimal 4 pemain. Jika kurang dari empat pemain, maka regu bersangkutan dianggap K.O.
Posisi Pemain Saat Pertandingan Bola Voli Posisi pemain ketika pertandingan berlangsung terbagi menjadi 3, diantaranya; 2 Pemain Smasher/spiker…

Tinggi Ring Basket Dari Lantai untuk Putra dan Putri

Tinggi Ring Basket Dari Lantai untuk Putra dan Putri - Ring basket merupakan sesuatu yang termasuk kedalam fasilitas bola basket. Ring basket juga merupakan poin penting dalam permainan bola basket karena ring adalah tempat di mana pemain harus menembak bola ke dalam rangka untuk mengumpulkan poin. Lalu berapakah tinggi ring basket ???
Pada psotingan ini kita akan sama sama mengkaji tinggi ring basket. Ring basket memiliki tinggi yang berbeda. Ketinggian resmi peraturan NBA ring basket adalah 10 kaki dari lantai atau 305cm, dan papan  3,5 kaki vertikal dan 6 kaki horizontal. Hoop berdiameter 18 inci. Ketinggian lingkaran itu adalah standar di semua tingkat bermain.
Baca Juga : Ukuran Lapangan Basket
National Basketball Association memiliki standar yang berbeda untuk hoops basket karena visibilitas dalam permainan dan sifat fisik atlet profesional. Papan pantul basket NBA terbuat dari kaca 1/4-inch-tebal dan 72 inci lebar 42 inci. Konektor terbuat dari  logam, dan lingkaran dan lingkar…

45 Butir-butir Pancasila

45 BUTIR-BUTIR PANCASILA - Sejak tahun 2003, berdasarkan Tap MPR No.I/MPR/2003, 36 butir pedoman pengamalan Pancasila telah diganti menjadi 45 butir butir Pancasila.  Tapi yang sangat disayangkan yaitu tidak adanya kebijakan pemerintah untuk memasukkanya ke dalam kurikulum pendidikan ataupun program doktrinasi lewat media. 
Namun, meski demikian tidak ada salahnya jika kita mengetahui bagaimana cara pengamalan Butir-butir Pancasila tersebut.  Berikut 45 Butir-butir Pancasila beserta contoh sikap yang mencerminkan pengamalannya:

45 BUTIR-BUTIR PANCASILA
A.  Ketuhanan Yang Maha Esa 1. Bangsa Indonesia menyatakan kepercayaanya dan ketaqwaanya kepada Tuhan Yang Maha Esa. 2. Manusia Indonesia percaya dan taqwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa, sesuai dengan agama dan kepercayaannya masing-masing menurut dasar kemanusiaan yang adil dan beradab. 3. Mengembangkan sikap hormat menghormati dan bekerjasama anatra pemeluk agama dengan penganut kepercayaan yang berbeda-beda terhadap Tuhan Yang Maha Esa…