Monday, October 31, 2016

Sejarah Kerajaan Gajah Mada

Sejarah Kerajaan Gajah Mada - Kerajaan Gajah Mada adalah kerajaan bagian yang kala itu di bawah pimpinan Kerajaan Majapahit. Dan Gajah Mada menjadi pemimpin dari bagiannya tersebut dengan memimpin kurang lebihnya dua kerajaan dengan sekaligus dan beda wilayah.

Meskipun memang tidak besar sebesar kerajaan majapahit, namun kerajaan Gajah Mada ini menjadi catatan sejarah, mengapa? Karena memang kisahnya yang banyak di tayang kan di tv dan juga banyak yang mencari kisah tersebut karena kegagahannya seorang gajah mada.

Sejarah Kerajaan Majahmada
Gajah Mada
Biografi dan Sejarah Kehidupan Gajah Mada

Gajah Mada adalah seorang panglima perang dan jgau seorang tokoh yang sangatlah mempunyai pengaruh yang sangat besar kala di jamannya, yaitu kerajaan MAJAPAHIT. Dia di ceritakan dalam berbagai sumber sejarah danjuga prasasti yang menjadi bukti banyak orang bahwa memang keberadaannya sudah di pastikan adanya, ketika itu kerajaan majapahit sedang dalam kekuasaan HAYAM WURUK. Baca juga : Sejarah Kerajaan Majapahit

Gajah Mada wafat pada tahun 1364 masehi. Ia memulai segala kesuksesannya pada kerajaan ketika ada pemberontakan pada kerajaan Majapahit. Dan saat itu di bawah pimpinan Sri Jayanagara yang mengangkat dirinya sebagai patih kerajaan Majapahit. Dan tidak lama setelah terjadi nya kejadian itu, dia pun diangkat menjadi seorang mahapatih atapun sekarang sering di sebut sebagai menteri besar pada masa Ratu Tribhuwana Tunggal Dewi.

Dan setelah itu tidak tanggung tanggung ia pun di jadikan sang Amangkubhumi atapun banyak di sebut sebagai Perdana Menteri. Dan pada saat itu dialah yang mengantarkan kerajaan Majapahit sampai pada Puncak kejayaannya. Dia pun orang yang memang terkenal sekali dengan Sumpah Palapa, pernah kalian mendengar? Ya memang saya pun baru mendengar legenda sumpah palapa.

Sumpah palapa ini dapat kita lihat sekarang teks nya pada pararaton, diasana Gajah Mada pun menyatakan akan memakan palapa sebelum berhasil akan menyatukan Nusantara dan juga akan menjayakan kerajaan Majapahit, jadi isi dari sumpah palapa ialah sebuah janji ataupun lebih dekat dengan ikrar dan nadzar.

Ya, meskipun memang dia merupakan salah satu tokoh penting yang ada dalam catatan sejarah kerajaan Majapahit, tapi tidak banyak sekali tokoh ataupun sang sejarawan yang menelusuri kehidupan sesungguhnya dari sang Gajah Mada. Mengenai bentuk wajah dan rupa dari gajah mada ini masih lah bersifat kontroversial dan mungkin belum ada yang ingin menjadi pencari lengkap dari sejarah nya bagi kita.

Teks dari Sumpah Palapa
Sira Gajah Mada pepatih amungkubumi tan ayun amukti palapa, sira Gajah Mada: Lamun huwus kalah nusantara ingsun amukti palapa, lamun kalah ring Gurun, ring Seram, Ta├▒jungpura, ring Haru, ring Pahang, Dompu, ring Bali, Sunda, Palembang, Tumasik, samana ingsun amukti palapa

Artinya ialah :

Ia, Gajah Mada sebagai patih Amangkubumi tidak ingin melepaskan puasa, Gajah Mada berkata bahwa bila telah mengalahkan (menguasai) Nusantara, saya (baru akan) melepaskan puasa, bila telah mengalahkan Gurun, Seram, Tanjung Pura, Haru, Pahang, Dompo, Bali, Sunda, Palembang, Tumasik, demikianlah saya (baru akan) melepaskan puasa

Akhir Hidup Gajah Mada
Gajah mata dilihat telah sakit sebelum meninggal, bukan karena di bunuh atapun terbunuh, namun gajah mada kala itu di tinggal oleh orang orang nya karena akan melaksankan upacara Keagamaan di daerah Simping, namun setelahnya mereka kembali termasuk Hayam Wuruk melihat Gajah Mada tengah sakit parah dan sampai akhirnya meninggal dunia, sejarah berkata bahwa ia meninggal pada tahun 1286 pada tahun itu yaitu tahun Saka atupun tahun 1364 pada tahun masehi. Baca juga : Sejarah Kerajaan Sriwijaya

Penghargaan dan Penghormatan terhadap Gajah Mada 
Universitas Gajah Mada adalah suatu bukti penghormatan masyarakat daerah Yogyakarta sekarang atas apa yang telah di lakukan oleh Gajah Mada untuk Nusantara kita ini, selain itu, presiden pun menjadi orang yang mengagumi sosok gajah mada dan hampir saja akan di masukan pada penomenal yang luar biasa dan catatan sejarah penting di Indonesia.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Buku Sekolah
Buku Sekolah Updated at: 11:52:00 AM
Tags :

Related : Sejarah Kerajaan Gajah Mada

0 komentar:

Post a Comment