Tuesday, October 25, 2016

Sejarah Kerajaan Majapahit Lengkap

Sejarah Kerajaan Majapahit Lengkap - Majapahit adalah sebuah kerajaan yang pernah berdiri pada sekitar tahun 1293 sampai tahun 1500 Masehi. Kerajaan ini pun ada pada pusat Jawa Timur tepatnya pasti di Negara Indonesia. Kerajaan Majapahit sangatlah terkenal sampai ke pelosok nusantara kita, mengapa kisahnya sampai menusantara? Ya tepatnya Karena sampai sekaran pun kerajaan itu terasa masih banyak peninggalan dan keturunannya yang ada sampai sekarang.

kerajaan majapahit kerajaan majapahit terletak di kerajaan majapahit didirikan disekitar hutan kerajaan majapahit runtuh akibat serangan kerajaan majapahit mencapai kejayaan pada masa pemerintahan kerajaan majapahit mulai runtuh setelah muncul kerajaan kerajaan majapahit mulai mengalami kemunduran setelah muncul kerajaan islam kerajaan majapahit lengkap kerajaan majapahit bercorak kerajaan majapahit dan peninggalannya

Kejayaan Kerajaan Majapahit
Perlu di ketahui juga bahwa masa kejayaan kerajaan Majapahit ini berada pada puncaknya ketika masa Kekuasaan kerajaan di rajai oleh Maharaja HAYAM WURUK. Yang berkuasa kurang lebih dari tahun 1350 sampai tahun 1389. Lama bukan? Ya, memang Karena terpakai nya kepemimpinan Hayam Wuruk ini.

Baca juga : Sejarah Kerajaan Singasari

Kerajaan Majapahit merupakan Kerajaan yang berbasis KERAJAAN HINDU di Nusantara ini dan juga merupakan Kerajaan Hindu terakhir dalam peradabannya di Indonesia ini, Karena kala itu banyak kerajaan ISLAM yang bermunculan sehingga tidak banyak yang menganut agama Hindu di masa kita sekarang ini.

Kerajaan Majapahit ini pun tercatat dalam sejarah merupakan kerajaan yang daerah kekuasaan nya memiliki kekuasaan terbesar dan terluas di Nusantara kita ini, salah satu sumber sejarah mengatakan bahwa kekuasaan kerajaan maja pahit sampai ke pelosok jawa, Sumatera, Kalimantan, Semenanjung Malaya bahkan sampai ke Indonesia Timur, ya meskipun sekarang pun masih jadi bahan perdebatan dikala membahas daerah kekuasaannya.


Peninggalan Kerajaan Majapahit
Jika kita bahas mengenai peninggalan kerajaan maja pahit ini, maka yang terjawab ialah hanyalah sedikit sekali bukti fisik kerajaan ini dan itu di sebabkan oleh sejarah yang kurang jelas. Ya, meskipun kata saya tadi sangat banyak dikenang, tapi ya itu lah memang peninggalannya.

Berikut di bawah ini bukti peninggalan dari Kerajaan Majapahit:

1.Pararaton
Pararaton ini merupakan kitab raja raja Majaphit, untuk paraton pertama dikatakan dalam kitabnya ialah kisah "KEN AROK SANG PENDIRI KERAJAAN SINGASARI". Di dalamnya terdapat puisi dalam Bahasa jawa, dan juga itu berada pada masa pemerintahan nya Hayam Wuruk, puisi tersebut tersimpan dalam Daftar Ingatan Dunia tepatnya dalam UNESCO.

2.Puisi Bahasa Jawa di Jaman Majapahit
Ini dibuktikan bahwa terdapat tokoh tokoh Dunia yang sangat banyak sekali memberikan pendapat atas keaslian dari Puisi Supranatural Bahasa Jawa yang ditinggal oleh Majapahit, bahkan di Filipina ada perguruan SILAT yang dinamai KALI MAJAPAHIT. Perguruan ini mengklaim bahwa Majapahit pun menguasai daerah Filipina, tiongkok, singapura dan Thailand.

Sejarah Kejayaan Majapahit

Kerajaan Majapahit sebelum didirikan, ada kerajaan yang sebenarnya memang sudah mempunyai kekuatan besar khususnya di Daerah Jawa. Kerajaan tersebut tidak lain ialah Kerjaan Singasari. Yang mana ketika itu didirikan oleh KEN AROK.

Tanggal yang pasti waktu di gunakan untuk didirikannya majapahit, ialah hari ketika Penobatan Raden Wijaya sebagai Raja Majapahit. Tepatnya pada tanggal 15 Kartika tahun 1215 Saka yang mereka pakai ketika tanggal mereka, tepatnya jika dihitung dalam tanggal masehi, maka tanggal 10 bulan November tahun 1293 M. Raden Wijaya itu diberi nama resmi Kertajasa Jayawardhana

Ketika kertarajasa diangkat jadi raja, para rekannya melakukan pemberontakan Karena tidak ingin kertarajasa yang terpilih jadi raja, namun kala itu tidak berhasil mereka lalukan, sampai pada saat itu kertarajasa meninggal dan memberikan tahtanya pada putranya yaitu WIJAYA, dan diberi nama resmi JAYANEGARA.

Dalam Pararton di sebutkan bahwa Jayanegara adalah Kala Gemet, yang artinya Penjahat yang Lemah, Karena saat itu dia meninggal di bunuh Oleh Tabib yang mengobatinya. Lalu tahtanya diberikan pada TANCA sebagai ibu tirinya, tapi sayangnya dia tidak sanggup akhirnya mengundurkan diri, lalu diberikannya pada putera perempuanya, yang diberi nama Tribuana.

Pada tahun ke 1336, Tribhuwana menunjuk sang Gajah Mada untuk menjadi Mahapatihnya. Dan ketika dia di lantik Gajah Mada mengucapkan Sumpah Palapa, yang menunjukan dia bersumpah untuk menyebarkan dengan seluas luasnya kerajaan Majapahit sampai ke pelosok Nusantara. Baca juga : Sejarah Kerajaan Sriwijaya

Akhirnya, pada masa Pemerintahan Tribhuwana kerajaan Maja Pahit sangat lah benyebar luas sekali di Tanah Jawa khususnya, dan sampai pada akhir masa jabatannya lah bertepatan dengan meninggalnya ibunya yaitu pada tahun 1350 dan langsung di ambil alih tahta nya oleh Hayam Wuruk yang merupakan putranya itu.

Keruntuhan Kerajaan Majapahit

Pada awal abad ke 14 ahirnya kekuasaan dari keagungan Kerajaan Majapahit ini mulai menurun dan melemah, dikarenakan Wafatnya Hayam Wuruk, akhirnya banyak lah orang yang ingin menduduki tahta kerajaan dan menggantikan hayam wuruk, dari sana lah terjadi perang saudara yang pastinya menyebabkan kehancuran pada kerajaan itu sendiri.

Dan tercatat dalam sejarah, ketika majapahit di dirikan, ternyata para pedagang muslim mulai masuki daerah Nusantara Indonesia, sehingga sedikit sedikit menurun lah orang yang menganut kepercayaan hindu di Indonesia ini dan juga ketika kerajaan majapahit runtuh, langsung muncul Kesultanan Malaka, yang ada di BARAT NUSANTARA. Ketika kerajaan ini muncul, akhirnya kerajaan MAJAPAHIT tidak kuasa lagi menahan sebaran umat muslim di nusantara ini.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Buku Sekolah
Buku Sekolah Updated at: 9:39:00 PM
Tags :

Related : Sejarah Kerajaan Majapahit Lengkap

0 komentar:

Post a Comment