Langsung ke konten utama

Sejarah Kerajaan Singasari secara Lengkap

Sejarah Kerajaan Singasari secara Lengkap - Kerajaan Singasari ataupun Singosari ialah kerajaan yang berdiri dari mulai tahun 1222 sampai dengan tahun 1293, yang mana kerajaan ini didirikan oleh actor dan pemain paling popular terkenal di masa kita ialah KEN AROK saat tahun 1222.

Kerajaan Singonsari ini termasuk dalam kerajaan terbesar pada masanya. Sejarah mengatakan bahwa asal mula berdirinya kerajaan ini ialah Karena Kerajaan Tumpel yang telah dikuasai oleh seorang bupati (akuwu Bahasa mereka), yang letak kerajaan tersebut berada di daerah pegunungan yang sangat subur tepatnya di daerah Malang dan Pelabuhannya yang di beri nama Pasuruan.

Baca Juga: Penginggalan Kerajaan Singasari Lengkap

artikel sejarah kerajaan singasari


Dari daerah itu lah asal mula perkembangan yang terjadi pada kerajaan singosari berjalan dengan pesat dan cepat bedarnya, sampai sampai menjadi kerajaan yang paling besar di Jawa Timur kala itu, terutama saat mereka memenangkan peperangan melawan kerajaan Kediri yang dalam pertempuran tersebut kurang lebihnya masih ada dalam tahun pertama pendirian Kerajana Singosari tersebut.

Kerajaan Singosari ini pun akhirnya mencapai puncak kejayaan mereka kala telah di pimipn oleh seorang raja yang bernama KERTANEGARA (memimpin dari tahun 1268 – 1292) yang telah mereka beri gelar ataupun julukan Maharajadhiraja Kertanegraa Wikrama Dharmottunggadewa, waw.. gagah memang raja kertanegara kala itu, membawa kabar berita baik dan mendatangankan kebaikan bagi para rakyat yang dipimpinnya itu.

Ken Arok telah merebut daerah TUMAPEL, yang merupakan salah satu dari wilayah yang termasuk pada Kerjaan KEDIRI yang tidak lain di pimipn oleh Tunggul Ametung, pada tahun 1222, Ken Arok pada awalnya adalah anak buah Tunggul, namun ia telah membunuh Tunggul Karena tunggul telah jatuh cinta pada isterinya yaitu KEN DEDES.

Akhirnya singkat cerita, Ken Arok pun menikahi Ken Dedes, dan ketika mereka sudah menikah mereka pun di karuniai anak yang diberi nama Anusapati yang kemudian menjadi Raja Singosari ke 2 setelah ayahnya, tepatnya pada tahun 1227 – 1248, Raja terakhir di Kerajaan Singosari ialah Kertanegara.

Sumber Sejarah Kerajaan Singosari

Jikalau teman teman minat untuk lebih mendalam tentang bagaimana perjalanan sejarah tentang kerajaan Singosari bisa dicari referensi Sejarah sebagai berikut di bawah ini:

- Kitab Pararaton, menceritakan tentang raja-raja Singasari.
- Kitab Negarakertagama, berisi silsilah raja-raja Majapahit hubungan erat dengan raja-raja Singasari.
- Prasasti-prasasti sesudah tahun 1248 M.

Masa Kejayaan Kerajaan SINGASARI

Kerajaan singasari sampai pada titik masa kejayaannya, ialah ketika itu perkembangan sejarah HINDU di Indonesia ini pernah di perintahkan oleh raja raja berikut:

a. Masa pemerintahan Raja Ken Arok

Ketika itu dia menggapai kejayaan kerajaannya Karena telah mengalahkan kerajaan kediri yang mayoritas kala itu ada dengan wilayah kerajaan Tampel, lalu ken arok pun diberi gelar oleh para rakyatnya dengan sebutan Sri Ranggah Rajasa Bhatara Sang Amurwabhumi dan dinasti yang dimilikinya bernama dinasti Girindrawangsa (yang artinya dinasti dari keturunan dewa siwa).

Ken Arok sebenarnya mendirikan dinasti ini dengan tujuan agar kejahatan yang pernah ia lakukan hilang dan tidak menimbulkan siapa dia yang sebernarnya dan apa kejahatan yang pernah dia lakukan, maka dari itu ken arok sangat berharap ketika turunannya lahir, dia tidak ingin ternodai atas apa yang pernah ken arok lakukan ketika dirinya sebelum mendirikan kerajaan.

Ken arok meninggal dengan cara tragis, yaitu di bunuh oleh anak tirinya sendiri yang merupakan anak dari ken dedes saat menikah dengan Tunggu Ametung. Ia juga merupakan kaki tangan nya anusapati yang sebenarnya, Karena itulah masa jabatan nya menduduki tahta kerajaan hanya berlangsung dari tahun 1222-1227. Kemudian diberikannya kepada putra asli dari nya.

Namun yang sangat paling di sayangkan oleh kita, ketika raja Anusapati di pegangi kerajaan dan memegang tahta tidak lah ada perubahan dan pembaharuan bahkan kemajuan dari perkembangan kerajaan Singasari tersebut, dikarenakan anusapati sibuk dengan kegemarannya sendiri yaitu menyambung ayam dengan raja lainnya.

b. Masa Pemerintahan Raja Tohjaya

Selanjutnya, ketika peristiwa kematian Ken Arok terbongkar lalu sampailah beritanya pada Putra Ken Arok yang namanya Tohjaya, ia kemudian berlari dan menemuni Anusapati yang kala itu sedang menyambung ayam, tidak pandang bulu lagi Tohjaya tiba tiba mencabut keris Empu Gandring yang selalu di bawa oleh Anusapati dan langsung menancapkannya ke punggun Anusapati Karena merasa sakit hati kematian  ayahnya di bunuh oleh Anusapati. Lalu saat itu juga Anusapati meninggal dan tahta kerajaan di rebut kembali oleh Tohjaya putra sulung dari Ken Arok. 

Baca juga : Sejarah Kerajaan Kutai

Akhirnya, tidak lama kemudian, terbongkar pula kematian dari Anusapati yang diketahui oleh anaknya Ranggawuni dan dibantu oleh Mahesa Cempaka, kedua nya mendatangi Tohjaya dan menuntut atas tahta yang seharusnya diberikan pada Ranggawuni, namun sikap tohjaya keras kepala dan  tidak mau diatur, akhirnya tohjaya pun direbut tahtanya oleh Ranggawuni yang di bantu oleh Mahesa dan juga Lembu Ampal sehingga masa rajanya hanya beberapa bulan saja.

c. Masa Pemerintahan Raja Ranggawuni

Ranggawuni naik tahta menjadi raja dan di beri gelar Sri Jaya Wisnuwardhana, atas keberhasilannya merebut tahta kembali, masa pemerintahannya cukup lama yaitu dari tahun 1248-1268, dibantu dengan Mahesa yang diberi gelar Narasinghamurti sama sama membangun kembali Kerajaan Singsari.

Dengan maksud Ranggawuni untuk segera memberikan tahta kepada putranya yaitu Kertanegara, akhirnya setelah di latih dalam pemerintahan tiba lah saatnya raja Ranggawuni memberikan alih kerajaan Singasari pada puteranya Raja Kertanegara.
d.Masa Pemerintahan Raja Kertanegara (tahun 1268-1292)

Raja Kertanegara merupakan raja yang saat itu menjadi paling terkemuka dan yang berhasil memimpin Singasari setelahnya Ken Arok pendiri pertama yang sukses, dimasa jabatannya menduduki tahta menjadi Raja, Kertanegara menyempurnakan segala bentuk strategi dan juga perekonomian dalam rakyatnya.

Bahkan diapun beran menempuh usaha membuat politik dalam dan luar Negeri, yang ketikan mewujudkannya untuk menjadika stabilitas politik kerajaan singasari, raja kertangegara pun menempuh jalan tersebut.

Akhirnya, tibalah artikel saya ini selesai, semoga banyak memberikan segala jenis manfaat dan ni’mat kita pada Allah yang Maha ESA. Amiiiin.

Postingan populer dari blog ini

Jumlah Pemain Bola Voli Dalam Satu Regu

Jumlah Pemain Bola Voli Dalam Satu Regu - Permainan bola voli adalah olah raga yang sangat digemari oleh kaum laki-laki atau perempuan, dalam permainan ini jumlah pemain nya dibatasi dengan jumlah yang sedikit mengingat lapangan bola voli juga tergolong kecil, berbeda dengan sepak bola yang kita kenal dengan istilah kesebelasan. Jumlah pemain bola voli dalam satu regu maximal ada 6, sedangkan untuk jumlah minumum ada 4 orang.
Baca juga : Ukuran lapangan bola voli standar nasional

Aturan Jumlah Pemain Bola Voli dalam Satu Regu Setiap tim atau regu memiliki jumlah pemain 10 orang, 6 Orang pemain inti dan 4 orang pemain cadanagan. Pada saat pergantian pemain ketika pertandingan berlangsung tidak dibatasi.  Maksimal dalam satu pertandingaan harus ada 6 pemain inti. minimal 4 pemain. Jika kurang dari empat pemain, maka regu bersangkutan dianggap K.O.
Posisi Pemain Saat Pertandingan Bola Voli Posisi pemain ketika pertandingan berlangsung terbagi menjadi 3, diantaranya; 2 Pemain Smasher/spiker…

Tinggi Ring Basket Dari Lantai untuk Putra dan Putri

Tinggi Ring Basket Dari Lantai untuk Putra dan Putri - Ring basket merupakan sesuatu yang termasuk kedalam fasilitas bola basket. Ring basket juga merupakan poin penting dalam permainan bola basket karena ring adalah tempat di mana pemain harus menembak bola ke dalam rangka untuk mengumpulkan poin. Lalu berapakah tinggi ring basket ???
Pada psotingan ini kita akan sama sama mengkaji tinggi ring basket. Ring basket memiliki tinggi yang berbeda. Ketinggian resmi peraturan NBA ring basket adalah 10 kaki dari lantai atau 305cm, dan papan  3,5 kaki vertikal dan 6 kaki horizontal. Hoop berdiameter 18 inci. Ketinggian lingkaran itu adalah standar di semua tingkat bermain.
Baca Juga : Ukuran Lapangan Basket
National Basketball Association memiliki standar yang berbeda untuk hoops basket karena visibilitas dalam permainan dan sifat fisik atlet profesional. Papan pantul basket NBA terbuat dari kaca 1/4-inch-tebal dan 72 inci lebar 42 inci. Konektor terbuat dari  logam, dan lingkaran dan lingkar…

45 Butir-butir Pancasila

45 BUTIR-BUTIR PANCASILA - Sejak tahun 2003, berdasarkan Tap MPR No.I/MPR/2003, 36 butir pedoman pengamalan Pancasila telah diganti menjadi 45 butir butir Pancasila.  Tapi yang sangat disayangkan yaitu tidak adanya kebijakan pemerintah untuk memasukkanya ke dalam kurikulum pendidikan ataupun program doktrinasi lewat media. 
Namun, meski demikian tidak ada salahnya jika kita mengetahui bagaimana cara pengamalan Butir-butir Pancasila tersebut.  Berikut 45 Butir-butir Pancasila beserta contoh sikap yang mencerminkan pengamalannya:

45 BUTIR-BUTIR PANCASILA
A.  Ketuhanan Yang Maha Esa 1. Bangsa Indonesia menyatakan kepercayaanya dan ketaqwaanya kepada Tuhan Yang Maha Esa. 2. Manusia Indonesia percaya dan taqwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa, sesuai dengan agama dan kepercayaannya masing-masing menurut dasar kemanusiaan yang adil dan beradab. 3. Mengembangkan sikap hormat menghormati dan bekerjasama anatra pemeluk agama dengan penganut kepercayaan yang berbeda-beda terhadap Tuhan Yang Maha Esa…