Wednesday, October 26, 2016

Sejarah Kerajaan Sriwijaya secara Lengkap

Sejarah Kerajaan Sriwijaya Lengkap - Nama Sriwijaya tentunya bukan hal yang aneh lagi terdengar oleh telinga kita, ya tentunya sangatlah terkenal nama ini dengan julukan has dari kesebelasan pemain bola yang handal. Nama dari Sriwijaya ini berarti kemengangan yang bergemilang. Kerajaan ini menjadi salah satu kerajaan terbesar ke sekian kalinya di Nusantara kita. Kerajaan Sriwijaya ini pertama kali di temukan oleh Prof. George Geodes dan ini merupakan awal dari penemuan yang luar biasa butuh penelitian lanjutan dan kaya akan seni budaya di Negeri Kita ini.

Di ceritakan dalam sejarah, bahwa saking besar nya kekuasaan dan kejayaan kerajaan Sriwijaya ini sampai saat ini masih terdengar bahwa daerah kekuasaannya melibuti bagian barat dari Pulau Jawa, dan brunei Darussalam, filipina dan di Pulau Kalimantan pun mereka berkiprah sebagaimana pemimpinnya yang adil dan dapat dipercaya.

lengkap sejarah kerajaan sriwijaya, kerajaan sriwijaya didirikan oleh kerajaan sriwijaya terletak di kerajaan sriwijaya bercorak kerajaan sriwijaya menganut agama HINDU kerajaan sriwijaya merupakan pusat penyebaran agama kerajaan sriwijaya akhirnya berkembang menjadi pusat kerajaan sriwijaya adalah kerajaan yang berasal dari wilayah kerajaan sriwijaya berdiri pada abad 7 Masehi kerajaan sriwijaya berkembang pesat dibawah pimpinan

Sejarah Kerajaan Sriwijaya Lengkap sekali

Keberadaan kerajaan Sriwijaya ini pada tahun di abad ke 7 Masehi dan merupaka penganut AGAMA BUDHA di Sumatera Selatan. Bukti yang di kumpulkan oleh para ahli sejarah sangatlah banyak, yang dimana semuanya mulai ada dan berkembang sampai abad ke 14 ini, dari beberapa saja yang dapat kita temui yaitu banyaknya di temukan di Indonesia bahkan di Negara lain.

Berbagai macam sumber yang saya baca, menyatakan bahwa kurang lebihnya ada 3 peninggalan kerajaan sriwijaya yang perada di Luar Negeri kita ini, yaitu ada LIGOR di Malaysia, Nalanda di daerah India Selatan dan ada juga yang di daerah Bangka.

Meskipun dari berbagai sumber belum ada yang bisa membuktikan dengan pasti apakah keberadaan kerajaan sriwijaya ini benar ataupun tidak, maka dari itu, kita patutlah akui saja, Karena sebenarnya kebenarannya bisa kita tanyakan pada negara-negara lain yang sudah pernah menjalin kerja sama ataupuun hubungan dengan kerajaan sriwijaya tersebut.

Bukti Bukti Sejarah dari Kerajaan Sriwijaya

Perlu lah ada bukti yang memang menegaskan bahwa kerajaan ini pernah ada pada dulunya, maka dari itu untuk menimbulkan percekcokan politik, simak bukti bukti adanya kerajaan sriwijaya tersebut :

a. Berita dari Orang Arab di sebutkan bahwa orang arab yang mayoritas menjadi pedagang pernah melakukan kegiatan perjual belian dengan kerajaan Sriwijaya, bahkan ada yang menerangkan ada bekas kampung orang arab di daerah kekuasaan kerajaan sriwijaya.

b. Dari orang yang meliput Berita India ada yang mengatakan bahwa mereka pernah melakukan kerjasama perdagangan dengan kerajaan seriwijaya, seperti halnya Colamandala dan juga Nalanda mereka adalah dua kerajaan yang mengaku pernah menjaling kerjasama dengan kerajaan sriwijaya.

c. Berita dari Orang Cina yang mereka katakana bahwa orang cina yang berdagang sering sekali singgah dulu ke kerajaan sriwijaya sebelum melanjutkan perjalannanya ke arab dan juga india.

Raja Raja Kerajaan Sriwijaya

Berikut di bawah ini nama – nama raja kerajaan sriwijaya yang pernah menjadi raja dan menduduki tahta agun di kerajaan sriwijaya:

- Raja Daputra Hyang
- Raja Dharmasetu
Perlu kita garis bawahi, bahwa pada masa kepemimpinan raja inilah kerajaan sriwijaya menuju pada puncaknya masa kejayaan dan keemasannya.
- Raja Balaputradewa
- Raja Sri Sudamaniwarmadewa
- Raja Sanggrama Wijayattunggawarman
Ketika kepemimpinan raja ini, memang sangatlah di sayangkan, Karena pada saat itu kerajaan sriwijaya mendapatkan serangan dari kerajaan lain dan tidak dapan melawannya, sehingga kerajaan sriwijaya runtuh dan hancur sekali.

Masa Kejayaan Kerajaan Sriwijaya 

Waktu ataupun masa kejayaan kerajaan sriwijaya ini terletak pada masa pemerintahan Raja Balaputradewa yaitu abad ke 9. Di waktu itu kekuasaan kerajaan sriwijaya hampir seluruhnya dapat meliputi daerah kalimatan barat, jawa baran, memenanjung melayu, dan suamatera.

Memang pantas sekali jika kerajaan sriwijaya ini di sebut sebagai kerajaan Nusantara yang Pertama. Kerajaan sriwijaya sangan dikenal dengan kerajaan yang Maritim, pusan agama nya juga Budha, pusat perdagangan dan juga termasuk pusat pendidikan di dalamnya.

Ketika itu, perekonomian dan juga peradaban sosial yang ada di kerajaan sriwijaya ini terjaga dengan sangat stabil dan dapat berkembang dengan sangatlah melesat dan pesar penyebaran luasnya. Baa juga : Sejarah Kerajaan Kutai
Kehancuran Kerajaan Sriwijaya

Kerajaan Sriwijaya ini memang sangat disayangkan ketika tiba pada masa kehancurannya, berikut di bawah ini yang menjadi factor kehancuran kerajaan sriwijaya pada masa itu:

1.Karena faktor geografis, yaitu dikarenakan letak kerajaan sriwijaya. Ini mengakibatkan kerajaan sriwijaya tidak dekat lagi dengan yang namanya pantai Karena adanya pengendapan lumpur sungai musi, dan Karena ini juga kerajaan sriwijaya jarang lagi mendapatkan orderan ke perdagangan internasional.

2. Lemahnya pengontrolan dari pemerintah kerajaan sriwijaya pusat yang juga kurang bertanggungjawab dan meninggalkan perekonomian dengan begitu saja, seakan mereka kurang memperdulikannya.

3. Sangat kuat nya perkembangan politik yang kala itu ada, ini di sebabkan Karena Raja Kertanegara dari Singasari tepatnya melakukan Ekspedisi Pamalayu, nah ini pun menjadi factor di lepasnya daerah melayu dari kekuasaan kerajaan sriwijaya.

Peninggalan Peninggalan Kerajaan Sriwijaya

Berikut dari banyaknya peninggalan kerajaan sriwijaya yang ada sampai sekarang ini:
- Prasasti Kedukan Bukit
- Prasasti Karang Berahi
- Prasasti Talang ibo
- Prasasti Palas Pasemah
- Prasasti Telaga Batu
- Prasasti Kota Kapur
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Buku Sekolah
Buku Sekolah Updated at: 11:29:00 AM
Tags :

Related : Sejarah Kerajaan Sriwijaya secara Lengkap

1 komentar:

aulia dewi said...

http://beritadominos99.blogspot.com/2017/05/trik-ampuh-menang-dalam-permainan.html