Senin, 24 Oktober 2016

Sejarah Kerajaan Tarumanegara Lengkap

;
Sejarah Kerajaan Tarumanegara Lengkap - Kerajaan di Indonesia yang tertua dan bukan berbasis agama islam ialah kerajaan TARUMANEGARA, dimana didalamnya tersimpan sejuta kisah yang amat panjang dan juga menyenangakan untuk kita simak bersama, Karena Negara Indonesia ini menyimpan jutaan kisah menarik yang pastinya harus kita ketahui keberadaan sejarah tersebut. Alangkah senang nya membaca artikel  artikel yang berisikan sejarah negara kita tercinta ini. Salah satu nya ini yang akan saya jelaskan ialah SEJARAH KERAJAAN TARUMANEGARA dengan LENGKAP.

Kerajaan Tarumanegara ialah kerajaan HINDU/BUDHA yang termasuk juga kedalam salah satu kerajaan Hindu / Budha tertua di Indonesia ini, tentunya setelah adanya kerajaan KUTAI. Kerajaan ini juga merupakan kerajaan yang tertua di Jawa Barat (suku sunda) yang meninggalkan banyak kisah di dalamnya yang sangat menarik untuk kita kaji bersama. 

Baca juga : Kerajaan islam tertua di Indonesia

Kerajaan Tarumanegara berkuasa dan mempunyai kekuasaannya dari abad ke 4 sampai abad ke 7 M. tercatat dalam sejarah dari adanya keberadaan Kerajaan ini Karena banyaknya peninggalan yang tertinggal dan masih dapat kita lihat pada masa kita ini tepat di lokasinya masing masing.

Kerajaan Tarumanegara ini merupakan kerajaan yang memiliki keyakinan HINDU, kerajaan ini pula pertama kali didirikan oleh Rajadirajaguru Jayasingawarman pada tahun 358 M. (di dalamnya ada naskah wangsakerta). Kerajaan ini pun merupakan suatu kerajaan yang melanjutkan tapak dari kerajaan yang telah hancur dan mundur ialah kerajaan Salaknegara (tahun 130 – 362), dan ketika berdirinya kerajaan ini ibukota dari kerajaannya ialah berpindah dari lokasi Rajatapura ke Tarumanegara, dan Salakanegara menjadi kerajaan daerah.

lengkap sejarah kerajaan tarumanegara


LETAK KERAJAAN TARUMANEGARA

Kerajaan Tarumanegara ini berada tepaatnya di daerah Banten dan Bogor, orang Jawa Barat pasti tahu dong dimana pastinya kabupaten tersebut, ternyata dalam kota tersebut banyak peninggalan dari kerajaan Hindu Tarumanegara ini.

Baca Juga: Prasasti Peninggalan Kerajaan Tarumanegara

Letak kerajaan ini berada di Ibukota Sundapura (yaitu daerah Purnawarman) pada tahun 397 Masehi. Wilayah kekuasaan dari kerajaan ini sangatlah luar biasa luasnya, berdasarkan dari peninggalannya yang banyak dan keberadaan dari prasasti prasasti nya yang mengagumkan sampai sekarang. Bahkan prasasti tersebut sampai pada daerah Banten, Bogor, Cirebon dan juga daerah Jakarta.

NAMA NAMA RAJA TARUMANEGARA

1. Jayasingawarman (358-382 M)
2. Dharmayawarman (382-395 M)
3. Purnawarman (395-434 M)
4. Wisnuwarman (434-455 M)
5. Indrawarman (455-515 M)
6. Candrawarman (515-535 M)
7. Suryawarman (535-561 M)
8.Kertawarman (561-628 M)
9.Sudhawarman (628-639 M)
10. Hariwangsawarman (639-640 M)
11. Nagajayawarman (640-666 M)
12. Linggawarman (666-669 M)
13. Tarusbawa (669-723 M)

PENINGGALAN PENINGGALAN KERAJAAN TARUMANEGARA

Kerajaan tarumanegara ini meninggalkan banyak sekali peninggalan, sebagai buktinya banyak sumber yang mengatakan bahwa ini itu adalah peninggalan dari kerajaan tarumanegara, maka dari itu saya rincikan berikutlah peninggalan peninggalan dari Kerajaan Tarumanegara:

1. Prasasti Kebon Kopi, dibuat sekitar 400 M (H Kern 1917),
 Prasasti Telapak Gajah bergambar sepasang telapak kaki gajah yang diberi keterangan satu baris berbentuk puisi berbunyi:
jayavi s halasya tarumendrsaya hastinah airavatabhasya vibhatidam padadavayam
Kedua jejak telapak kaki adalah jejak kaki gajah yang cemerlang seperti Airawata kepunyaan penguasa Tarumanagara yang jaya dan berkuasa.
2. Prasasti Tugu,
 Tugu ini menjelaskan bahwa:

a. Prasasti Tugu menyebutkan nama dua buah sungai yang terkenal di Punjab yaitu sungai Chandrabaga dan Gomati.
b. Prasasti Tugu juga menyebutkan anasir penanggalan walaupun tidak lengkap dengan angka tahunnya yang disebutkan adalah bulan phalguna dan caitra yang diduga sama dengan bulan Februari dan April.
c. Prasasti Tugu yang menyebutkan dilaksanakannya upacara selamatan oleh Brahmana disertai dengan seribu ekor sapi yang dihadiahkan raja.

3. Prasasti Cidanghiyang atau Prasasti Munjul atau prasasti lebak
4. Prasasti Ciaruteun, Ciampea, Bogor

Isi dari prasasti tersebut adalah puisi empat baris, yang berbunyi:

vikkrantasyavanipateh shrimatah purnavarmmanah tarumanagararendrasya vishnoriva padadvayam
 arti dari puisi tersebut adalah :

Kedua (jejak) telapak kaki yang seperti (telapak kaki) Wisnu ini kepunyaan raja dunia yang gagah berani yang termashur Purnawarman penguasa Tarumanagara.

5. Prasasti Muara Cianten, Ciampea, Bogor
6. Prasasti Jambu, Nanggung, Bogor
7. Prasasti Pasir Awi, Citeureup, Bogor
8. Prasasti Pasir Muara
Dalam prasasti itu dituliskan :
ini sabdakalanda rakryan juru panga-mbat i kawihaji panyca pasagi marsa-n desa barpulihkan haji su-nda
Ini tanda ucapan Rakryan Juru Pengambat dalam tahun (Saka) kawihaji (8) panca (5) pasagi (4), pemerintahan begara dikembalikan kepada raja Sunda.

Karena angka tahunnya bercorak "sangkala" yang mengikuti ketentuan "angkanam vamato gatih" (angka dibaca dari kanan), maka prasasti tersebut dibuat dalam tahun 458 Saka atau 536 Masehi.

KEHIDUPAN MASYARAKAT KERAJAAN TARUMANEGARA

Kehidupan Politik 
Kehidupan Politik dari Kerajaan Tarumanegara ini ialah berhasilnya meningkatkan kehidupan rakyat, yang kala itu di bawah pimpinan Raja Purnawarman yang merupakan raja besar di Kerajaan Tarumanegara itu. Terdapatnya pesawahan dan dijadikannya lahan pertanian membuat perekonomian dari Kerajaan Tarumanegara ini sangat maju dan pesat sekali.

Kehidupan Ekonomi
Raja Purnawarman telah memerintah kepada rakyatnya untuk membuatkna sebuah terusan prasasti tugu yang menyatakan bahwa raja Purnawarman telah memerintah rakyatnya sepanjang 6122 tombak. Dan pembangunan ini pun tentunya sangat mengandung sistim ekonomi yang besar bagi masyarakat Karena bisa dijadikan bahan untuk penghalang banjir kala itu.

Kehidupan Sosial
Pada Kerajaan Tarumanegara ini kehidupan sosialnya sudah teratur rapi sekali sedemikian rupa, ini dapat dilihat dari usahanya raja Purnawarman pada rakyatnya yang selalu ingin terus menerus mensejahterakan rakayatnya.

Baca juga : Sejarah kerajaan mataram lengkap

Kehidupan Budaya 
Budaya yang ada pada Kerajaan Tarumanegara ini sangatlah tinggi sekali. Mengapa? Karena terlihat dari sebagian peninggalannya yang mana terihat dari prasasti prasasti yan guniknya telah banyak menunjukkan kepada kita kebudayaan menggambarkan dan tulis menulis di Kerajaan Tarumanegara itu sendiri.

Sekian dulu postingan saya kali ini, semoga kita tetap terus mencintai sejarah kita, dan tetap terus menjaganya sampai kapan pun. Terimakasih telah singgah.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Buku Sekolah
Buku Sekolah Updated at: 03.20.00
Tags :

Related : Sejarah Kerajaan Tarumanegara Lengkap

0 komentar:

Posting Komentar