Selasa, 18 Oktober 2016

Sejarah Lubang Buaya secara Singkat

;
Sejarah Lubang Buaya secara Singkat - Indonesia mencatat ribuan sejarah luar biasa yang terjadi dahulu, mulai dari kemenangan, kesenangan, kesedihan dan kisah  titisan darah pun ikut di catatkan guna kita mengenang para Pahlawan Bangsa yang telah memberikan seluruh jiwa raganya untuk kemerdekaan Bangsa Indonesia ini. Maka dari itu, sepenggalan dari kisah tersebut saya paparkan kali ini Sejarah Lubang Buaya secara singkat.

Kejadian G 30 S PKI ataupun singkatan dari gerakan 30 September Partai Komunis Indonesia adalah suatu pemberontakan para komunis yang terjadi setelah Negara Indonesia ini merdeka beberapa tahun. Sungguh ironis kejadian ini, dimana tepatnya malam hari 30 September 1965 dalam sebuah kudeta setidaknya 7 Perwira tinggi Militer terbunuh pada peristiwa ini, betapa sedihnya mendengar kabar ini.

Ketika itu, partai komunis dalam kondisi yang sangatlah kuat karna mendapatkan dorongan dari Presiden Pertama Indonesia yaitu Ir. Soekarno. Maka tidak heranlah jika yang Masyarakat kita lakukan untuk melawan partai komunis tersebut tidak lah berhasil sedikitpun karena mana kuat kita melawan kekuasaan partai komunis yang mempunyai dukungan penuh dari Presiden saat itu.

Akhirnya, sampai saat ini pun kisah peristiwa tersebut menjadi perdebatan hebat antara salah atau tidaknya partai Komunis Indonesia yang harus bertanggunjawab atas terjadi kejadian tersebut.

Sejarah lubah buaya dan G 30 S PKI
Lubang Buaya

Sejarah Peristiwa G 30 S PKI

Cerita sejarah lubang buaya berawal ketika kecurigaannya masyarakat saat itu yang berpendapat bahwa dalang dari semua kejadian PKI dari kejadian di bulan Juli tahun 1959, yang ketika itu parlemen telah di bubarkan dan juga presiden justu telah mentapkan Konstitusi harus berada dibawah putusan presiden.

PKI pun berdiri dari belakang dukungan penuh dari Dekrit Presiden Ir. Soekarno kala itu. Sistem demokrasi terpemimpin pun yang dikenalkan oleh Presiden kesatu kita disambut sangat gembira oleh anggota PKI. Konsep PKI ini bertujuan untuk menciptakan sebuah persekutuan konsep Nasionalis Komunis dan Agama yang dikenal oleh kita dengan singkatan NASAKOM.

Sejarah Lubang Buaya berawal ketika tanggal 01 Oktober dengan kasus diculiknya 7 Orang jendral yang termasuk Pahlawan Revolusi oleh sekelompok pasukan yang bergerak dari arah lapangan udara menuju ke daerah jakarta selatan. Tiga orang dari tujuh orang jendral tersebut diantaranya ialah Ahmad Yani, M. T. Haryono dan D. I. Panjaitan yang telah di bunuh dirumah mereka masing-masing.

Semetara yang lainnya lagi yaitu Soprapto, S. Parman dan Sutoyo telah ditangkap oleh orang-orang tadi dengan cara hidup-hidup. Tapi, yang menjadi sasaran utama para kelompok penculik tadi ialah Abdul Harris Nasution telah berhasil melarikan diri setelah berusaha naik melompati dinding batas Kedutaan Besar Irak.
Meskipun demikian, tapi Pierre Tendean dan anak gadis nya yang masih kecil yaitu Ade Irma S. Nasution ditangkap karena tertembak pada 06 Oktober oleh regu sergap. Juga selain itu korban terus saja bertambah sampai-sampai Albert Naiborhu pun menjadi korban, dia adalah Polisi Penjaga Rumah Tangga Nasution.

Asal muasal bahasa lubang buaya tersebar yaitu ketika mayat jendral yang masih hidup dibunuh oleh kelompok tadi dan dibuan ke Lubang Buaya tepatnya disebelah markas tersebut. Setelah sekian lama akhirnya permasalahannya terungkap dan mayat jendral pun diangkat kembali dan dikuburkan lagi layaknya dan seharusnya.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Buku Sekolah
Buku Sekolah Updated at: 03.16.00
Tags :

Related : Sejarah Lubang Buaya secara Singkat

0 komentar:

Posting Komentar