Langsung ke konten utama

Sejarah WWW World Wide Web Secara Singkat

Sejarah WWW World Wide Web Secara Singkat -  WWW atau lebih disingkat Web merupakan media informasi global di mana penggunanya bisa membaca sekaligus menulis melalui komputer yang terkoneksi ke Internet. Istilah www sering diidentikan dengan Internet itu sendiri, meskipun sebenarnya www bukan internet tapi merupakan salah satu jasa yang beroperasi di atas Internet sama seperti email. Sejarah Internet sendiri terjadi jauh sebelum www di kembangkan.

Baca juga ; Sejarah Perkembangan Internet dari Awal Sampai Sekarang
Sejarah WWW

Sejarah WWW World Wide Web Secara Singkat

Sejarah www dimulai pada ahun 1980, ketika sseeorang yang berasal dari london, Inggris bernama Tim Berners-Lee yang bekerja sebagai kontaktor bebas di CERN (Badan Tenaga Atom Eropa) membuat ENQUIRE, sebuah basis data personal dan model software. Tim juga memperkenalkan konsep hypertext, di mana setiap halaman informasi baru di ENQUIRE terhubung secara langsung ke halaman yang ada.

Pada tahun 1984, Seorang yang lahir pada tahun 8 juni 1995 ini kembali ke CERN dan mengemukakan pendapat bahwa semua fisikawan di dunia perlu untuk berbagi data. Namun sayangnya, tidak ada perangkat keras dan perangkat lunak yang dapat membuat hal itu terjadi.

Mike Sendall sebagai atasan Tim , meminta Tim untuk mengimlementasikan pendapatnya di mesin workstation NeXT yang baru saja diterima oleh CERN. Pada saat itu, beberapa nama sudah terdaftar untuk gagasan Tim, antara lain Information Mesh, The Information Mine atau Mine of Information, dan World Wide Web yang akhirnya dipilih.

Baca juga : Sejarah Internet dan Perkembangannya

Bulan Desember Tahun 1990, Tim sukses membuat semua perangkat yang diperlukan agar Web dapat bekerja. adalah Web browser paling pertama, World Wide Web. Web server pertama adalah info.cern.ch, dan halaman Web yang pertama yang menerangkan tentang proyek tersebut.

Browser tersebut dapat mengakses kelompok diskusi USENET dan juga mengakses file FTP. Namun sayangnya, Web browser itu hanya bisa dijalankan pada mesin NeXT. Lalu, Nicola Pellow membuat browser sederhana yang bisa dijalankan di hampir semua komputer.

Paul Kunz dari SLAC (Stanford Linear Accelerator Center) berkunjung ke CERN pada bulan Mei 1991 dan Ia sangat tertarik dengan Web. Paul kunz membawa pulang perangkat lunak NeXT ke Stanford Linear Accelerator Center, di mana pustakawan Louise Addis lalu mengadaptasikannya untuk sistem operasi VM/CMS yang beroperasi pada mainframe IBM untuk memperlihatkan katalog dari dokumen online di Stanford Linear Accelerator Center. Web ini merupakan Web Server pertama di luar Eropa dan pertama di Amerika Utara.

Baca Juga: Pengertian WWW dan Fungsinya

Pada tanggal 6 Agustus 1991, Tim menulis resume singkat dari proyek World Wide Web di kelompok diskusi alt.hypertext. Tanggal ini juga kemudian ditandai sebagai tanggal kemunculan Www pertama kali secara publik di Internet.

Demikianlah sejarah www world wide web secara singkat, semoga bermanfaat.

Postingan populer dari blog ini

Jumlah Pemain Bola Voli Dalam Satu Regu

Jumlah Pemain Bola Voli Dalam Satu Regu - Permainan bola voli adalah olah raga yang sangat digemari oleh kaum laki-laki atau perempuan, dalam permainan ini jumlah pemain nya dibatasi dengan jumlah yang sedikit mengingat lapangan bola voli juga tergolong kecil, berbeda dengan sepak bola yang kita kenal dengan istilah kesebelasan. Jumlah pemain bola voli dalam satu regu maximal ada 6, sedangkan untuk jumlah minumum ada 4 orang.
Baca juga : Ukuran lapangan bola voli standar nasional

Aturan Jumlah Pemain Bola Voli dalam Satu Regu Setiap tim atau regu memiliki jumlah pemain 10 orang, 6 Orang pemain inti dan 4 orang pemain cadanagan. Pada saat pergantian pemain ketika pertandingan berlangsung tidak dibatasi.  Maksimal dalam satu pertandingaan harus ada 6 pemain inti. minimal 4 pemain. Jika kurang dari empat pemain, maka regu bersangkutan dianggap K.O.
Posisi Pemain Saat Pertandingan Bola Voli Posisi pemain ketika pertandingan berlangsung terbagi menjadi 3, diantaranya; 2 Pemain Smasher/spiker…

Tinggi Ring Basket Dari Lantai untuk Putra dan Putri

Tinggi Ring Basket Dari Lantai untuk Putra dan Putri - Ring basket merupakan sesuatu yang termasuk kedalam fasilitas bola basket. Ring basket juga merupakan poin penting dalam permainan bola basket karena ring adalah tempat di mana pemain harus menembak bola ke dalam rangka untuk mengumpulkan poin. Lalu berapakah tinggi ring basket ???
Pada psotingan ini kita akan sama sama mengkaji tinggi ring basket. Ring basket memiliki tinggi yang berbeda. Ketinggian resmi peraturan NBA ring basket adalah 10 kaki dari lantai atau 305cm, dan papan  3,5 kaki vertikal dan 6 kaki horizontal. Hoop berdiameter 18 inci. Ketinggian lingkaran itu adalah standar di semua tingkat bermain.
Baca Juga : Ukuran Lapangan Basket
National Basketball Association memiliki standar yang berbeda untuk hoops basket karena visibilitas dalam permainan dan sifat fisik atlet profesional. Papan pantul basket NBA terbuat dari kaca 1/4-inch-tebal dan 72 inci lebar 42 inci. Konektor terbuat dari  logam, dan lingkaran dan lingkar…

45 Butir-butir Pancasila

45 BUTIR-BUTIR PANCASILA - Sejak tahun 2003, berdasarkan Tap MPR No.I/MPR/2003, 36 butir pedoman pengamalan Pancasila telah diganti menjadi 45 butir butir Pancasila.  Tapi yang sangat disayangkan yaitu tidak adanya kebijakan pemerintah untuk memasukkanya ke dalam kurikulum pendidikan ataupun program doktrinasi lewat media. 
Namun, meski demikian tidak ada salahnya jika kita mengetahui bagaimana cara pengamalan Butir-butir Pancasila tersebut.  Berikut 45 Butir-butir Pancasila beserta contoh sikap yang mencerminkan pengamalannya:

45 BUTIR-BUTIR PANCASILA
A.  Ketuhanan Yang Maha Esa 1. Bangsa Indonesia menyatakan kepercayaanya dan ketaqwaanya kepada Tuhan Yang Maha Esa. 2. Manusia Indonesia percaya dan taqwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa, sesuai dengan agama dan kepercayaannya masing-masing menurut dasar kemanusiaan yang adil dan beradab. 3. Mengembangkan sikap hormat menghormati dan bekerjasama anatra pemeluk agama dengan penganut kepercayaan yang berbeda-beda terhadap Tuhan Yang Maha Esa…