Langsung ke konten utama

Tata Krama Komunikasi Dalam Jaringan Asinkron

Tata Krama Komunikasi Dalam Jaringan Asinkron - Komunikasi adalah interaksi yang melibatkan dua orang atau lebih, sehingga harus diperhatikan tatacara dan tatakrama (etiket) pada saat melakukan kegiatan komunikasi dalam jaringan. Kenapa demikian, karena kedua belah pihak tidak bertatap muka dan tidak bertemu, sehingga lebih memungkinkan terjadi terjadinya salah paham. 

Jika pada postingan sebelumnya kita sudah sama sama membahas pengertian komunikasi dalam jaringan, pengertian komunikasi dalam jaringan asinkron, maka pada postingan ini kita akan sama-sama memahami hal yang paling penting dalam komunikasi yaitu "Tatakrama komunikasi dalam jaringan asinkron".

Tata krama Komunikasi

a. Jangan menggunakan bahasa dan kata yang tidak sopan dan kotor. Bedakan pemilihan kata sesuai hubungan kalian dengan lawan komunikasi. Saat berkomunikasi dengan Guru atau atasan melalui daring gunakan bahasa yang formal. Saat berkirim pesan dengan teman, kalian bisa dapat memakai bahasa yang lebih santai dan biasa sehari-hari.

b. Jangan menuliskan seluruh kalimat dengan huruf BESAR. Dalam tata  krama surat menyurat elektronik, penulisan semua kalimat memakai huruf kapital berarti sama dengan berteriak atau marah.

c. Hindari penggunaan jenis huruf (font) yang beragam. Gunakanlah jensi huruf standar, dengan ukuran font yang standar pula. Karena penggunaan  jenis yang aneh akan menyulitkan orang lain untuk membaca pesan dan pastinya akan melelahkan mata

Tata Krama Komunikasi Dalam Jaringan Asinkron
Tata Krama Komunikasi Dalam Jaringan Asinkron
d. Kejelasan penulisan subjek, gunakanlah subjek yang dapat langsung dimengerti oleh penerima email kalian.
e. Perhatikan dengan benar penerima CC, dan juga penerima BCC email kalian. Jangan lupa untuk mengirim CC ataupun BCC berdasarkan hak membaca email tersebut.

Baca juga :
Pengertian Email
Jenis Email
Fungsi Email
f. Cepat membalas pesan yang kalian terima. jika memang kalian sibuk dan tidak sempat mambaca apalagi membalas pesan, beritahukanlah terlebih dahulu.
g. Jangan meneruskan pesan yang tidak begitu penting. Ingat !!! Tidak semua orang menyukai guyonan atau lelucon bahkan gambar yang kalian kirim.

Postingan populer dari blog ini

Jumlah Pemain Bola Voli Dalam Satu Regu

Jumlah Pemain Bola Voli Dalam Satu Regu - Permainan bola voli adalah olah raga yang sangat digemari oleh kaum laki-laki atau perempuan, dalam permainan ini jumlah pemain nya dibatasi dengan jumlah yang sedikit mengingat lapangan bola voli juga tergolong kecil, berbeda dengan sepak bola yang kita kenal dengan istilah kesebelasan. Jumlah pemain bola voli dalam satu regu maximal ada 6, sedangkan untuk jumlah minumum ada 4 orang.
Baca juga : Ukuran lapangan bola voli standar nasional

Aturan Jumlah Pemain Bola Voli dalam Satu Regu Setiap tim atau regu memiliki jumlah pemain 10 orang, 6 Orang pemain inti dan 4 orang pemain cadanagan. Pada saat pergantian pemain ketika pertandingan berlangsung tidak dibatasi.  Maksimal dalam satu pertandingaan harus ada 6 pemain inti. minimal 4 pemain. Jika kurang dari empat pemain, maka regu bersangkutan dianggap K.O.
Posisi Pemain Saat Pertandingan Bola Voli Posisi pemain ketika pertandingan berlangsung terbagi menjadi 3, diantaranya; 2 Pemain Smasher/spiker…

Tinggi Ring Basket Dari Lantai untuk Putra dan Putri

Tinggi Ring Basket Dari Lantai untuk Putra dan Putri - Ring basket merupakan sesuatu yang termasuk kedalam fasilitas bola basket. Ring basket juga merupakan poin penting dalam permainan bola basket karena ring adalah tempat di mana pemain harus menembak bola ke dalam rangka untuk mengumpulkan poin. Lalu berapakah tinggi ring basket ???
Pada psotingan ini kita akan sama sama mengkaji tinggi ring basket. Ring basket memiliki tinggi yang berbeda. Ketinggian resmi peraturan NBA ring basket adalah 10 kaki dari lantai atau 305cm, dan papan  3,5 kaki vertikal dan 6 kaki horizontal. Hoop berdiameter 18 inci. Ketinggian lingkaran itu adalah standar di semua tingkat bermain.
Baca Juga : Ukuran Lapangan Basket
National Basketball Association memiliki standar yang berbeda untuk hoops basket karena visibilitas dalam permainan dan sifat fisik atlet profesional. Papan pantul basket NBA terbuat dari kaca 1/4-inch-tebal dan 72 inci lebar 42 inci. Konektor terbuat dari  logam, dan lingkaran dan lingkar…

45 Butir-butir Pancasila

45 BUTIR-BUTIR PANCASILA - Sejak tahun 2003, berdasarkan Tap MPR No.I/MPR/2003, 36 butir pedoman pengamalan Pancasila telah diganti menjadi 45 butir butir Pancasila.  Tapi yang sangat disayangkan yaitu tidak adanya kebijakan pemerintah untuk memasukkanya ke dalam kurikulum pendidikan ataupun program doktrinasi lewat media. 
Namun, meski demikian tidak ada salahnya jika kita mengetahui bagaimana cara pengamalan Butir-butir Pancasila tersebut.  Berikut 45 Butir-butir Pancasila beserta contoh sikap yang mencerminkan pengamalannya:

45 BUTIR-BUTIR PANCASILA
A.  Ketuhanan Yang Maha Esa 1. Bangsa Indonesia menyatakan kepercayaanya dan ketaqwaanya kepada Tuhan Yang Maha Esa. 2. Manusia Indonesia percaya dan taqwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa, sesuai dengan agama dan kepercayaannya masing-masing menurut dasar kemanusiaan yang adil dan beradab. 3. Mengembangkan sikap hormat menghormati dan bekerjasama anatra pemeluk agama dengan penganut kepercayaan yang berbeda-beda terhadap Tuhan Yang Maha Esa…