Selasa, 11 Oktober 2016

Tata Krama Komunikasi Dalam Jaringan Asinkron

;
Tata Krama Komunikasi Dalam Jaringan Asinkron - Komunikasi adalah interaksi yang melibatkan dua orang atau lebih, sehingga harus diperhatikan tatacara dan tatakrama (etiket) pada saat melakukan kegiatan komunikasi dalam jaringan. Kenapa demikian, karena kedua belah pihak tidak bertatap muka dan tidak bertemu, sehingga lebih memungkinkan terjadi terjadinya salah paham. 

Jika pada postingan sebelumnya kita sudah sama sama membahas pengertian komunikasi dalam jaringan, pengertian komunikasi dalam jaringan asinkron, maka pada postingan ini kita akan sama-sama memahami hal yang paling penting dalam komunikasi yaitu "Tatakrama komunikasi dalam jaringan asinkron".

Tata krama Komunikasi

a. Jangan menggunakan bahasa dan kata yang tidak sopan dan kotor. Bedakan pemilihan kata sesuai hubungan kalian dengan lawan komunikasi. Saat berkomunikasi dengan Guru atau atasan melalui daring gunakan bahasa yang formal. Saat berkirim pesan dengan teman, kalian bisa dapat memakai bahasa yang lebih santai dan biasa sehari-hari.

b. Jangan menuliskan seluruh kalimat dengan huruf BESAR. Dalam tata  krama surat menyurat elektronik, penulisan semua kalimat memakai huruf kapital berarti sama dengan berteriak atau marah.

c. Hindari penggunaan jenis huruf (font) yang beragam. Gunakanlah jensi huruf standar, dengan ukuran font yang standar pula. Karena penggunaan  jenis yang aneh akan menyulitkan orang lain untuk membaca pesan dan pastinya akan melelahkan mata

Tata Krama Komunikasi Dalam Jaringan Asinkron
Tata Krama Komunikasi Dalam Jaringan Asinkron
d. Kejelasan penulisan subjek, gunakanlah subjek yang dapat langsung dimengerti oleh penerima email kalian.
e. Perhatikan dengan benar penerima CC, dan juga penerima BCC email kalian. Jangan lupa untuk mengirim CC ataupun BCC berdasarkan hak membaca email tersebut.

Baca juga :
Pengertian Email
Jenis Email
Fungsi Email
f. Cepat membalas pesan yang kalian terima. jika memang kalian sibuk dan tidak sempat mambaca apalagi membalas pesan, beritahukanlah terlebih dahulu.
g. Jangan meneruskan pesan yang tidak begitu penting. Ingat !!! Tidak semua orang menyukai guyonan atau lelucon bahkan gambar yang kalian kirim.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Buku Sekolah
Buku Sekolah Updated at: 08.13.00

Related : Tata Krama Komunikasi Dalam Jaringan Asinkron

0 komentar:

Posting Komentar