Langsung ke konten utama

Zaman Paleozoikum dan Gambarnya

Zaman Paleozoikum dan Gambarnya - Zaman Paleozoikum adalah suatu zaman yang berlangsung kurang lebih 340 juta tahun lalu. Kata Paleozoikum ini berasal dari bahasa Yunani yaitu palaio yang disebut tua dan zoion yang disebut hewan, berarti zaman Paleozoikum ini bia disebut juga dengan zaman kehidupan purba. Zaman Paleozoikum adalah suatu era pertama dari tiga era yang berada pada eon Fanerozoikum. Sehingga era ini dibagi menjadi enam periode yang berturut-turut dari yang paling tua yaitu Kambrium, Ordovisium, Silur, Devon, Karbon, dan Perm. 

Zaman Paleozoikum dan Gambarnya

Sehingga pada saat itu keadaan bumi belum stabil, karena keadaan alam masih dalam keadaan berubah-ubah dan curah hujan sangat besar. Pada zaman inilah dimulainya tanda-tanda kehidupan dari kehidupan makhluk-makhluk bersel satu atau mikroorganisme dan hewan-hewan yang tidak memiliki tulang punggung, seperti ikan, ganggang, serta rumput-rumputan. Semua ini dapat diketahui bahwa dari sisa-sisanya yang disebut dengan fosil. Zaman ini disebut juga zaman primer (zaman pertama). sehingga zaman ini memiliki beberapa zaman yaitu : 

Bagian-Bagian Zaman Paleozoikum

Kambrium
Kambrium adalah suatu periode yang berada pada skala waktu geologi yang dimulai pada sekitar abad 542 ± 1,0 juta tahun lalu dan sehingga berakhir pada abad 488,3 ± 1,7 juta tahun lalu. Sehingga periode ini merupakan periode pertama pada era Paleozoikum. Berlimpahnya makhluk hidup yang di temukan pada periode ini kemungkinan berhubungan dengan kehidupan evolusi skeleton (rangka). Hal tersebut dapat di tunjukan oleh fosil hewan yang ditemukan sehingga mempunyai skleton pelindung yang berada di sebelah luar. sehingga dalam era Paleozoik ini mulailah terjadinya penguasaan daratan yang dikuasai oleh makhluk hidup.

Ordovisium
Ordovisium adalah suatu periode yang berada pada zaman era Paleozoikum yang berlangsung pada abad 488,3 ± 1,7 hingga 443,7 ± 1,5 juta tahun lalu. Bahwasannya periode ini melanjutkan dari periode Kambrium dan diikuti oleh periode Silur. sehingga periode ini mendapat nama dari salah satu suku yang berada di Wales, Ordovices ini didefinisikan oleh seorang ahli geografi yang bernama Charles Lapworth pada tahun 1879, bahwasannya Charles Lapworth ini akan menyelesaikan persengketaan antara pengikut Adam Sedgwick dan pengikut Roderick Murchison sehingga masing-masing mengelompokkan lapisan batuan yang sama di Wales utara sehingga masuk ke dalam periode Kambrium dan Silur.

Silur
Silur adalah suatu periode yang berada pada skala waktu geologi yang berlangsung mulai pada akhir zaman periode Ordovisium sekitar abad 443,7 ± 1,5 juta tahun lalu, sehingga menuju awal periode Devon, sekitar 416,0 ± 2,8 juta tahun yang lalu. Lalu lapisan batuan yang menentukan awal dan akhir periode ini sehingga teridentifikasi dengan baik, tetapi tanggal tepatnya memiliki ketidak pastian sebesar 5-10 juta tahun. Awal Silur ditentukan pada suatu peristiwa yang kepunahannya sangat besar (peristiwa kepunahan Ordovisium-Silur) sewaktu 60% sehingga spesies laut musnah.

Devon
Devon adalah suatu periode yang berada pada skala waktu geologi yang termasuk dalam zaman era Paleozoikum dan dapat berlangsung sekitar 416 ± 2,8 hingga 359,2 ± 2,5 juta tahun yang lalu. Nama tersebut berasal dari Devon, Inggris, dimana tempat pertama kali ditemukan sebuah batuan Exmor yang berasal dari periode ini dapat dipelajari, sehinga pada masa Devonian, antropoda dan vertebrata yang pertama melanjutkan kolonisasi di daratan. 

Sehingga binatang-binatang ini memiliki problem yang sama persis dengan tanaman-tanaman ketika pertama kali berkolonisasi di daratan, seperti mengurangi air dan memaksimalkan penghirupan oksigen yang ada di bumi. Kemajuan paling evolusioner dari masalah ini tidak hanya memungkinkan binatang-binatang ini dapat menginvasi daratan, tetapi juga dapat menyebar ke seluruh benua.

Karbon
Karbon adalah suatu periode yang berada pada skala waktu geologi yang dapat berlangsung sejak akhir periode Devon sekitar 359,2 ± 2,5 juta tahun yang lalu, hingga periode pertama Perm sekitar 299,0 ± 0,8 juta tahun yang lalu. Seperti halnya pada periode geologi yang lainnya berada lebih tua dari pada periode perm ini. Lapisan batuan yang menentukan awal dan akhir periode ini dapat teridentifikasi dengan baik, tetapi tanggal tepatnya memiliki ketidak pastian sekitar 5-10 juta tahun. Baca juga Aspek Geografi dan Contohnya

Perm
Perm atau bisa juga disebut dengan permian adalah suatu periode yang berada pada skala waktu geologi yang dapat berlangsung sekitar abad 299,0 ± 0,8 hingga 251,0 ± 0,4 juta tahun yang lalu. Periode ini merupakan periode terakhir dalam zaman era Paleozoikum. Sehingga Perm ini dapat dibagi menjadi tiga kala, dan kala terebut yaitu Lopongian, Guadalupian, dan Cisuralian. 

Pada periode Permian atau Perm ini, bahwasannya benua-benua dapat bergerak lebih mendekat dibandingkan masa Karboniferus, sehingga terdapat bagian utara dan bagian selatan super benua Laurasia dan Gondwana sudah mulai menyatu, sehingga dapat membentuk sebuah benua maha luas yang disebut Pangaea. Periode Permian ini merupakan periode final dari masa Paleozoikum dan sehingga dapat diberi nama, sesuai nama sebuah provinsi, Perm, di Rusia, tempat di mana batu-batu pada periode ini dapat dipelajari.

Postingan populer dari blog ini

Jumlah Pemain Bola Voli Dalam Satu Regu

Jumlah Pemain Bola Voli Dalam Satu Regu - Permainan bola voli adalah olah raga yang sangat digemari oleh kaum laki-laki atau perempuan, dalam permainan ini jumlah pemain nya dibatasi dengan jumlah yang sedikit mengingat lapangan bola voli juga tergolong kecil, berbeda dengan sepak bola yang kita kenal dengan istilah kesebelasan. Jumlah pemain bola voli dalam satu regu maximal ada 6, sedangkan untuk jumlah minumum ada 4 orang.
Baca juga : Ukuran lapangan bola voli standar nasional

Aturan Jumlah Pemain Bola Voli dalam Satu Regu Setiap tim atau regu memiliki jumlah pemain 10 orang, 6 Orang pemain inti dan 4 orang pemain cadanagan. Pada saat pergantian pemain ketika pertandingan berlangsung tidak dibatasi.  Maksimal dalam satu pertandingaan harus ada 6 pemain inti. minimal 4 pemain. Jika kurang dari empat pemain, maka regu bersangkutan dianggap K.O.
Posisi Pemain Saat Pertandingan Bola Voli Posisi pemain ketika pertandingan berlangsung terbagi menjadi 3, diantaranya; 2 Pemain Smasher/spiker…

Tinggi Ring Basket Dari Lantai untuk Putra dan Putri

Tinggi Ring Basket Dari Lantai untuk Putra dan Putri - Ring basket merupakan sesuatu yang termasuk kedalam fasilitas bola basket. Ring basket juga merupakan poin penting dalam permainan bola basket karena ring adalah tempat di mana pemain harus menembak bola ke dalam rangka untuk mengumpulkan poin. Lalu berapakah tinggi ring basket ???
Pada psotingan ini kita akan sama sama mengkaji tinggi ring basket. Ring basket memiliki tinggi yang berbeda. Ketinggian resmi peraturan NBA ring basket adalah 10 kaki dari lantai atau 305cm, dan papan  3,5 kaki vertikal dan 6 kaki horizontal. Hoop berdiameter 18 inci. Ketinggian lingkaran itu adalah standar di semua tingkat bermain.
Baca Juga : Ukuran Lapangan Basket
National Basketball Association memiliki standar yang berbeda untuk hoops basket karena visibilitas dalam permainan dan sifat fisik atlet profesional. Papan pantul basket NBA terbuat dari kaca 1/4-inch-tebal dan 72 inci lebar 42 inci. Konektor terbuat dari  logam, dan lingkaran dan lingkar…

45 Butir-butir Pancasila

45 BUTIR-BUTIR PANCASILA - Sejak tahun 2003, berdasarkan Tap MPR No.I/MPR/2003, 36 butir pedoman pengamalan Pancasila telah diganti menjadi 45 butir butir Pancasila.  Tapi yang sangat disayangkan yaitu tidak adanya kebijakan pemerintah untuk memasukkanya ke dalam kurikulum pendidikan ataupun program doktrinasi lewat media. 
Namun, meski demikian tidak ada salahnya jika kita mengetahui bagaimana cara pengamalan Butir-butir Pancasila tersebut.  Berikut 45 Butir-butir Pancasila beserta contoh sikap yang mencerminkan pengamalannya:

45 BUTIR-BUTIR PANCASILA
A.  Ketuhanan Yang Maha Esa 1. Bangsa Indonesia menyatakan kepercayaanya dan ketaqwaanya kepada Tuhan Yang Maha Esa. 2. Manusia Indonesia percaya dan taqwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa, sesuai dengan agama dan kepercayaannya masing-masing menurut dasar kemanusiaan yang adil dan beradab. 3. Mengembangkan sikap hormat menghormati dan bekerjasama anatra pemeluk agama dengan penganut kepercayaan yang berbeda-beda terhadap Tuhan Yang Maha Esa…