Sabtu, 12 November 2016

Pengertian Batuan Metamorf dan Contohnya

;
Pengertian Batuan Metamorf dan Contohnya - Batuan metamorf adalah salah satu jenis batuan yang terdapat di bumi, Batuan metamorf ini juga sering disebut juga sebagai batuan malihan. Batuan metamorf atau batuan malihan ini adalah merupakan sekelompok batuan dihasilkan dari ubahan atau transformasi dari suatu tipe batuan yang sudah ada sebelumnya (protolith) melalui sebuah proses yang disebut dengan proses metamorfosis atau mengalami perubahan bentuk. Batuan metamorf ini juga mempunyai kegunaan sangat penting bagi manuasia. Melalui beberapa penelitian yang dilakukan pada batuan metamorf ini dapat diperoleh informasi yang sangatlah penting mengenai suhu dan juga tekanan yang terjadi jauh di dalam permukaan bumi. 

Pengertian Batuan Metamorf dan Contohnya

Namun saat ini batuan metamorf telah banyak yang muncul di permukaan bumi dikarenakan adanya erosi tanah dan juga pengangkatan. Proses pembentukan batuan metamorf ini diperlukan beberapa proses. Proses pembentukan batuan metamor berasal dari sebuah batuan yang sudah ada sebelumnya yaitu protolith. Protolith atau batuan asal yang mengalami pemanasan lebih dari 150 derajat celcius dan juga mengalami tekanan yang ekstrem akan kemudian mengalami perubahan fisika atau perubahan kimia yang besar. Batuan protolith ini banyak sekali jenisnya. Yang termasuk ke dalam batuan protolith ini adalah batuan beku, batuan sedimen, atau bisa juga pada batuan metamorf lainnya yang lebih tua seperti batu Gneis, batu sabak, batu marmer, dan juga batu skist.  Baca lebih lengkap Jenis-Jenis Batuan dan Pengertianya

Contoh jenis Batuan Metamorf

Batuan Metamorf memiliki jenis batuan yang bermacam- macam dan tidak hanya satu saja. Batuan metamorf ini dapat dibedakan menjadi tiga macam, yaitu batuan metamorf kontak, batuan metamorf dinamo, dan yang terakhir batuan metamorf kontak pneumatolistis.

Batuan metamorf kontak

Jenis batuan metamorf yang satu ini yang akan kita bahas, Batuan metamorf kontak merupakan jenis batuan metamorf. Batuan Metamorf kotak adalah batuan metamorf yang mengalami metamorfose yang diakibatkan dari adanya pengaruh suhu yang sangat tinggi atau sebagai hasil dari adanya aktivitas sebuah magma. Ada yang menyatakan juga bahwa batuan metamorf kontak ini adalah batuan yang terbentuk karena adanya suatu pengaruh dari intrusi magma pada suhu yang sangat tinggi. 

Adanya suhu yang sangat tinggi yang berasal dari aktivitas magma ini menyebabkan terjadinya perubahan pada bentuk dan juga perubahan warna batuan. Suhu yang tinggi ini juga dakibatkan letak batuan dekat dengan magma. Contoh dari batuan metamorf kontak adalah batu kapur atau batu gamping yang menjadi batu marmer, kemudian batuan batolit, batuan lakolit, dan juga batuan sill. Satu hal yang perlu anda ketahui juga tentang batuan jenis ini, yaitu batuan jenis ini dipengaruhi oleh letak instrusinya, dimana semakin jauh letaknya dari intrusinya maka derajat metamorfosisnya akan semakin berkurang.

Batuan metamorf dinamo

Jenis yang kedua dari batuan metamorf adalah batuan metamorf dinamo. Batuan metamorf dinamo ini merupakan jenis batuan yang mengalami metamorfose yang diakibatkan adanya tekanan yang tinggi yang berasal dari tenaga endogen dalam waktu yang sangat lama, serta dihasilkan dalam sebuah proses pembentukan kulit bumi, karena adanya tenaga endogen. Batuan metamorf dinamo ini biasanya berada di bagian atas kerak bumi. 

Adanya tekanan dengan arah berlawanan mengekibatkan terjadinya perubahan butiran- butiran mineral pada batuan, bentuk dari batuan metamorf dinamo ada yang berbentuk pipih dan ada pula yang kembali menjadi bentuk kristal. Beberapa jenis batuan metamorf ini berubah menjadi batuan hablur. Contoh dari batuan metamorf dinamo ialah batu lumpur atau mud stone menjadi sebuah batu tulis atau slate. Batuan jenis ini banyak ditemukan di daerah patahan ataupun lipatan. Baca artikel lain tentang Pengertian batuan Sedimen dan Contohnya

Batuan metamorf kontak pneumatolistis

Jenis dari batuan metamorf ini adalah jenis batuan metamorf yang selanjutnya yaitu batuan metamorf kontak pneumatolistis. Jenis batuan metamorf kontak pneumatolistis merupakan batuan yang mengalami proses metamorfose sebagai akibat dari adanya pengaruh yang diakibatkan dari gas-gas yang ada pada magma. Pengaruh dari gas yang sangat panas ini menyebabkan perubahan komposisi dan kimiawi mineral dari batuan ini. 

Contoh dari batuan metamorf kontak pneumatolistis ialah batu kuarsa yang terkena gas borium berubah menjadi turmalin atau sejenis batu permata. Contoh lain dari jenis batu ini yaitu batu kuarsa dengan terkena gas florium dan berumah menjadi topas.

demikianlah pengrtian dari batuan metamorf dan macam- macamnya atau jenis, dari batuan metamorf yang ada di sekitar kita atau yang sering kita temukan. pengertian Batuan metamorf lebih jelasnya adalah salah satu jenis batuan yang mengalami sebuah proses metamorfosa. Proses Metamorfosa yang terjadi pada batuan metamorf tersebut sendiri merupakan suatu proses dimana benda berubah bentuk dari bentuk satu ke bentuk yang lain. Dalam metamorfosis batu batuan metamorf, proses metamorfosis terdari dari beberapa macam proses.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Buku Sekolah
Buku Sekolah Updated at: 09.15.00

Related : Pengertian Batuan Metamorf dan Contohnya

0 komentar:

Posting Komentar