Friday, November 18, 2016

Pengertian Erosi Abrasi dan Sedimentasi

Pengertian Erosi Abrasi dan Sedimentasi - Yang dimaksud dengan erosi adalah sebuah proses pengikisan sebuah batuan atau tanah ataupun padatan lainnya yang disebabkan oleh gerakan air, es, ataupun angin. Namun banyak juga yang menyebutkan bahwa erosi adalah sebuah pelapukan, Akan tetapi antara pelapukan denagan erosi sangatlah berbeda. karena pelapukan merupakan salah satu pengertian tenaga eksogen yang prosesnya tergantung pada cuaca sedangkan erosi adalah sebuah proses pengikisan dengan faktor seperti angin, air, es dan lainnya.

Contoh erosi yang disebabkan oleh air yaitu Abrasi pantai, Abrasi merupakan salah satu jenis dari erosi yang disebabkan oleh air oleh ombak di pantai yang mengalami penaikan akibat adanya es yang mencair. selain dari erosi, abrasi ada juga yang disebut dengan sedimentasi adalah sebuah proses dimana hasil dari erosi mengendap dan proses pengendapan hasil erosi desebut dengan sedimentasi.  Baca lebih lengkap Pengertian Tenaga Eksogen dan Contohnya

Pengertian Erosi Abrasi dan Sedimentasi

Penyebab Erosi

Adanya Aktivitas manusia yang memperburuk kondisi lahan yang telah mengalami proses erosi membuat erosi ini terjadi berikut ini di antara lain dari penyebab terjadinya erosi.

Penebangan hutan secara liar yang menyebabkan hutan menjadi gundul tanpa diimbangi dengan adanya penanaman pohon kembali (reboisasi).

konstruksi yang tak tertata atau juga pembangunan dengan menggunakn lahan yang bebas menyebabkan adanya sebuah proses erosi.

alih fungsi hutan jadi sebuah lahan pertambangan, atau perkebunan, maupun pertanian, membangun jalan.

Pengertian Abrasi

secara umum abrasi merupakan erosi gelombang laut atau erosi marin dengan proses yang menyenbabkan pengikisan pantai oleh gelombang laut. Penyebab adanya abrasi adalah permukaan air laut yang naik, dikarenakan adanya es yang mencair di kutub. Sehingga berdampak pada pengikisan pada daerah di permukaan yang lebih rendah. Abrasi dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor, Diantaranya adalah besar dan kecilnya sebuah gelombang laut dan cepat lambat gelombang tersebut.

Pengertina Sedimentasi atau pengendapan

Pengendapan atau sedimentasi adalah proses yang terjadi yang dihasilkan dari sebuah proses pelapukan, maupun proses pengikisan, dan proses gerakan tanah ke suatu tempat yang lebih rendah sehingga dan akhirnya akan mengalami proses pengendapa. Dengan demikian dapat di simpulkan definisi dari sedimentasi adalah sebuah peristiwa pengendapan material batuan yang telah diangkut atau dipindahkan oleh tenaga eksogen dari suatu tempat yang lebih tinggi ke suatu tempat yang lebih rendah.  Baca juga Pengertian Tenaga Endogen dan Eksogen Lengkap

Sedimentasi adalah salah satu jenis tenaga eksogen. Sedimentasi atau pengendapan yang sering dilakukan secara terus-menerus dan berlangsung dalam jangka waktu yang begitu lama akan dapat mengubah bentuk permukaan dari bumi.

demikianlah penjelasan mengenai pengertian Erosi Abrasi dan Sedimentasi semoga dengan adanya artikel ini anda dapat lebih memahamin tentang Erosi sdimen dan juga Abrasi dan dapat membedakan antara ketiganya. trimakasi!!!
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Buku Sekolah
Buku Sekolah Updated at: 11:56:00 AM

Related : Pengertian Erosi Abrasi dan Sedimentasi

0 komentar:

Post a Comment