Langsung ke konten utama

Pengertian Erosi Abrasi dan Sedimentasi

Pengertian Erosi Abrasi dan Sedimentasi - Yang dimaksud dengan erosi adalah sebuah proses pengikisan sebuah batuan atau tanah ataupun padatan lainnya yang disebabkan oleh gerakan air, es, ataupun angin. Namun banyak juga yang menyebutkan bahwa erosi adalah sebuah pelapukan, Akan tetapi antara pelapukan denagan erosi sangatlah berbeda. karena pelapukan merupakan salah satu pengertian tenaga eksogen yang prosesnya tergantung pada cuaca sedangkan erosi adalah sebuah proses pengikisan dengan faktor seperti angin, air, es dan lainnya.

Contoh erosi yang disebabkan oleh air yaitu Abrasi pantai, Abrasi merupakan salah satu jenis dari erosi yang disebabkan oleh air oleh ombak di pantai yang mengalami penaikan akibat adanya es yang mencair. selain dari erosi, abrasi ada juga yang disebut dengan sedimentasi adalah sebuah proses dimana hasil dari erosi mengendap dan proses pengendapan hasil erosi desebut dengan sedimentasi.  Baca lebih lengkap Pengertian Tenaga Eksogen dan Contohnya

Pengertian Erosi Abrasi dan Sedimentasi

Penyebab Erosi

Adanya Aktivitas manusia yang memperburuk kondisi lahan yang telah mengalami proses erosi membuat erosi ini terjadi berikut ini di antara lain dari penyebab terjadinya erosi.

Penebangan hutan secara liar yang menyebabkan hutan menjadi gundul tanpa diimbangi dengan adanya penanaman pohon kembali (reboisasi).

konstruksi yang tak tertata atau juga pembangunan dengan menggunakn lahan yang bebas menyebabkan adanya sebuah proses erosi.

alih fungsi hutan jadi sebuah lahan pertambangan, atau perkebunan, maupun pertanian, membangun jalan.

Pengertian Abrasi

secara umum abrasi merupakan erosi gelombang laut atau erosi marin dengan proses yang menyenbabkan pengikisan pantai oleh gelombang laut. Penyebab adanya abrasi adalah permukaan air laut yang naik, dikarenakan adanya es yang mencair di kutub. Sehingga berdampak pada pengikisan pada daerah di permukaan yang lebih rendah. Abrasi dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor, Diantaranya adalah besar dan kecilnya sebuah gelombang laut dan cepat lambat gelombang tersebut.

Pengertina Sedimentasi atau pengendapan

Pengendapan atau sedimentasi adalah proses yang terjadi yang dihasilkan dari sebuah proses pelapukan, maupun proses pengikisan, dan proses gerakan tanah ke suatu tempat yang lebih rendah sehingga dan akhirnya akan mengalami proses pengendapa. Dengan demikian dapat di simpulkan definisi dari sedimentasi adalah sebuah peristiwa pengendapan material batuan yang telah diangkut atau dipindahkan oleh tenaga eksogen dari suatu tempat yang lebih tinggi ke suatu tempat yang lebih rendah.  Baca juga Pengertian Tenaga Endogen dan Eksogen Lengkap

Sedimentasi adalah salah satu jenis tenaga eksogen. Sedimentasi atau pengendapan yang sering dilakukan secara terus-menerus dan berlangsung dalam jangka waktu yang begitu lama akan dapat mengubah bentuk permukaan dari bumi.

demikianlah penjelasan mengenai pengertian Erosi Abrasi dan Sedimentasi semoga dengan adanya artikel ini anda dapat lebih memahamin tentang Erosi sdimen dan juga Abrasi dan dapat membedakan antara ketiganya. trimakasi!!!

Postingan populer dari blog ini

Jumlah Pemain Bola Voli Dalam Satu Regu

Jumlah Pemain Bola Voli Dalam Satu Regu - Permainan bola voli adalah olah raga yang sangat digemari oleh kaum laki-laki atau perempuan, dalam permainan ini jumlah pemain nya dibatasi dengan jumlah yang sedikit mengingat lapangan bola voli juga tergolong kecil, berbeda dengan sepak bola yang kita kenal dengan istilah kesebelasan. Jumlah pemain bola voli dalam satu regu maximal ada 6, sedangkan untuk jumlah minumum ada 4 orang.
Baca juga : Ukuran lapangan bola voli standar nasional

Aturan Jumlah Pemain Bola Voli dalam Satu Regu Setiap tim atau regu memiliki jumlah pemain 10 orang, 6 Orang pemain inti dan 4 orang pemain cadanagan. Pada saat pergantian pemain ketika pertandingan berlangsung tidak dibatasi.  Maksimal dalam satu pertandingaan harus ada 6 pemain inti. minimal 4 pemain. Jika kurang dari empat pemain, maka regu bersangkutan dianggap K.O.
Posisi Pemain Saat Pertandingan Bola Voli Posisi pemain ketika pertandingan berlangsung terbagi menjadi 3, diantaranya; 2 Pemain Smasher/spiker…

Tinggi Ring Basket Dari Lantai untuk Putra dan Putri

Tinggi Ring Basket Dari Lantai untuk Putra dan Putri - Ring basket merupakan sesuatu yang termasuk kedalam fasilitas bola basket. Ring basket juga merupakan poin penting dalam permainan bola basket karena ring adalah tempat di mana pemain harus menembak bola ke dalam rangka untuk mengumpulkan poin. Lalu berapakah tinggi ring basket ???
Pada psotingan ini kita akan sama sama mengkaji tinggi ring basket. Ring basket memiliki tinggi yang berbeda. Ketinggian resmi peraturan NBA ring basket adalah 10 kaki dari lantai atau 305cm, dan papan  3,5 kaki vertikal dan 6 kaki horizontal. Hoop berdiameter 18 inci. Ketinggian lingkaran itu adalah standar di semua tingkat bermain.
Baca Juga : Ukuran Lapangan Basket
National Basketball Association memiliki standar yang berbeda untuk hoops basket karena visibilitas dalam permainan dan sifat fisik atlet profesional. Papan pantul basket NBA terbuat dari kaca 1/4-inch-tebal dan 72 inci lebar 42 inci. Konektor terbuat dari  logam, dan lingkaran dan lingkar…

45 Butir-butir Pancasila

45 BUTIR-BUTIR PANCASILA - Sejak tahun 2003, berdasarkan Tap MPR No.I/MPR/2003, 36 butir pedoman pengamalan Pancasila telah diganti menjadi 45 butir butir Pancasila.  Tapi yang sangat disayangkan yaitu tidak adanya kebijakan pemerintah untuk memasukkanya ke dalam kurikulum pendidikan ataupun program doktrinasi lewat media. 
Namun, meski demikian tidak ada salahnya jika kita mengetahui bagaimana cara pengamalan Butir-butir Pancasila tersebut.  Berikut 45 Butir-butir Pancasila beserta contoh sikap yang mencerminkan pengamalannya:

45 BUTIR-BUTIR PANCASILA
A.  Ketuhanan Yang Maha Esa 1. Bangsa Indonesia menyatakan kepercayaanya dan ketaqwaanya kepada Tuhan Yang Maha Esa. 2. Manusia Indonesia percaya dan taqwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa, sesuai dengan agama dan kepercayaannya masing-masing menurut dasar kemanusiaan yang adil dan beradab. 3. Mengembangkan sikap hormat menghormati dan bekerjasama anatra pemeluk agama dengan penganut kepercayaan yang berbeda-beda terhadap Tuhan Yang Maha Esa…