Pengertian Tenaga Eksogen

Pengertian Tenaga Eksogen - Tenaga eksogen adalah salah satu tenaga yang meproses pembentukan muka bumi yang berasal dari luar bumi yang umumnya bersifatnya merusak. Tenaga eksogen yaitu salah satu tenaga yang meliputi proses yang bersipat merusak seperti proses pelapukan (weathering), pengikisan (erosi), gerakan tanah (mass wasting), dan pengendapan (sedimentasi). dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pengertian dari tenaga eksogen adalah tenaga yang membentuk bumi dengan proses merusak seperti pengikisan, pelapukan, pengendapan, dan pengankutan.  

Pengertian Tenaga Eksogen

peroses tenaga eksogen dibagi menjadi beberapa jenis Berikut ini adalah penjelasan dari jenis-jenis tenaga eksogen : Baca Lebih Lengkap Pengertian Tenaga Endogen dan Eksogen Lengkap

Pelapukan

Pelapukan (weathering) adalah sebuah proses penghancuran massa batuan dimana proses tersebut dipengaruhi oleh iklim, struktur batuan, topografi, dan faktor biologis seperti tumbuhan, hewan dan manusia. Pelapukan dapat dikelompokkan menjadi 3 jenis, yaitu pelapukan mekanis, pelapukan biologis/organis, pelapukan kimiawi. Pelapukan ini adalah salah satu jenis tenaga eksogen yang bersifat merusak. Beberapa dampak dari pelapukan bisa kita lihat pada batuan yang hancur didaerah padang pasir yang membentuk daerah gurun karena suhu yang sangat ekstrim, penggalian bahan tambang yang merusak lapisan batuan atau tanah, hingga larutnya zat kapur oleh air hujan.

Erosi

Erosi atau pengikisan adalah salah satu jenis dari tenaga eksogen. Erosi adalah sebuah proses terlepasnya atau berpindahnya sebuah material batu-batuan, tanah secara alamiah oleh tenaga-tenaga erosi, seperti oleh air, ombak, angin, dan es/gletser.

Gerakan tanah (mass wasting)

Bentuk tenaga eksogen yang lainya adalah pergerakan tanah atau mass wasting atau juga lebih populer dengan longsor. Gerakan tanah adalah proses pemindahan dan penghancuran masa batuan atau tanah secara besar-besaran ke tempat yang lebih rendah. Gerakan tanah perpindahanya lebih banyak dipengaruhi oleh gravitasi bumi seperti tanah longsor (landslide), tanah amblas, tanah mengalir, lumpur mengalir dan rayapan tanah. hampir semuanya proses yang terjadi di pengaruhi dengan adanya gravitasi bumi.

Pengendapan atau sedimentasi

Pengendapan atau sedimentasi adalah proses yang terjadi dari hasil sebuah proses pelapukan, proses pengikisan, dan proses gerakan tanah ke suatu tempat yang lebih rendah sehingga akan mengalami proses pengendapa. Dengan demikian, sedimentasi adalah peristiwa pengendapan material batuan yang telah diangkut atau dipindahkan oleh tenaga dari tempat yang lebih tinggi ke tempat yang lebih rendah. Sedimentasi adalah salah satu jenis tenaga eksogen. Sedimentasi atau pengendapan yang dilakukan secara terus-menerus dan berlangsung dalam jangka waktu yang lama dapat mengubah bentuk permukaan dari bumi. Baca lebih lengkap Pengertian Batuan Sedimen dan contohnya

Denudasi

Denudasi adalah salah satu contoh tenaga eksogen yang mengakibatkan sebuah perendahan relief dari daratan. Karena denudasi juga permukaan bumi akan semakin berkurang ketinggiannya. Pegunungan dan perbukitan semakin lama akan semakin rendah, karena proses tenaga eksogen seperti pelapukan, erosi, tanah longor dan kemudian terjadi proses pengangkutan atau transportasi dan sedimentasi. Bentuk muka bumi akibat denudasi ialah penelpain yaitu dataran yang luas dan semakin melandai ke laut.
Pengertian Tenaga Eksogen Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Syahrul Fauzi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar