Sabtu, 12 November 2016

Pengertian Tenaga Endogen dan Eksogen

;
Pengertian Tenaga Endogen dan Eksogen - Bumi adalah salah satu planet yang merupakan tempat tinggalnya manusia dan makhluk hidup lainya, tekstur permukaan bumi awal mulanya tidak seperti sekarang namun dengan adanya kekuatan atau perubahan dari adanya Tenaga Endogen dan Tenaga Eksogen yang menyebabkan bumi menjadi bentuk yang sampain sekarang, yaitu adanya cekungan dan benjolan pada permukaan bumi. Benjolan dan cekungan pada permukaan bumi ini tidak lain dan tidak bukan disebabkan oleh adanya tenaga yang membangunnya, yaitu adanya tenaga endogen dan eksogen. 
Pengertian Tenaga Endogen dan Eksogen

Untuk dapat mengethui bagaimana proses pembentukan permukaan bumi melalui tenaga endogen dan tenaga eksogen maka artikel saya kali ini akan membahas sedikit tentang pengertian tenega endogen dan eksogen, dengan mengetahui apa itu tenaga endogen dan tenaga eksogen maka anda akan mengetahui pula bagai mana bentuk permukaan bumi dapat menjadi seperti sekarang ini. Berikut ini merupakan pembahasan mengenai pengertian tenaga endogen dan eksogen yang membentuk muka bumi. Baca juga Proses Terbentuknya Bumi

Tenaga endogen

Tenaga endogen adalah sebuah tenaga yang keluar dari dalam bumi yang bersifat sebagai tenaga pembangun (konstruktif), dengan adanya Tenaga endogen ini proses pembangunan bumi terjadi. proses pembangunan bumi melalui tenaga endogen dapat dikelompokkan menjadi 3 yaitu :

Tektonisme

Tektonisme merupakan salah satu tenaga yang termasuk dalam tenaga endogen, Proses tenaga tektonisme merupakan proses pembentukan melalui pergeseran atau gerakan dari kulit bumi yang menyebabkan terjadinya sebuah cekungan atau tonjolan ataupun juga relief dari muka bumi tenaga tektonik ini memiliki dua jenis gerak yakni gerak epirogenetik dan gerak orogenetik.

Vulkasnisme

Vulkanisme merupakan peristiwa dari tenaga endogen yang berhubungan dengan gunung berapi yaitu berupa naik atau keluarnya magma dari dalam perut bumi. Magma sendiri adalah campuran batu- batuan dalam keadaan yang berupa cairan dan sangat panas. Penyebab adanya aktivitas magma dalam dapur magma adalah tingginya suhu dan banyaknya jumlah gas yang terkandung dalam magma.

Gempa bumi(seisme)

Gempa bumi adalah getaran permukaan bumi, Gempa bumi adalah salah satu tenaga yang termasuk kedalam tenaga endogen sebagai pembentu dari muka bumi. Penyebab terjadinya Gempa bumi yaitu diakibatkan oleh kekuatan- kekuatan dari dalam bumi dan merambat sampai ke permukaan bumi. Gempa bumi memiliki 3 klasifikasi berdasarkan penyebab terjadinya, yakni gempa tektonik, gempa vulkanis dan gempa runtuhan. Baca selengkapnya Pengertian Gempa Bumi dan Jenisnya

Tenaga Eksogen

Tenaga eksogen adalah tenaga paktor pembentukan muka bumi yagn kedua namun berbeda dengan tenaga endogen, tenaga eksogen merupakan tenaga yang berasal dari luar yaitu berupa tenaga air, angin, sinar matahari maupun tenaga dari makhluk hidup. Proses terjadinya Tenaga eksogen disebabkan bebrapa proses seperti pelapukan, pengikisan, Pengendapan, Penurunan (amblas) yang menyebabkan berkurangnya material pada permukaan bumi.

Dengan demikian dapat dipahami bahwa tenaga eksogen adalah tenaga pembentukan relief muka bumi melalui proses pengurangan atau juga penghancuran, karena proses tenaga eksogen ini menyebabkan berkurang ataupun hancurnya material yang susah ada melalui proses endogen.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Buku Sekolah
Buku Sekolah Updated at: 07.10.00

Related : Pengertian Tenaga Endogen dan Eksogen

0 komentar:

Posting Komentar