Langsung ke konten utama

Pengertian Tenaga Endogen dan Eksogen

Pengertian Tenaga Endogen dan Eksogen - Bumi adalah salah satu planet yang merupakan tempat tinggalnya manusia dan makhluk hidup lainya, tekstur permukaan bumi awal mulanya tidak seperti sekarang namun dengan adanya kekuatan atau perubahan dari adanya Tenaga Endogen dan Tenaga Eksogen yang menyebabkan bumi menjadi bentuk yang sampain sekarang, yaitu adanya cekungan dan benjolan pada permukaan bumi. Benjolan dan cekungan pada permukaan bumi ini tidak lain dan tidak bukan disebabkan oleh adanya tenaga yang membangunnya, yaitu adanya tenaga endogen dan eksogen. 
Pengertian Tenaga Endogen dan Eksogen

Untuk dapat mengethui bagaimana proses pembentukan permukaan bumi melalui tenaga endogen dan tenaga eksogen maka artikel saya kali ini akan membahas sedikit tentang pengertian tenega endogen dan eksogen, dengan mengetahui apa itu tenaga endogen dan tenaga eksogen maka anda akan mengetahui pula bagai mana bentuk permukaan bumi dapat menjadi seperti sekarang ini. Berikut ini merupakan pembahasan mengenai pengertian tenaga endogen dan eksogen yang membentuk muka bumi. Baca juga Proses Terbentuknya Bumi

Tenaga endogen

Tenaga endogen adalah sebuah tenaga yang keluar dari dalam bumi yang bersifat sebagai tenaga pembangun (konstruktif), dengan adanya Tenaga endogen ini proses pembangunan bumi terjadi. proses pembangunan bumi melalui tenaga endogen dapat dikelompokkan menjadi 3 yaitu :

Tektonisme

Tektonisme merupakan salah satu tenaga yang termasuk dalam tenaga endogen, Proses tenaga tektonisme merupakan proses pembentukan melalui pergeseran atau gerakan dari kulit bumi yang menyebabkan terjadinya sebuah cekungan atau tonjolan ataupun juga relief dari muka bumi tenaga tektonik ini memiliki dua jenis gerak yakni gerak epirogenetik dan gerak orogenetik.

Vulkasnisme

Vulkanisme merupakan peristiwa dari tenaga endogen yang berhubungan dengan gunung berapi yaitu berupa naik atau keluarnya magma dari dalam perut bumi. Magma sendiri adalah campuran batu- batuan dalam keadaan yang berupa cairan dan sangat panas. Penyebab adanya aktivitas magma dalam dapur magma adalah tingginya suhu dan banyaknya jumlah gas yang terkandung dalam magma.

Gempa bumi(seisme)

Gempa bumi adalah getaran permukaan bumi, Gempa bumi adalah salah satu tenaga yang termasuk kedalam tenaga endogen sebagai pembentu dari muka bumi. Penyebab terjadinya Gempa bumi yaitu diakibatkan oleh kekuatan- kekuatan dari dalam bumi dan merambat sampai ke permukaan bumi. Gempa bumi memiliki 3 klasifikasi berdasarkan penyebab terjadinya, yakni gempa tektonik, gempa vulkanis dan gempa runtuhan. Baca selengkapnya Pengertian Gempa Bumi dan Jenisnya

Tenaga Eksogen

Tenaga eksogen adalah tenaga paktor pembentukan muka bumi yagn kedua namun berbeda dengan tenaga endogen, tenaga eksogen merupakan tenaga yang berasal dari luar yaitu berupa tenaga air, angin, sinar matahari maupun tenaga dari makhluk hidup. Proses terjadinya Tenaga eksogen disebabkan bebrapa proses seperti pelapukan, pengikisan, Pengendapan, Penurunan (amblas) yang menyebabkan berkurangnya material pada permukaan bumi.

Dengan demikian dapat dipahami bahwa tenaga eksogen adalah tenaga pembentukan relief muka bumi melalui proses pengurangan atau juga penghancuran, karena proses tenaga eksogen ini menyebabkan berkurang ataupun hancurnya material yang susah ada melalui proses endogen.

Postingan populer dari blog ini

Jumlah Pemain Bola Voli Dalam Satu Regu

Jumlah Pemain Bola Voli Dalam Satu Regu - Permainan bola voli adalah olah raga yang sangat digemari oleh kaum laki-laki atau perempuan, dalam permainan ini jumlah pemain nya dibatasi dengan jumlah yang sedikit mengingat lapangan bola voli juga tergolong kecil, berbeda dengan sepak bola yang kita kenal dengan istilah kesebelasan. Jumlah pemain bola voli dalam satu regu maximal ada 6, sedangkan untuk jumlah minumum ada 4 orang.
Baca juga : Ukuran lapangan bola voli standar nasional

Aturan Jumlah Pemain Bola Voli dalam Satu Regu Setiap tim atau regu memiliki jumlah pemain 10 orang, 6 Orang pemain inti dan 4 orang pemain cadanagan. Pada saat pergantian pemain ketika pertandingan berlangsung tidak dibatasi.  Maksimal dalam satu pertandingaan harus ada 6 pemain inti. minimal 4 pemain. Jika kurang dari empat pemain, maka regu bersangkutan dianggap K.O.
Posisi Pemain Saat Pertandingan Bola Voli Posisi pemain ketika pertandingan berlangsung terbagi menjadi 3, diantaranya; 2 Pemain Smasher/spiker…

Tinggi Ring Basket Dari Lantai untuk Putra dan Putri

Tinggi Ring Basket Dari Lantai untuk Putra dan Putri - Ring basket merupakan sesuatu yang termasuk kedalam fasilitas bola basket. Ring basket juga merupakan poin penting dalam permainan bola basket karena ring adalah tempat di mana pemain harus menembak bola ke dalam rangka untuk mengumpulkan poin. Lalu berapakah tinggi ring basket ???
Pada psotingan ini kita akan sama sama mengkaji tinggi ring basket. Ring basket memiliki tinggi yang berbeda. Ketinggian resmi peraturan NBA ring basket adalah 10 kaki dari lantai atau 305cm, dan papan  3,5 kaki vertikal dan 6 kaki horizontal. Hoop berdiameter 18 inci. Ketinggian lingkaran itu adalah standar di semua tingkat bermain.
Baca Juga : Ukuran Lapangan Basket
National Basketball Association memiliki standar yang berbeda untuk hoops basket karena visibilitas dalam permainan dan sifat fisik atlet profesional. Papan pantul basket NBA terbuat dari kaca 1/4-inch-tebal dan 72 inci lebar 42 inci. Konektor terbuat dari  logam, dan lingkaran dan lingkar…

45 Butir-butir Pancasila

45 BUTIR-BUTIR PANCASILA - Sejak tahun 2003, berdasarkan Tap MPR No.I/MPR/2003, 36 butir pedoman pengamalan Pancasila telah diganti menjadi 45 butir butir Pancasila.  Tapi yang sangat disayangkan yaitu tidak adanya kebijakan pemerintah untuk memasukkanya ke dalam kurikulum pendidikan ataupun program doktrinasi lewat media. 
Namun, meski demikian tidak ada salahnya jika kita mengetahui bagaimana cara pengamalan Butir-butir Pancasila tersebut.  Berikut 45 Butir-butir Pancasila beserta contoh sikap yang mencerminkan pengamalannya:

45 BUTIR-BUTIR PANCASILA
A.  Ketuhanan Yang Maha Esa 1. Bangsa Indonesia menyatakan kepercayaanya dan ketaqwaanya kepada Tuhan Yang Maha Esa. 2. Manusia Indonesia percaya dan taqwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa, sesuai dengan agama dan kepercayaannya masing-masing menurut dasar kemanusiaan yang adil dan beradab. 3. Mengembangkan sikap hormat menghormati dan bekerjasama anatra pemeluk agama dengan penganut kepercayaan yang berbeda-beda terhadap Tuhan Yang Maha Esa…