Thursday, November 17, 2016

Sejarah Kerajaan Banjar

Sejarah Kerajaan Banjar - Kesultanan BANJAR ataupun kerajaan Banjarmasin adalah sebuah kerajaan yang berdiri sekitar tahun 1520 M, di hapuskan yang di lakukan oleh sepihak dari Belanda yang tepatnya pada tanggal 11 juni tahun 1860, namun rakyat banjar tetap lah mereka  mengakui adanya kerajaan besar yang di namakan banjar ini. Berakhir nya kerajaan banjar atapun kesultan banjar ini pada tanggal 24 Januari tahun 1995 Masehi.

sejarah lengkap tentang kerajaan banjar banjarmasin

Namun ketika tangga 24 Juli tahun 2010 kesultanan banjar ini di hidupkan kembali dengan tanda di lantiknya sultan yang bernama Sultan Khorirul Soleh. Yang tepatnya membangkitkan kembali masa keemasan yang pernah di rasakan oleh kerajaan banjar ini.

Baca Juga: Prasasti Peninggalan Kerajaan Banjar

Lokasi Keberadaan Kerajaan Banjarmasin

Kesultanan Banjar terletak pada posisi wilayah yang sekarang ini ada di daerah Kalimantan Selatan, di Indonesia. Yang termasuk pada daerah Banjar masin dan juga pada daerah ini juga saking luasnya kerajaan banjar ataupun kesultanan banjar ini bahkan masa luasnya terbentang pada letak daeir tanjung sambar sampai ke daerah pada tanjung aru. Kesultanan ini pun bermula di daerah banjarmasin yang ada di daerah Martapura, daerah Martapura ini pusat awalnya kerajaan Banjar sekaligus tempat dimana yang menjadi saksi masa kejayaan Kesultanan Banjar.

Kerajaan Banjar ini ketika masih ada di Ibu Kota Banjarmasin masih di Sebut dengan sebutan Kesultanan Banjar masin, sedangkan ketika di daerah lain di sebutlah kerajaan Banjarmasin, wilyaha yang menjadi tempat terluas ialah di daerah yang berbentuk kesultanan dan juga yang bebentuk kerajaan, keadipatian dan daerah yang kecil yang di pimpin oleh Suku Dayak.

Bendera Kerajaan Banjarmasin

Bendera dari Kesulatann Banjar ialah yang berwarna Kuning di atas warna Hitam dalam Bicolour Horisontal, ini di buat pada tanggal 15 bulan Januari Tahun 2011.

Sejarah Kerajaan Banjar ataupun Kesultanan Banjarmasin

Raja yang berkuasa di kerajaan Sukarama, merupakan raja yang pertama di Kerajaan Banjarmasin, dia telah berwasiat sebelum pergi pada anak dan cucunya, bahwa yang menjadi penggantinya sebagai menduduki tahta ialah cucu nya yang bernama Raden Samudera, dia merupakan anak dari Putrinya yaitu Putri Galuh Intan Sari.

Ayah dari Raden Samudera ialah merupakan Putra Raja dari Maharaja Sukarama, dan wasiat tersebut menyebabkan Raden yang bernama Raden Samudera terancam keselamatannya, dikarenakan apa? Karena jelas saja perebutan tahta membuat keluarga kerajaan menjadi ganas dan ingin saling menguasai, bahkan sampai pangeran Mangkubumi dan Pangeran Tumenggung juga ikut memperebutkan tahta tersebtu.

Pangeran Tumenggung di bantu oleh Pangeran Arya Taranggana, mengakibatkan Pangeran Smaudera pergi melarikan Diri dari kerajaan sampai ke daerah sebelah hilir sungai Barito. Setelah meninggalnya sukarama yang menjadi maharaja, maka jadilah pangeran Mangkubumi yang mewarisi tahta, karena pangeran samudera yang melarikan dirinya.

Semakin lama kerajaan banjar ini berdiri maka semakin berkembang juga, namun setelah lama, akhirnya pangeran samudra menyamar menjadi nelayan yang ada di daerah Balandean dan juga Kuin. Dengan ditampung oleh Seorang Patih yang masih ada di Rumahnya. Oleh patih bersamaan dengan Patih Muhur, di bantu di rawat dan di angkatlah menjadi raja yang berkedudukan di daerah Banjarmasin.

Kerjaan Banjar, untuk pertama kalinya di pimpin oleh raja Samudera dengan di beri gelar Sultan Suriansyah, ia pun akhirnya memiliki tahta dan menjadi orang yang pertama kali menyebarkan islam dan memasukan islam seraya di bimbing oleh Khatib Dayan, yang memang asalnya kerajaan banjar ini berbasis HINDU.

Baca Juga: Sejarah Kerajaan di Nusantara

Masa Kerajaan Banjar ataupun Kesultanan Banjarmasin

Kerajaan banjarmasin telah memulai hidup baru dengan mengalami masa kejayaan dan mencapai puncak kejayaan nya pada abad yang ke 17 dengan komoditas dari Dagang, secara perktis juga, bahwa kerajaan ini menguasai beberapa daerah yang sangat luas juga, dan juga salah satu dari keberhasilan kerajaan banjar ini ialah KETIKA kesultanan Banjar membayar upeti kepada sultan yang ada di Daeraah Kesultanan Demak, tetapi masa kesultanan ini tidak lagi mengirimkan upeti ketika pada masa Sultan Pajang.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Buku Sekolah
Buku Sekolah Updated at: 9:42:00 PM
Tags :

Related : Sejarah Kerajaan Banjar

0 komentar:

Post a Comment