Langsung ke konten utama

Sejarah Kerajaan Banten Lengkap

Sejarah Kerajaan Banten ataupun Kesultanan Banten - Kesultanan ataupun Kerajaan Banten merupakan suatu kerajaan yang berbasis islam dan juga suatu kerajaan yang tercatat sebagai kerajaan Islam di Tatar Pasundan ini. Kerajaan Banten ini di dirikan sejak dari awal tahun 1526 sampai dengan kurang lebih tahun 1522, disana di catat bahwa ada Pengaruh yang luas di daerah tersebut dari Kesultanan Cirebon dan juga dari Kesultanan Demak kala itu.

Pada tahun 1522 Masehi Kerajaan Banten ini pun ternayata dapat tempat dengan cara mempengaruhi daerah kawasan di Pelabuhan dan juga menjadikannya Pangkalan Militer serta pengawasan terhadap perdagangan untuk menjaga suatu perjanjian antara kerajaan Tatar Pasundan dan juga Portugis kala jaman itu.
Sejarah Kerajaan Banten Lengkap
Sejarah Kerajaan Banten Lengkap
Putra dari Sunan Gunung Jati atau sering di sebut dengan Maulana Hasanudin telah menjadi peran utama kala itu yaitu dengan menaklukkan pada kejadian perluasan kerajaan. Maulana ternyata mengembangkan benteng pertahanan Kerajaan Banten dan membuat nya menjadi kokoh dengan diberi nama Surosowan di dirikan dan di bangun tahun 1522 Masehi.
Baca juga : Sejarah Kerajaan Gajah Mada

Apa yang di buat oleh Maulana Hasanudin merupakan ciakal bakal di dirikannya suatu pusat kota atapun kerajaan di daerahnya ketika Kesultanan Banten menjadi kesultanan yang berdiri sendiri dengan luar biasa.

Akhirnya, selama kurang lebih 3 abad lamanya kesultanan banten dapat bertahan tanpa ada kendala sedikitpun. Bahkan dalam waktu 3 abad tersebut kesultanan banten mampu mencapai masa kejayaannya dengan sangat lama dan bertahan dengan luar biasa. Yang menjadi penyebab besar ialah kala itu terjadinya Penjajahan dalam Perang Dunia, lalu terjadinya perang saudara antara pemilik tahta dan pewaris kerajaan, juga kekuatan ekonomi politiknya semakin menurun yang diakibatkan oleh raja raja ataupun sultan sultan kala itu tidak lebih dari seorang raja yang ada di bawah kendali Kolonial Belanda.

Sejarah Berdirinya Kerajaan Banten

Sejarah datangnya islam pada daerah Kesultanan Banten, awalnya datang dari daerah Cirebon, Sunan Gunung Jadi atau sering di sebut Syekh Syarif Hidayatullah lah pembawa islam ke daerah banten, dengan Pangeran Walangsungsang pun pernah melantunkan Sya’iran islam di Wilayah Kerajaan Banten.

Bahasan agama yang membuat masyarakat menarik dengan Islam ialah ketika Syekh Syarif menerangkan bahwa “jihad itu tidak lah harus melawan musuh dengan berperang, namun jihad juga bisa di lakukan dengan melawan hawa nafsu, bahkan inilah jihad yang sesungguhnya dan pahala nya paling besar”.

Pada saat Syekh sedang berada di pesisir pantai, beliau bertemu dengna Nyai Kawung Anten yang merupakan Putera sang Surosowan di Kerajaan Banten, lalu keduanya menikah dan di karunai Dua Orang anak, yaitu Ratu Winaon dan juga Pangeran Maulana Hasanuddin. Ketika itu, memang sang Surosowan tidak lah memeluk agama islam, namun sangatlah toleran pada pemeluk agama islam yang datang ke sana untuk mendatangi Wali.

Syekh syarif pun kembali ke pada Kesultanan Cirebon yang memang menerima tanggung jawab sebagai pewaris tahta kerajaan dan juga penguasanya tepatnya pada tahun  1478 Masehi, dan beliau pun pulang setelahnya rapat dengan para wali songo bahwa Sunan Gunung Jati lah sebagai penguasa ataupun pemimpin dari pada Wali.

Puncak Kejayaan Kerajaan Banten

Kerajaan Banten ini adalah kerajaan yang mengandalkan Perdagangan sebagai Penopang Perekonomian nya, dan dikarenakan adanya Monopoli perdagangan Lada di Lampung, membuat pedagang dan juga Kesultanan Banten sangatlah berkembang pesat. Bahkan di ceritakan bahwa Perdagangan lautnya pun berkembang sampai ke Persia, Siam, India, Filipina, Vietnam, Jepang dan China.

Pada masa puncak kejayaan ini saat di pimpinnya kerajaan banten oleh Sultan Ageng Tirtayasa yang bertahta dari tahun 1651 sampai dengan 1682 Masehi. Beliau dapat memberikan kesan yang luar biasa saat memimpin, juga dapat menjaga keamanan dan stabilitas Kerajaan yang ada saat itu.

Akhir atau Masa Kehancuran dan Penghapusan Kesultanan Banten

Akhir dari cerita ataupun kisah dari perjalanan kerajaan Banten ini ialah ketika adanya Perang Saudara yang memperebutkan tahta dan pewaris kerajaan kala itu, namun ketika kejadian itu berlangsung ada pula yang memanfaatkan nya dengan cara licik, yaitu tahun 1808 Herman Willem sebagai Gubernur Jendral Hindia Belanda yang memerintahkan untuk membangun Jalan Raya Pos.
Kalah itu mempunyai rencana agar Kerajaan di Pulau Jawa tidak kena dengan serangan Inggris, lalu dia menyuruh Kesultanan Banten untuk mengerahkan Pasukanya membangun rencananya itu, tapi sultan menolaknya.

Dan sebagai imbalannya dia sakit hati lalu menyerkap seluruh keluarga kerajaan sampai akhirnya di asingkan dan di umumkannya bahwa kesultanan banten sudah lenyap dan juga sudah ada di bawah naungan Hindia Belanda.

Postingan populer dari blog ini

Jumlah Pemain Bola Voli Dalam Satu Regu

Jumlah Pemain Bola Voli Dalam Satu Regu - Permainan bola voli adalah olah raga yang sangat digemari oleh kaum laki-laki atau perempuan, dalam permainan ini jumlah pemain nya dibatasi dengan jumlah yang sedikit mengingat lapangan bola voli juga tergolong kecil, berbeda dengan sepak bola yang kita kenal dengan istilah kesebelasan. Jumlah pemain bola voli dalam satu regu maximal ada 6, sedangkan untuk jumlah minumum ada 4 orang.
Baca juga : Ukuran lapangan bola voli standar nasional

Aturan Jumlah Pemain Bola Voli dalam Satu Regu Setiap tim atau regu memiliki jumlah pemain 10 orang, 6 Orang pemain inti dan 4 orang pemain cadanagan. Pada saat pergantian pemain ketika pertandingan berlangsung tidak dibatasi.  Maksimal dalam satu pertandingaan harus ada 6 pemain inti. minimal 4 pemain. Jika kurang dari empat pemain, maka regu bersangkutan dianggap K.O.
Posisi Pemain Saat Pertandingan Bola Voli Posisi pemain ketika pertandingan berlangsung terbagi menjadi 3, diantaranya; 2 Pemain Smasher/spiker…

Tinggi Ring Basket Dari Lantai untuk Putra dan Putri

Tinggi Ring Basket Dari Lantai untuk Putra dan Putri - Ring basket merupakan sesuatu yang termasuk kedalam fasilitas bola basket. Ring basket juga merupakan poin penting dalam permainan bola basket karena ring adalah tempat di mana pemain harus menembak bola ke dalam rangka untuk mengumpulkan poin. Lalu berapakah tinggi ring basket ???
Pada psotingan ini kita akan sama sama mengkaji tinggi ring basket. Ring basket memiliki tinggi yang berbeda. Ketinggian resmi peraturan NBA ring basket adalah 10 kaki dari lantai atau 305cm, dan papan  3,5 kaki vertikal dan 6 kaki horizontal. Hoop berdiameter 18 inci. Ketinggian lingkaran itu adalah standar di semua tingkat bermain.
Baca Juga : Ukuran Lapangan Basket
National Basketball Association memiliki standar yang berbeda untuk hoops basket karena visibilitas dalam permainan dan sifat fisik atlet profesional. Papan pantul basket NBA terbuat dari kaca 1/4-inch-tebal dan 72 inci lebar 42 inci. Konektor terbuat dari  logam, dan lingkaran dan lingkar…

45 Butir-butir Pancasila

45 BUTIR-BUTIR PANCASILA - Sejak tahun 2003, berdasarkan Tap MPR No.I/MPR/2003, 36 butir pedoman pengamalan Pancasila telah diganti menjadi 45 butir butir Pancasila.  Tapi yang sangat disayangkan yaitu tidak adanya kebijakan pemerintah untuk memasukkanya ke dalam kurikulum pendidikan ataupun program doktrinasi lewat media. 
Namun, meski demikian tidak ada salahnya jika kita mengetahui bagaimana cara pengamalan Butir-butir Pancasila tersebut.  Berikut 45 Butir-butir Pancasila beserta contoh sikap yang mencerminkan pengamalannya:

45 BUTIR-BUTIR PANCASILA
A.  Ketuhanan Yang Maha Esa 1. Bangsa Indonesia menyatakan kepercayaanya dan ketaqwaanya kepada Tuhan Yang Maha Esa. 2. Manusia Indonesia percaya dan taqwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa, sesuai dengan agama dan kepercayaannya masing-masing menurut dasar kemanusiaan yang adil dan beradab. 3. Mengembangkan sikap hormat menghormati dan bekerjasama anatra pemeluk agama dengan penganut kepercayaan yang berbeda-beda terhadap Tuhan Yang Maha Esa…