Thursday, November 17, 2016

Sejarah Kerajaan Borobudur

Sejarah Kerajaan Candi Borobudur  - Candir Borobudur merupakan sebuah candi Budha yang ada di Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang Provinsi Jawa Tengah Negara Indonesia. Candi ini pun masuk pada 7 Keajaiban Dunia yang telah di akui oleh Dunia kita ini.

Candi Borobudur atau Kerajaan Borobudur ini merupakan Bentuk Stupa yang tidak lain didirikan oleh penganut agama budha yang masa di itu di sebut Mahayana berkisaran tahun 800 masehian. Pada saat Yogyakarta di pimpin oleh Pemerintahan Wangsa Syailendra. Kerajaan borobudur ini juga merupakan sebuah kuil budha yang terbesar di dunia ini, Juga merupakan suatu monumen budha terbesar juga di Dunia ini, Bahkan sampai banyak ribuan artis yang datang dari luar negeri untuk mendatangi kerajaan borobudur ini.

 Baca Juga: Sejarah Candi Borobudur Lengkap


candi borobudur

Lokasi Kerajaan Candi Borobudur

Lokasi kerajaan borobudur ini ialah di sebelah Barat daya Semarang yang letaknya kurang lebih 100 KM, juga di sebelah barat surakarta kurang lebih jauh nya 86 KM. Bahkan dari data yang ada, banyaklah setiap harinya orang yang mengunjungi kerajaan borobudur tersebut.

Perkembangan Kerajaan Borobudur atau Candi Borobudur

Monumen dari kerajaan borobudur ini terdiri dari 6 tingkatan atau 6 teras, yang berbentuk bujur sangkar di atasnya juga ada tiga peralatan yang melingkar, pada dinding yang dihiasi 2.672 buah panel relief di pinggirnya, dan aslinya juga ada 504 arca Budha yang ada. Yang menjadi unik juga bahwa borobudur ini memiliki koleksi relief budha paling banyak di dunia ini.

Stupa yang ada dan paling besar juga merupakan pemimpin dari segala jenis stupa yang ada ini ada di tengah dan sekaligus menjadi mahkota bangunan ini, di kelilingi oleh 72 stupa berlubang yang ada stupanya di dalamnya.

Konon katanya, kerajaan borobudur di bangun agar menjadi pusat dari peradaban budha di dunia ini, dan kalau dalam islam berarti itu kota mekkah nya. Dan juga ini merupakan model dari alam semesta yang di namakan juga tempat suci yang mensucikan budha juga sebagai tempat berziarah bagi penganutnya. Jika para sahabat pernah kesana, maka kita akan memasuki daerah itu dari sebelah timur nya dan jika penganut budha adakn memulai ritual ziarah nya dari dasar candi dengan berjalan melewati batas suci dari bangunan ini searah dengan pergerakan jarum jam.

Runtuhnya Kerajaan Borobudur 

Menurut ahli sejarah berkata bahwa Kerajaan Borobudur, ataupun candi Borobudur ini di tinggalkan ketika melemahnya peradaban Agama Budha borobudur kala itu. Dan seiring berjalannya waktu, akhirnya runtuh lah borobudur di karenakan faktor utama yang menjadi alsannya ialah mulai menyebar luasnya pengaruh masuknya agama islam ke nusantara kita ini dan pertama kali menyebarnya ialah di tanah Jawa.

Memang dunia pun mulai menyadari bahwa adanya bangunan kerajaan borobudur ini sudah dari tahun 1818 oleh Sir Thomas Stamford Raffles yang ketika itu menjadi sang Gubernur di inggris atas kuasa jendral di Pulau Jawa. Sehingga saat menyebarnya islam memang sudah lama nya berdiri di indonesia ini dengan tahap kejayaannya sendiri.

Baca Juga: Sejarah Candi Prambanan

Pernahlah Borobudur ini di perbarui dan melewati proyek pemugaran terbesar yang pernah ada, saat itu kurang lebih tahun 1975 sampai tahun 1982 karena upaya dari pemerintahan Republik Indonesia dan juga UNESCO kemudian ini menjadi situs besar yang termasuk dalam daftar Situs Warisan Dunia.

Hingga saat ini pula kerajaan Borobudur ini masih lah banyak di gunakan untuk penziarah dari agama Umat Budha dan berbagai orang pun datang untuk memperingan Trisuci Waisak. Borobudur juga merupakan objek wisata yang tunggal yang sangat paling banyak di cari dan di kunjungi oleh Wisatawan baik dari Indonesia maupun dari mancanegara.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Buku Sekolah
Buku Sekolah Updated at: 10:06:00 PM
Tags :

Related : Sejarah Kerajaan Borobudur

0 komentar: