Thursday, November 17, 2016

Sejarah Kerajaan Ciamis (Kerajaan Panjalu)

Sejarah Kerajaan Ciamis - Kerajaan Ciamis, pernahkah kalian mendengar kerajaan ini? Ya tentu saja yang sekarang banyak kita kenal sebagai daerah Panjalu itu merupakan daerah yang dulunya menjadi letak dari pada pusat kerajaan Ciamis berada.

Kerajaan ciamis ataupun yang kita kenal dengan sebutan Panjalu ini terletak di ketinggian hampir 731 Meter dibawah pusat laut dan juga berada di kaki gunung Sawal yang tingginya hampir 1764 Meter DPL, di Daerah Jawa Barat. Letak kerajaan ini juga sangat lah strategis, dimana tidak perlu lagi membuat benteng yang kokoh, karena kerajaan ini telah di bentengi oleh 2 pegunungan yang berdiri kukuh di  sebelah selatan dan juga timur kerajaan.

Baca Juga: Baca Juga Sejarah Wali Songo Lengkap

2 gunung yang mengapit dan membentengi kerajaan ciamis ini tidak lain adalah Gunung Sawal yang ada di daerah Timur Kerajaan dan juga Gunung Cakrabuana di sebelah Barat kerajaan. Gunung Cakrabuana ini menjadi batas bagi kerajaan Sumedang Larang dan juga Gunung Bitung yang menjadi Batas di Kabupaten Ciamis dengan Majalengka yang tidak lain lagi dulunya merupakan Batas Kerajaan Panjalu dan Kerajaan Talaga.


sejarah panjalu kerajaan ciamis

Asal Usul dari kerajaan Pajalu

Asal mula dari kerajaan Panjalu ini ialah kata panjalu berasal dari kata Jalu atau orang sunda menyebutnya dengan arti janta, jago ataupun maskulin, yang didahului dengan kata pan ialah karena denga bahasa sunda di sebut dengan pendekar.

Ada juga sebagian orang yang menyebutkan bahwa kerajaan panjalu di lihat dari katanya ialah perempuan artinya, karena berasal dari kata pan dan jadu sedang kan dalam kata pan ini dalam bahasa iniggris di katakan fame yang artinya ialah perempuan, juga dalam kata panjalu ini mengandung arti perempuan dan laki-laki, konon katanya juga di jelaskan dalam sejarah kerajaan bahwa kerajaan panjalu ini pernah ada dalam pimpinan raja yang bernama Ratu Permanadewi.

Kerajaan panjalu yang ada di daerah ciamis merupakan kerajaan penerus dari kerajaan Kediri, yang ada di Jawa Timur. Kerana ada yang mengatakan bahwa kerajaan Maharaja Kertajaya adalah raya yang tewas terakhir di dalam jajahan tangannya ken arok. 

Pada tahun ke 1222 di katakan bahwa sisa sisa dari keluarga dan pengkut kerajaan itu melarikan diri ke daerah kawasan panjalu yang ada di ciamis sekarang. Itu lah yang menjadi sebab mengapa kedua kerajaan tersebut mempunyai nama yang sama, dan penerus dari kerajaan panjalu ciamis ini adalah penerus dari peradaban panjalu yang ada di daerah kediri.

Ibu Kota Panjalu

Letak dari ibu kota panjalu, di catat dalam sejarah bahwa letaknya memang berpindah pindah dari satu tempat ke tempat lain, ini pun menandakan bahwa memang banyak sekali peninggalan peninggalan pada zaman kerajaan Panjalu ini. Beberapa lokasi diantaranya menjadi pusat dari kerajaan ataupun ibu kota dari kerajaan panjalu ini ialah daerah ciamis.

Yang menjadi pusat dalam kegiatan setiap hari di kerajaan ini yaitu pada karatenan Gunung Sawal, disanalah pusat kerajaan panjalu berada kala itu. Dan juga pada sejarah di katakan bahwa pada masa kekuasaanya Batara Tesnajati ketika Kerajaan Panjalu mencapai masa keemasannya.

Baca Juga: Sejarah Kerajaan Gunung Galunggung Lengkap

Peninggalan Kerajaan Panjalu atapun Kerajaan Ciamis

Pada Gunung Sawal terdapat suatu peninggalan yang menandakan pernah adanya peradaban kerajaan Panjalu Ciamis, dan di sana terdapaat sebuah Batu dan juga Mata Air Suci, batu itu pun sekarang menjadi Situs Megalitik yang banayk ukurannya sampai dengan kira2 banyak macam dan bentuknya.

Banyak di duga bahwa batu ini memang dulu nya di pakai untuk ketika ada acara keagamaan, upara dan termasuk penobatan raja yang menduduki tahta di kerajaan panjalu tersebut, mungkin juga suka digunakan dengan penobatan sebagai maharaja kerajaan panjalu kala itu.

Raja Raja Kerajaan Ciamis

Berikut di bawah ini yang menjadi pusat kerajaan panjalu yang sekarang terdapat dalam sejarah:

1.Sri Manggelong di Kubang Kelong, Rinduwangi
2.Sri Manggulang di Cipalika, Bahara
3.Kebo Patenggel di Muhara Cilutung, Hujungtiwu
4.Sri Keukeuh Saeukeurweuleuh di Ranca Gaul, Tengger
5.Lembu Dulur di Giut Tenjolaya, Sindangherang
6.Sang Bukas Tangan di Citaman, Citatah
7.Batara Terus Patala di Ganjar Ciroke, Golat
8.Sang Ratu Lahuta di Gajah Agung Cilimus, Banjarangsana
9.Sri Pakuntilan di Curug Goong, Maparah
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Buku Sekolah
Buku Sekolah Updated at: 9:58:00 PM
Tags :

Related : Sejarah Kerajaan Ciamis (Kerajaan Panjalu)

0 komentar:

Post a Comment