Thursday, November 17, 2016

Sejarah Kerajaan di Nusantara

Sejarah Kerajaan di Nusantara Kerajaan yang ada di Indonesia ini begitu banyak dan sangat banyak, dari mulai peradaban pertama sampai ke peradaban terakhir banyak lah sejarah yang mencatat dan bukti yang membuktikan bahwa kerajaan kerajaan tersebut memang benar adanya dan pernah berdiri dengan masing masing saling merasakan masa masa kejayaan dan kehancurannya. Alangkah luar biasa nya jika kita sebagai rakyat indonesia ingin mengetahui bagaimana sejarah yang pernah terjadi di negeri tercinta ini sebelum ada segala hal yang kita lihat sekarang ini.

Berikut pada artikel ini lah akan saya paparkan sejarah kerajaa di nusantara yang pernah ada dari awal sampai akhir berdirinya kerajaan yang ada.

Baca Juga: Sejarah Kerajaan Islam Tertua di Indonesia


Sejarah Kerajaan di Nusantara


Kerajaan Indonesia Pada Zaman Hindu Budha 

Sudah menjadi kemasyhuran bahwa memang yang pertama kali menduduki tahta di tanah nusantara ini sebagai kerajaan ialah di kuasai oleh Kerajaan yang bercorak Hindu dan Budha, dengan sistem perekonomian yang berkembang pesat kala itu ialah perdagangan. Dikarenakan perdagangn itu lah dengan mudahnya kita dan Negara tetangga bisa lebih mudah melakukan kerjasama dalam perkembangan perdagangan, bahkan sampai ke negara yang jauh seperti Negara India, Cina dan wilayah Negara yang ada di Timur Tengah pun bisa menjalin kerjasama yang begitu baik dan berkembang.

Awal perkembangan ada nya kerajaan Hindu dan Budha ini di awali dari tahun awal perkiraan mulai Tarikh Masehi dan terus saja berkembang sampai ke Kerajaan Kerajaan Islam yang terus bermunculan. Namun jika di bandingkan kerajaan hindu dan budha yang menjadi paling utama ada di Nusantara ini ialah peradaban dari Kerajaan Hindu.

Nama – Nama Kerajaan Hindu dan Budha di Nusantara

Kerajaan Hindu yang ada di indonesia sangat lah banyak, dan sekarang di antara nya akan saya rincikan Nama – Nama Kerajaan Hindu di Indonesia :

1. Kerajaan KUTAI
Kerajaan KUTAI merupakan Kerajaan yang tertua di INDONESIA, di daerah Kalimantan Timur di dirikan pada tahun 400 Masehi di dekat Tepi Sungai MAHAKAM. Raja raja kerajaan Kutai ini yaitu Kadungga yang merupakan raja pertama lalu Mulawarman dan Asmawarman.

Baca Selengkapnya: Sejarah Kerajaan Kutai Lengkap

2. Kerajaan TARUMANEGARA
Kerajaan Tarumanegara adalah kerajaan HINDU ke dua yang ada di INDONESIA, kerajaan ini di dirikan pada tahun 450 masehi. Dan ada di daerah Jawa Barat.

3. Kerajaan KALING
Kerajaan Kaling ini di dirikan di daerah Jawa Tengah, Jepara. Di sana di pimpin oleh Ratu SIMA, dan juga pendeta yang terkenal yaitu Lhanabhadra, didirikan pada tahun ke 674 masehi.

4. Kerajaan SRIWIJAYA
Kerajaan yang di namakan SRIWIJAYA ini merupakan kerajaan yang di dirikan kurang lebih pada abad ke 7 di daerha Sumatra, namun kerajaan ini bercorak BUDHA dan telah di perintah atau di rajai oleh Raja Balaputradewa, sri jayanag dan guru agama budha yang sakti yaitu Sakyakitri.

5. Kerajaan MELAYU
Kerajaan ini di dirikan pada tahun ke 692 dan hampir sama juga ketika berdirinya kerajaan Sriwijaya, namun tidak lain kerajaan melayu ini pun telah di kuasai oleh kerajaan sriwijaya.
6. Kerajaan MATARAM
Kerajaan ini merupakan kerajaan yang bercorak hindu, dan di dirikan di tengah ibukota Medasng Kamulna. Ini merupakan Mataram hindu yang di pimpin oleh pemilik tahta pertama yaitu Sarna, Sanaya, dan Sanjaya. Namun kerajaan ini terpecahkan menjadi 2 bagian, dimana ini di sebabkan oleh pemipinnya yang bertolak belakang, yang satu ada yang beragama budha dan yang satu lagi ada yang beragama hindu.

Baca Selengkapnya: Sejarah Kerajaan Mataram Lengkap


7. Kerajaan WANGSA ISYANA EMPU SENDOK
Kerajaan ini merupakan pengalihan kerajaan yang di lakukan oleh Pusat Pemerintahan di Syailendra dari Mataram ke Jawa Timur. Kerajaan ini di alihkan pada tahun ke 929 masehi, dan di pimipn langsung oleh Mpu Sendok yang bergelar sebagai Maha Raja Rake Hino.

8. Kerajaan KEDIRI
Kerajaan kediri ini berdiri kokoh di bawah pemerintahannya RAJA MAPANJI GARAKASAN. Kerajaan kerdiri ini berdiri kurang lebih sampai tahun 1520, yang kemudian selanjutnya kerajaan itu tidak lagi di sebut atau di abadikan dalam catatan sejarah selama kurang lebih 2 abad berkembang. Kerajaan Kediri juga sering di sebut sebagai Kerajaan Janggala.

9. Kerajaan BALI
Kerajaan ini sangatlah terkenal dengan kekentalan dan kemurniannya dan lekatnya agama HINDU sebagaimana yang kita tahu sekarang di Bali. Raja yang terkenal di kerajaan bali ialah WARMADEWA, UDAYANA dan AIRLANGGA.

Baca Lengkap: Sejarah Kerajaan Bali Selengkapnya

10. Kerajaan SINGASARI
Kerjaan ini siapa yang tidak tahu? Ya kerajaan inilah yang di pimpin oleh KEN AROK dan raja raja di singasari yang banyak di ceritakan dalam sejarah, bahkan kisahnya pun sampai di film kan. Wasilah berdirinya kerajaan ini di karenakan kerajaan Kediri yang telah berhasil di jatuhkan pada tahun 1222 masehi.

Raja yang terkenal di kerajaan singasari ialah ken arok sebagai pendiri pertama, wangsa rajasa keturunan pertama ken arok, anusapati anak dari tunggul ametung yang menikah dengan ken dedes, atau anak tiri dari ken arok. Mengenai kisah dair kerajaan ini sangatlah unik, silahkan anda bisa baca masih di website ini dan saluran yang sama yaitu di kategori sejarah.

11. Kerajaan Majapahit
Kerajaan ini merupakan kerajaan yang bercorakkan hindu, didirkan pada tahun 1292 oleh KERTARAJASA sang maharaja yang menduduki tahta pertama di majapahit. Kerajaan majapahit kala itu banyak memimpin beberapa kerajaan yang kecil di daerahnya, salah satu nya ada yang mempunyai kerajaan sendiri sebagai seorang mahapatih yaitu GAJAH MADA, jika ingin tahu bagaimana kerajaan GAJAH MADA sejarahnya maka silahkan anda cari di website ini dengan kategori sejarah.

Nama – nama kerajaan ISLAM di Nusantara

Kerajaan yang ada di Nusantara yang bercorak islam banyak sekali, namun yang akan saya bahas hanyalah kerajaan yang memang sering di cari dalam sejarah, berikut nama – nama dan sejarah kerajaan yang bercorak islam di Indoneisa :

1. Kerajaan Samudera Pasai
Banyak orang yang menyebut bahwa kerajaan samudera pasari adalah kerajaan islam yang pertama kali ada di indonesia, namaun ada juga yang menyebutkan bahwa ada kerajaan islam yang telah berdiri sebelum adanya kerajaan samudera pasai ini namun sayangnya sejarah tidak mampu menolehnya.

2. Kerajaan Demak
Kerajaan ataupun kesultanan demak ini di dirikan oleh salah satu walisongo, melalui target penyebaran dalam dakwahnya, akhirnya sultan pun mendirikan sebuah kerajaan islam demak yang ada dan berpusat langsung di Tengah Kota demak yang sekarang kita tahun peninggalan paling terjaganya yaitu mesjid agung DEMAK.

Baca Juga: Sejarah Kerajaan Demak Lengkap

3. Kerajaan Pajang Jaka Tingkir
Jaka tingkir mendirikan kerajaan pajang dengan cara mengalahkan kerajaan demak, dan saat ini banyak sekali sejarah yang menguak tentang kerajaan jaka tingkir.

4. Kerajaan Mataram Islam
Peradaban dari runtuhnya kerajaan mataram hindu, maka muncullah waktu itu kerajaan Mataram Islam yang menjadi pusat peradaban umat islam yang ada di daerah mataram kala itu, ini pun menunjukkan bahwa kiprah penyebaran agama islam mulai sangatlah luas apalagi di pulau jawa.

5. Kerajaan Banten
6. Kerajaan Malaka
7. Kerajaan ACEH
8. Kerajaan Ternate
9. Kerajaan Tidore
10. Kerajaan Makasar
11. Kerajaan Banjar

Dalam bagian ini, sengaja tidak saya paparkan dengan jelas, di karenakan semuanya tersedia dalam website ini mengenai segala jenis bentuk sejarah yang lengkap yang ada mengenai kerajaan yang bercorak islam tersebut.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Buku Sekolah
Buku Sekolah Updated at: 10:12:00 PM
Tags :

Related : Sejarah Kerajaan di Nusantara

0 komentar: