Thursday, November 17, 2016

Sejarah Kerajaan Galunggung Tasikmalaya

Sejarah Kerajaan Galunggung Tasikmalaya Kerajaan Tasikmalaya Jawa Barat ada yang terkenal dengan kerajaan GALUNGGUNG, pernahkah kalian mendengar kisah sejarah tentang kerajaan tersebut? Ya tentu saja pasti, apa lagi banyak nya orang tasik yang sekarang tinggal di daerah tasikmalaya tersebut.

Namun, saya membuat artikel ini agar tidak hanya orang tasikmalaya saja yang tahu akan kerajaan galunggung yang pernah berdiri sekitar beberapa ratus tahun yang lalu sebelum kita hidup. Kerajaan Galunggung ini yang sekarang kita lihat ada di Sekitar Gunung Galunggung yang dulunya mempunyai ibu kota kerajaan yang ada di daerah RUMATAK, Tasikmalaya kala itu.

Keelokan dari Kerajaan Galunggung ini pun cukup istimewa dan menarik, mengapa? Karena dengan di kuasai nya kerajaan oleh Raja GALUH akan syah apabila mendapatkan persetujan yang ada di Batara dengan Amanah Galunggung. Kebataraan ini juga memberikan amanat langsung pada calon maharaja yang akan memipin kala itu.

sejarah gunung galunggung


Gunung Galunggung ini menjadi saksi akan adanya kerajaan galunggung yang dulu pernah berdiri, ada juga salah satu tempat suci yang di jadikan oleh mereka sebagai pusat pendidikan kala itu, apa bila ada orang ataupun musuh yang masuk ke dareah itu berarti kerajaan galunggung di nyatakan telah runtuh dan hancur.

Batara dan Kebataraan yang ada di Kerajaan Galunggung –

Batara dari Kerajaan Galunggung diantaranya yaitu sebagai berikut :

1.Batara Danghiyang Guru Sempakwaja

Perlu di ketahui bahwa kerajaan galunggung membawahi kurang lebih 12 kerajaan yang kecil di daerah sekitar tasikmalaya. Kebataraan yang ada di bawah kerajaan galunggung yang paling terkenal oleh masyarakat ialah kerajaan kajaron dan juga kerajaan kalanggara.

Ada tokoh sang batara yang menjadi puncak yang menjadi teladan bagi batara lain, yaitu yang di namakan BATARA DANGHIYANG GURU SEMPAKWAJA sampai ke tahun 729. Beliau di lahirkan pada tahun ke 620 masehi, selain dari batara utama, dia juga merupakan putra sulung dari raja galuh yang pertama yaitu wretikandayun. 

Meskipun dia tidak di ketahui nama aslinya, tapi ada orang yang memberinya nama karena giginya yang ompong, karena itu juga ia menjadi orang yang tidak jadi mewarisi tahta kerajaan galunggung.

Ia di karunai putra 2 orang, diantara nya yang pertama pubasora yang lahir pada tahun 643 masehi dan lalu melanjutkan dan merebut tahta kerajaan galuh. Dan yang ke dua putra nya yaitu DEMUNAWAN yang lahir pada tahun 646 masehi. Sosok yang di kagumi dari BATARA Dahiyang yaitu orangnya sangatlah sabar, di ceritakan bahwa dia mempunyai permaisuri yang berselingkuh dengan adiknya sendiri.

Bahkan hasil dari hubungannya itu sendiri yang namanya AMARA, hasil dari hubungannya itu adalah anak yang di beri nama BRATASANEWA, lalu di urus oleh Amara sampai besar. Dari semua itu dia menjadi orang yang sangat di sayangi oleh semua orang, juga menjadi teladan bagi semua orang.

2.RESIGURU SUDAKARMAWISESA

Sampai tahun ke 1111 masehi, dia menduduki tahta yang ada di kerajaan Galunggung. Beliau telah memiliki permaisuri yang di namakan Dewi Citrawati sebagai puter ke dua dari Batara Hiyang Purnawijaya.

3.Dewi Citrawati bertahta dari tahun 1111 sampai tahun 1152

Setelah suami nya menjadi pemimpin tahta di galunggung, di lanjutkanlah oleh permaisuri nya, yaitu Dewi Citra, dia pun di berikan gelar Batari Hyang Janapati yang di fungsikan sebagai Raja di daerah kerajaan Bawahan Sunda. Pada kepemimpinannya dewi citra berhasil membuat sebuah prasasti yang kini menjadi bukti pernah berdirinya kerajaan galunggung, di tanggal 21 agustus tahun 1111 yang di dalamnya menuliskan bahwa dia pernah menjadi pemilik tahta galunggung.

Hingga sekarang prasasti tersebut menjadi penghias koleksi di musem jakarta. Lalu prasasti itu pun di sebut prasasti geger hanjuang.

4.Batara Danghyang Guru Darmawiyasa dari tahun 1152 sampai tahun 1157
5.Sri Gading Anteg yang bertahta di daerah yang sekrang menjadi daerah SALOPA, TASIKMALAYA.
6.Dalem Sukakerta yang berpimpin pada saat Raja Pajajaran menggantikan tahta pada Prabu Siliwangi
7.Dalem Sentawoan atau sering di sebut sebagai Prabu Rajadipuntang menjadi raja ketika galunggung telah bebas dari cekalan kerajaan PAJAJARAN.

Itulah nama nama batara yang masa itu ada di daerah kerajaan galunggung ataupun tasikmalaya yang sekarang menjadi kota yang sangat pesat perkembangannya.

Perkembangan yang Melanjuti dari Wilayah Kerajaan Galunggung

Kerajaan galunggung ini mengalami masa pergolakan dalam perkembangannya yang luar biasa, dimana kerjaan itu merasakan perkolakan perkembangan selama kurang lebih 10 tahun yang lama. Dengan adanya kerajaan galunggung ini yaitu persaingan tiga kekuatan besar yang ada di pulau jawa pada masa itu, antara lain yaitu MATARAM, BANTEN dan VOC yang berkediaman di Batavia.

Dan akhirnya dari Pergolakan inilah yang menjadi sebab musabab terambilnya kerajaan Galunggung ini oleh kekuasaan yang ada di Kerajaan MATARAM.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Buku Sekolah
Buku Sekolah Updated at: 10:24:00 PM
Tags :

Related : Sejarah Kerajaan Galunggung Tasikmalaya

0 komentar:

Post a Comment