Saturday, November 19, 2016

Struktur Tanah

Struktur Tanah - Tanah merupakan salah satu unsur yang mempengaruhi terbentuknya bumi yang terStruktur tanah dari ribuan gumpalan kecil dan dari butiran-butiran tanah. Tanah juga ter struktur dari beberapa mineral dan juga beberapa organisme makhluk hidup yang terdapat didalamnya. Gumpalan struktur dari tanah itu terjadi karena adnya butir-butir pasir, debu, dan tanah liat yang terikat satu sama lain oleh perekat seperti beberapa bahan organic, bahan-bahan oksida-oksida besi, dan lain-lain. 

Struktur Tanah

Gumpalan-gumpalan kecil ini mempunyai bentuk serta ukuran dan kemamtapan atau ketahanan yang berbeda-beda. Contohnya tanah yang berada di daerah curah hujan yang tinggi, umumnya ditemukan struktur tanah yang remah atau granuler dipermukaan dan menggumpal di horizon bawah. Selanjutnya tanah yang berada Di daerah yang kering, sering di jumpai tanah dengan struktur tiang atau prisma di lapisan bawah. Baca lebih lengkap Pengertian dari Tanah

Penyebab Perbedaan Struktur Tanah

Pengertian tentang sebab-sebab perkembangan struktur yang terdapat didalam tanah perlu dipahami dengan benar, karena struktur tanah adalah faktor yang sangat mempengaruhi pertumbuhan dari tanaman dan dapat pula berubah-ubah karena adanya pengaruh mekanis dari luar misalnya dari proses pengolahan tanah. Anda dapt membayangkan struktur tanah dari persawahan yang massif dan keras dapat berubah menjadi tanah Lumpur dikarenakan anda pembajakan dan penggaruan oleh manusia. Atau juga dari tanah pasir yang berbuti-butir menjadi komplex tetapi lunak, struktur tamah tersebut dapat berubah-ubah kearah yang lebih sesuai bagi pertumbuhan tanaman atau sebaliknya.

Pengaruh terhadap pertumbuhan tanaman karenah struktur dan tekstur dari tanah terjadi secara berlangsung-langsung. Struktur tanah yang remah atau ringan atau juga gembur pada umumnya akan menghasilkan laju pertumbuhan pada tanaman pakan dan produksi persatuan waktu yang lebih tinggi dibandingkan dengan struktur tanah yang padat.

Agregat primer tersusun dari butir-butir mineral atau pecahan batuan berbagai bentuk dan ukuran yang diselaputi oleh senyawa-senyawa hasil pelapukan. Senyawa hasil pelapukan mineral dan pecahan batuan terdiri dari koloid tanah, senyawa kapur, senyawa besi dan almunium yang bertindak sebagai perekat yang menggabungkan agregat-agregat primer. Baca juga Proses Terbentuknya Tanah

Penggabungan agregat primer menjadi bentukan yang masing-masing bentukan tersebut dibatasi oleh bidang-bidang permukaan tertentu. Agregat primer sering disebut struktur mikro, sedangkan agregat sekunder yang merupakan struktur lapisan olah disebut struktur makro.

Dapat disimpulkan bahwa struktur dari tanah merupakan salah satu fakto atau penyebab dari pertumbuhan sebuah tumbuhan yang kemungkinan mengacu dari adanya struktur dari tanah dan juga unsur yang terdapat didalam tanah yang selanjutnya akan memproses pertumbuhan dari sebuah tumbuhan, selain dari struktur tanah ada juga faktor lain yang mempengaruhi pertumbuhan dari tanaman yaitu keadaan dari iklim atau cuaca yang juga mempengaruhi pertumbuhan dari tamanan tersebut.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Buku Sekolah
Buku Sekolah Updated at: 2:57:00 PM

Related : Struktur Tanah

0 komentar: