Langsung ke konten utama

Struktur Tanah

Struktur Tanah - Tanah merupakan salah satu unsur yang mempengaruhi terbentuknya bumi yang terStruktur tanah dari ribuan gumpalan kecil dan dari butiran-butiran tanah. Tanah juga ter struktur dari beberapa mineral dan juga beberapa organisme makhluk hidup yang terdapat didalamnya. Gumpalan struktur dari tanah itu terjadi karena adnya butir-butir pasir, debu, dan tanah liat yang terikat satu sama lain oleh perekat seperti beberapa bahan organic, bahan-bahan oksida-oksida besi, dan lain-lain. 

Struktur Tanah

Gumpalan-gumpalan kecil ini mempunyai bentuk serta ukuran dan kemamtapan atau ketahanan yang berbeda-beda. Contohnya tanah yang berada di daerah curah hujan yang tinggi, umumnya ditemukan struktur tanah yang remah atau granuler dipermukaan dan menggumpal di horizon bawah. Selanjutnya tanah yang berada Di daerah yang kering, sering di jumpai tanah dengan struktur tiang atau prisma di lapisan bawah. Baca lebih lengkap Pengertian dari Tanah

Penyebab Perbedaan Struktur Tanah

Pengertian tentang sebab-sebab perkembangan struktur yang terdapat didalam tanah perlu dipahami dengan benar, karena struktur tanah adalah faktor yang sangat mempengaruhi pertumbuhan dari tanaman dan dapat pula berubah-ubah karena adanya pengaruh mekanis dari luar misalnya dari proses pengolahan tanah. Anda dapt membayangkan struktur tanah dari persawahan yang massif dan keras dapat berubah menjadi tanah Lumpur dikarenakan anda pembajakan dan penggaruan oleh manusia. Atau juga dari tanah pasir yang berbuti-butir menjadi komplex tetapi lunak, struktur tamah tersebut dapat berubah-ubah kearah yang lebih sesuai bagi pertumbuhan tanaman atau sebaliknya.

Pengaruh terhadap pertumbuhan tanaman karenah struktur dan tekstur dari tanah terjadi secara berlangsung-langsung. Struktur tanah yang remah atau ringan atau juga gembur pada umumnya akan menghasilkan laju pertumbuhan pada tanaman pakan dan produksi persatuan waktu yang lebih tinggi dibandingkan dengan struktur tanah yang padat.

Agregat primer tersusun dari butir-butir mineral atau pecahan batuan berbagai bentuk dan ukuran yang diselaputi oleh senyawa-senyawa hasil pelapukan. Senyawa hasil pelapukan mineral dan pecahan batuan terdiri dari koloid tanah, senyawa kapur, senyawa besi dan almunium yang bertindak sebagai perekat yang menggabungkan agregat-agregat primer. Baca juga Proses Terbentuknya Tanah

Penggabungan agregat primer menjadi bentukan yang masing-masing bentukan tersebut dibatasi oleh bidang-bidang permukaan tertentu. Agregat primer sering disebut struktur mikro, sedangkan agregat sekunder yang merupakan struktur lapisan olah disebut struktur makro.

Dapat disimpulkan bahwa struktur dari tanah merupakan salah satu fakto atau penyebab dari pertumbuhan sebuah tumbuhan yang kemungkinan mengacu dari adanya struktur dari tanah dan juga unsur yang terdapat didalam tanah yang selanjutnya akan memproses pertumbuhan dari sebuah tumbuhan, selain dari struktur tanah ada juga faktor lain yang mempengaruhi pertumbuhan dari tanaman yaitu keadaan dari iklim atau cuaca yang juga mempengaruhi pertumbuhan dari tamanan tersebut.

Postingan populer dari blog ini

Jumlah Pemain Bola Voli Dalam Satu Regu

Jumlah Pemain Bola Voli Dalam Satu Regu - Permainan bola voli adalah olah raga yang sangat digemari oleh kaum laki-laki atau perempuan, dalam permainan ini jumlah pemain nya dibatasi dengan jumlah yang sedikit mengingat lapangan bola voli juga tergolong kecil, berbeda dengan sepak bola yang kita kenal dengan istilah kesebelasan. Jumlah pemain bola voli dalam satu regu maximal ada 6, sedangkan untuk jumlah minumum ada 4 orang.
Baca juga : Ukuran lapangan bola voli standar nasional

Aturan Jumlah Pemain Bola Voli dalam Satu Regu Setiap tim atau regu memiliki jumlah pemain 10 orang, 6 Orang pemain inti dan 4 orang pemain cadanagan. Pada saat pergantian pemain ketika pertandingan berlangsung tidak dibatasi.  Maksimal dalam satu pertandingaan harus ada 6 pemain inti. minimal 4 pemain. Jika kurang dari empat pemain, maka regu bersangkutan dianggap K.O.
Posisi Pemain Saat Pertandingan Bola Voli Posisi pemain ketika pertandingan berlangsung terbagi menjadi 3, diantaranya; 2 Pemain Smasher/spiker…

Tinggi Ring Basket Dari Lantai untuk Putra dan Putri

Tinggi Ring Basket Dari Lantai untuk Putra dan Putri - Ring basket merupakan sesuatu yang termasuk kedalam fasilitas bola basket. Ring basket juga merupakan poin penting dalam permainan bola basket karena ring adalah tempat di mana pemain harus menembak bola ke dalam rangka untuk mengumpulkan poin. Lalu berapakah tinggi ring basket ???
Pada psotingan ini kita akan sama sama mengkaji tinggi ring basket. Ring basket memiliki tinggi yang berbeda. Ketinggian resmi peraturan NBA ring basket adalah 10 kaki dari lantai atau 305cm, dan papan  3,5 kaki vertikal dan 6 kaki horizontal. Hoop berdiameter 18 inci. Ketinggian lingkaran itu adalah standar di semua tingkat bermain.
Baca Juga : Ukuran Lapangan Basket
National Basketball Association memiliki standar yang berbeda untuk hoops basket karena visibilitas dalam permainan dan sifat fisik atlet profesional. Papan pantul basket NBA terbuat dari kaca 1/4-inch-tebal dan 72 inci lebar 42 inci. Konektor terbuat dari  logam, dan lingkaran dan lingkar…

45 Butir-butir Pancasila

45 BUTIR-BUTIR PANCASILA - Sejak tahun 2003, berdasarkan Tap MPR No.I/MPR/2003, 36 butir pedoman pengamalan Pancasila telah diganti menjadi 45 butir butir Pancasila.  Tapi yang sangat disayangkan yaitu tidak adanya kebijakan pemerintah untuk memasukkanya ke dalam kurikulum pendidikan ataupun program doktrinasi lewat media. 
Namun, meski demikian tidak ada salahnya jika kita mengetahui bagaimana cara pengamalan Butir-butir Pancasila tersebut.  Berikut 45 Butir-butir Pancasila beserta contoh sikap yang mencerminkan pengamalannya:

45 BUTIR-BUTIR PANCASILA
A.  Ketuhanan Yang Maha Esa 1. Bangsa Indonesia menyatakan kepercayaanya dan ketaqwaanya kepada Tuhan Yang Maha Esa. 2. Manusia Indonesia percaya dan taqwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa, sesuai dengan agama dan kepercayaannya masing-masing menurut dasar kemanusiaan yang adil dan beradab. 3. Mengembangkan sikap hormat menghormati dan bekerjasama anatra pemeluk agama dengan penganut kepercayaan yang berbeda-beda terhadap Tuhan Yang Maha Esa…