Langsung ke konten utama

Pengertian Gempa Runtuhan dan Penyebabnya

Pengertian Gempa Runtuhan dan Penyebabnya - Gempa bumi adalah pristiwa bergeraknya kerak muka bumi dikarenakan adanya gesekan ataupun pergerakan kerakbumi. Gerakan atau getaran dari gempa bumi terjadi karena adanya gelombang seismik yaitu sebuah energi didalam dalam kerak bumi. Gelombang seismiklah yang sebenarnya menggoyangkan permukaan bumi. Getaran yang menyebabkan gempa bumi akan mengakibatkan terjadinnya patahan atau lipatan pada kerak bumi. Proses terjadinya lipatan atau patahan menghasilkan gempa bumi dengan kekuatan yang berbeda. Untuk mengukur ukuran kekuatan dari gempa bumi diperlukan Alat untuk mengukur gempa bumi yaitu seismometer

Pengertian Gempa Runtuhan dan Penyebabnya

Gempa bumi itu sendiri memiliki berberapa macam macam gempa bumi. jenis jenis gempa bumi dapat dibedakan dan dilihat berdasarkan bebrapa kriteria yaitu berdasrkan lokasi terjadinya gempa bumi, frekuansi kekuatan gelombang gempa bumi, penyebab terjadintanya gempa bumi, dan yang terakhir adalah melalui kedalaman tempat getaran gempa bumi itu terasa.  Baca lebih lengkap Pengertian Gempa Bumi dan Jenisanya

Berikut ini merupakan beberapa jenis-jenis gempa bumi yang disebabkan oleh beberapa faktor, Gempa adalah salah satu unsur dari tenaga endogen salah satu jenis dari gempa adalah gempa runtuhan atau juga biasanya disebut dengan gempa terban. Gempa bumi dibagi berdasarkan lokasi terjadinya dan terbagi menjadi dua bagian yang pertama adalah Gempa bumi darat dan Gempa bumi laut.

Gempa Bumi yang Terjadi Di Darat

Gempa bumi ini adalah gempa bumi yang terjadi di darat. Gempa bumi ini, terjadi akibat adanya patahan atau lipatan di darat. Gempa bumi ini tidak akan menyebabkan terjadinya tsunami, tetapi mampu menghancurkan gedung, bahkan membuat kebakaran pada kota.

Gempa Bumi yang Terjadi Di Laut

Gempa bumi ini adalah gempa bumi yang terjadi akibat adanya sebuah patahan atau lipatan yang berada di dasar laut. Gempa bumi memiliki potensi menciptakan tsunama, akibat perbedaan tekanan sebelum dan sesudah gempa, menyebabkan air menjadi naik, dan menciptakan tsunami. Gempa Runtuhan adalah gempa Bumi yang terjadi karena adanya runtuhan atau juga gempa yang terjadi karena adanya runtuhan. 

Contohnya didalam sebuah gua atau pada daerah pertambangan dan ketika tanah longsor. Getaran yang dihasilkan dari terjadinya gempa runtuhan tidak terlalu hebat dan tidak terlalu kuat, akan tetapi hanya terasa pada daerah yang meliputi dari sekitar terjadinya runtuhan. 

Berikut ini adalah beberapa definisi dari Gempa Bumi Runtuhan yang di kemukakan oleh beberapa orang, Meskipun definisi dari gempa runtuhan banyak namun maksudnya hampir sama, berikut beberapa definisi tersebut. Gempa Runtuhan terjadi karena berguguran atau runtuhnya tanah atau runtuhnya bagian atas dari litosfer karena sebelah dalam yang berongga. Baca juga Proses terjadinya Gempa dan Penyebabnya

Gempa runtuhan atau terban adalah getaran yang dirasakan di permukaan bumi akibat adanya tanah longsor, atap gua runtuh, atau tanah runtuh di lubang pertambangan yang menimbulkan getaran di muka bumi. Akibat gempa ini hanya dirasakan di sekitar gempa runtuhan atau bersifat lokal. 

Gempa runtuhan atau terban merupakan gempa bumi yang terjadi karena adanya runtuhan tanah atau batuan pada Lereng gunung atau pantai yang curam memiliki energi potensial yang besar untuk runtuh, juga terjadi di kawasan tambang akibat runtuhnya dinding atau terowongan pada tambang-tambang bawah tanah sehingga dapat menimbulkan getaran di sekitar daerah runtuhan.

Postingan populer dari blog ini

Jumlah Pemain Bola Voli Dalam Satu Regu

Jumlah Pemain Bola Voli Dalam Satu Regu - Permainan bola voli adalah olah raga yang sangat digemari oleh kaum laki-laki atau perempuan, dalam permainan ini jumlah pemain nya dibatasi dengan jumlah yang sedikit mengingat lapangan bola voli juga tergolong kecil, berbeda dengan sepak bola yang kita kenal dengan istilah kesebelasan. Jumlah pemain bola voli dalam satu regu maximal ada 6, sedangkan untuk jumlah minumum ada 4 orang.
Baca juga : Ukuran lapangan bola voli standar nasional

Aturan Jumlah Pemain Bola Voli dalam Satu Regu Setiap tim atau regu memiliki jumlah pemain 10 orang, 6 Orang pemain inti dan 4 orang pemain cadanagan. Pada saat pergantian pemain ketika pertandingan berlangsung tidak dibatasi.  Maksimal dalam satu pertandingaan harus ada 6 pemain inti. minimal 4 pemain. Jika kurang dari empat pemain, maka regu bersangkutan dianggap K.O.
Posisi Pemain Saat Pertandingan Bola Voli Posisi pemain ketika pertandingan berlangsung terbagi menjadi 3, diantaranya; 2 Pemain Smasher/spiker…

Tinggi Ring Basket Dari Lantai untuk Putra dan Putri

Tinggi Ring Basket Dari Lantai untuk Putra dan Putri - Ring basket merupakan sesuatu yang termasuk kedalam fasilitas bola basket. Ring basket juga merupakan poin penting dalam permainan bola basket karena ring adalah tempat di mana pemain harus menembak bola ke dalam rangka untuk mengumpulkan poin. Lalu berapakah tinggi ring basket ???
Pada psotingan ini kita akan sama sama mengkaji tinggi ring basket. Ring basket memiliki tinggi yang berbeda. Ketinggian resmi peraturan NBA ring basket adalah 10 kaki dari lantai atau 305cm, dan papan  3,5 kaki vertikal dan 6 kaki horizontal. Hoop berdiameter 18 inci. Ketinggian lingkaran itu adalah standar di semua tingkat bermain.
Baca Juga : Ukuran Lapangan Basket
National Basketball Association memiliki standar yang berbeda untuk hoops basket karena visibilitas dalam permainan dan sifat fisik atlet profesional. Papan pantul basket NBA terbuat dari kaca 1/4-inch-tebal dan 72 inci lebar 42 inci. Konektor terbuat dari  logam, dan lingkaran dan lingkar…

45 Butir-butir Pancasila

45 BUTIR-BUTIR PANCASILA - Sejak tahun 2003, berdasarkan Tap MPR No.I/MPR/2003, 36 butir pedoman pengamalan Pancasila telah diganti menjadi 45 butir butir Pancasila.  Tapi yang sangat disayangkan yaitu tidak adanya kebijakan pemerintah untuk memasukkanya ke dalam kurikulum pendidikan ataupun program doktrinasi lewat media. 
Namun, meski demikian tidak ada salahnya jika kita mengetahui bagaimana cara pengamalan Butir-butir Pancasila tersebut.  Berikut 45 Butir-butir Pancasila beserta contoh sikap yang mencerminkan pengamalannya:

45 BUTIR-BUTIR PANCASILA
A.  Ketuhanan Yang Maha Esa 1. Bangsa Indonesia menyatakan kepercayaanya dan ketaqwaanya kepada Tuhan Yang Maha Esa. 2. Manusia Indonesia percaya dan taqwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa, sesuai dengan agama dan kepercayaannya masing-masing menurut dasar kemanusiaan yang adil dan beradab. 3. Mengembangkan sikap hormat menghormati dan bekerjasama anatra pemeluk agama dengan penganut kepercayaan yang berbeda-beda terhadap Tuhan Yang Maha Esa…