Saturday, December 31, 2016

Pengertian Gempa Runtuhan dan Penyebabnya

Pengertian Gempa Runtuhan dan Penyebabnya - Gempa bumi adalah pristiwa bergeraknya kerak muka bumi dikarenakan adanya gesekan ataupun pergerakan kerakbumi. Gerakan atau getaran dari gempa bumi terjadi karena adanya gelombang seismik yaitu sebuah energi didalam dalam kerak bumi. Gelombang seismiklah yang sebenarnya menggoyangkan permukaan bumi. Getaran yang menyebabkan gempa bumi akan mengakibatkan terjadinnya patahan atau lipatan pada kerak bumi. Proses terjadinya lipatan atau patahan menghasilkan gempa bumi dengan kekuatan yang berbeda. Untuk mengukur ukuran kekuatan dari gempa bumi diperlukan Alat untuk mengukur gempa bumi yaitu seismometer

Pengertian Gempa Runtuhan dan Penyebabnya

Gempa bumi itu sendiri memiliki berberapa macam macam gempa bumi. jenis jenis gempa bumi dapat dibedakan dan dilihat berdasarkan bebrapa kriteria yaitu berdasrkan lokasi terjadinya gempa bumi, frekuansi kekuatan gelombang gempa bumi, penyebab terjadintanya gempa bumi, dan yang terakhir adalah melalui kedalaman tempat getaran gempa bumi itu terasa.  Baca lebih lengkap Pengertian Gempa Bumi dan Jenisanya

Berikut ini merupakan beberapa jenis-jenis gempa bumi yang disebabkan oleh beberapa faktor, Gempa adalah salah satu unsur dari tenaga endogen salah satu jenis dari gempa adalah gempa runtuhan atau juga biasanya disebut dengan gempa terban. Gempa bumi dibagi berdasarkan lokasi terjadinya dan terbagi menjadi dua bagian yang pertama adalah Gempa bumi darat dan Gempa bumi laut.

Gempa Bumi yang Terjadi Di Darat

Gempa bumi ini adalah gempa bumi yang terjadi di darat. Gempa bumi ini, terjadi akibat adanya patahan atau lipatan di darat. Gempa bumi ini tidak akan menyebabkan terjadinya tsunami, tetapi mampu menghancurkan gedung, bahkan membuat kebakaran pada kota.

Gempa Bumi yang Terjadi Di Laut

Gempa bumi ini adalah gempa bumi yang terjadi akibat adanya sebuah patahan atau lipatan yang berada di dasar laut. Gempa bumi memiliki potensi menciptakan tsunama, akibat perbedaan tekanan sebelum dan sesudah gempa, menyebabkan air menjadi naik, dan menciptakan tsunami. Gempa Runtuhan adalah gempa Bumi yang terjadi karena adanya runtuhan atau juga gempa yang terjadi karena adanya runtuhan. 

Contohnya didalam sebuah gua atau pada daerah pertambangan dan ketika tanah longsor. Getaran yang dihasilkan dari terjadinya gempa runtuhan tidak terlalu hebat dan tidak terlalu kuat, akan tetapi hanya terasa pada daerah yang meliputi dari sekitar terjadinya runtuhan. 

Berikut ini adalah beberapa definisi dari Gempa Bumi Runtuhan yang di kemukakan oleh beberapa orang, Meskipun definisi dari gempa runtuhan banyak namun maksudnya hampir sama, berikut beberapa definisi tersebut. Gempa Runtuhan terjadi karena berguguran atau runtuhnya tanah atau runtuhnya bagian atas dari litosfer karena sebelah dalam yang berongga. Baca juga Proses terjadinya Gempa dan Penyebabnya

Gempa runtuhan atau terban adalah getaran yang dirasakan di permukaan bumi akibat adanya tanah longsor, atap gua runtuh, atau tanah runtuh di lubang pertambangan yang menimbulkan getaran di muka bumi. Akibat gempa ini hanya dirasakan di sekitar gempa runtuhan atau bersifat lokal. 

Gempa runtuhan atau terban merupakan gempa bumi yang terjadi karena adanya runtuhan tanah atau batuan pada Lereng gunung atau pantai yang curam memiliki energi potensial yang besar untuk runtuh, juga terjadi di kawasan tambang akibat runtuhnya dinding atau terowongan pada tambang-tambang bawah tanah sehingga dapat menimbulkan getaran di sekitar daerah runtuhan.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Buku Sekolah
Buku Sekolah Updated at: 1:56:00 PM

Related : Pengertian Gempa Runtuhan dan Penyebabnya

0 komentar: