Monday, December 12, 2016

Peninggalan Kerajaan Aceh Darussalam beserta Gambarnya

Peninggalan Kerajaan Aceh Darusalam beserta Gambarnya - Serambi Mekkah, itulah sebutan untuk kota aceh Darussalam, yang pada akhir akhir kemarin di landa bencana kembali setelah beberapa tahun telah aman dari terakhir kali bencana tsunami yang sangat dahsyat melanda kota serambi mekkah tersebut.

Siapa tahu, kota ini mengandung banyak sekali sejarah di dalamnya, bahkan peninggalannya pun ada berdiri sekitar abad ke 14 m. ini dimulai dari sejak berdirinya kerajaan aceh yang kala itu menjadi pusat suatu ajaran agama islam yang besar di pulau jawa.

Daftar Peninggalan Kerajaan Aceh

Berikut ini akan saya bahas tentang apa saja peninggalan peninggalan dari kerajaan aceh, silahkan kalian simak dengan baik-baik dan semoga bermanfaat.

1. Masjid Raya Baiturrahmah
masjid raya baiturahman
Gambar Masjid Baiturrahman

Suatu peninggalan kerajaan aceh yang sangat dan paling pertama adalah Masjid Baiturrahman yang sekarang menjadi masjid raya yang berdiri kokoh di tengah tengah pusat kota aceh. Masjid ini di bangun saat kerajaan aceh ada di masa kepemimpinan Sultan Iskandar Muda yang sekitara tahun 1612 masehi pembangunananya, masjid ini pun sudah dari dulu nya berada di pusat kota Banda Aceh Darussalam. Baca juga : Sejarah Kerajaan Aceh Secara Lengkap

Dengan sejarah yang mengatakan bahwa saat itu sedang ada Agresi Militer Belanda II, maka masjid ini sempat di bakar hangus dan tidak ada lagi, namun dengan berjalannya waktu akhirnya masjid ini pun di bangun kembali setelah 4 tahun kemudian dari kejadian dihancurkannya masjid raya ini.

Siapa sangka bahwa yang membangunnya kembali adalah Belanda, yang saat itu ingin meredam kemarahan dari rakyat kerajaan aceh yang di sebabkan oleh kebakaran masjid tersebut.

Dengan kekuasaan Allah SWT, tentulah ketika Tsunami Aceh pada tahun 2004 silam, masjid peninggalan dari sejarah kerajaan islam aceh ini satu satunya yang menjadi pelindung kala itu. Bangunan ini tidak runtuh dan tidak dapat di goyahkan pula oleh air bah saat tsunami melanda aceh itu.

2. Benteng Indraparta
benteng indraparta
Gambar Benteng Indraparta

Peninggalan yang kedua dari kerajaan aceh ialah Benteng Indraparta yang ada di masa kerajaan aceh dan di gunakan sebagai pertahanan yang saat itu sudah dibangun pada masa kekuasaan Kerajaan Lamuri yang saat itu juga menjadi kerajaan Hindu tertua di Aceh.

Pada saat 7 masehi tepatnya benteng ini di bangun, di daerah Desa Ladong, Kecamatan Masjid Raya dan Kabupaten Banda Aceh Darussalam, pada masa adanya benteng ini sangatlah memiliki peranan yang sangat penting sekali, utamanya pada saat perlindungan rakyat kerajaan aceh ketika serangan Meriam telah di luncurkan oleh para Tentara di kapal perang Portugis. Baca : Kerajaan Islam Tertua di Indonesia

Katanya, sekarang kita hanya bisa melihat 2 benteng saja yang kokoh berdiri dan masih alami, setelah sebelumnya banyak sekali benteng yang berdiri. Namun seiring dengan ditinggalnya zaman maka dari itu pantaslah sedikit sedikit bangunan dari benteng ini runtuh.

3. Gunongan
gunongan
Gambar Taman Gunongan

Gunongan merupakan suatu peninggalan dari kerajaan aceh yang di bentuk sebagai suatu taman kerajaan, di lengkapi dengan Bangunan yang berbentuk Keratonnya. Saat ini sejarah menyatakan bahwa taman ini  lah yang menjadi bukti Cinta sang Sultan ACEH pada sang Permaisurinya saat itu yang sangat luar biasa cantiknya.

Katanya nama dari permaisurinya itu tidak ada yang mengetahuinya, saat itu permaisuri merupakan putri kerajaan Pahang yang telah di tawan Karena kerajaan  Pahang yang saat itu kalah perang. Namun, sang sultan telah jatuh hati padanya sehingga langsung mempersuntingnya.

Katanya, sang permaisuri menginginkan sebuah taman yang bentuknya sama sekali sangat percis dengan kerajaannya yang telah jatuh. Maka dari itu di buatkanlah oleh sang sultan sebuah taman Gunongan ini , yang letaknya sangat tidak jauh dari pusat masjid raya baiturahman.

4. Makam Sultan Iskandar Muda
gambar makam sultan iskandar muda
Gambar Makam Sultan Iskandar Muda

Selanjutnya, peninggalan dari kerajaan aceh ini adalah Makam Sultan Iskandar Muda yang menjadi raja pertama di kerajaan aceh saat itu. Makam ini terletak di sebuah kelurahan Peuniti kecamatan Baiturrahman dan kota Banda Aceh Darussalam, memang kota aceh ini sangatlah kental dengan nuansa relijius dari keagamaannya.

Terlebih yang membuat menariknya pun salah satu nya dari makam ini adalah pahatan jenis khot kaligrafi yang luar biasa indah, ini pun menjadi bukti yang kuat dimana ini menjadi salah satu adanya kerajaan aceh yang menjadi sejarah pertama kali masuknya islam ke Nusantara ini.

Hanya itu yang dapat saya bagikan di kesempatan ini, semoga menjadi bermanfaat. Amiiin.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Buku Sekolah
Buku Sekolah Updated at: 8:59:00 PM
Tags :

Related : Peninggalan Kerajaan Aceh Darussalam beserta Gambarnya

0 komentar: