Langsung ke konten utama

Peninggalan Kerajaan Adityawarman

Peninggalan Kerajaan AdityawarmanSejarah memang tidak ada habisnya untuk di gali dan juga di temukan kembali sampai dalam dalamnya peninggalan yang di tinggalkan oleh sejarah. Maka dari itu saya pun tidak ingin ketinggalan membahas masalah sejarah dengan sedikit ilmu yang saya punya insya alloh saya akan memberi sedikit kemanfaatan pada kita dalam ilmu sejarah khususnya tentang Peninggalan dari Kerajaan Adityawarman.

Sejarah dan Peninggalan Kerajaan Adityawarman

Dengan bukti dan juga berdasarkan adanya Penelitian pada Prasasti Kuburajo, menyatakan Adityawarman merupakan Putra dari Adwayawarman. Tapi sangat berbeda jauh dengan yang ada pada Prasasti Bukit Gombak. Dimana di dalamnya menyebutkan bahwa Adityawarman ialah putranya Adwayadwaja, nama ini pun mirip sekali dengan nama salah seorang pejabat kerajaan yang termasuk salah satu pejabat penting di Kerajana Singhasari.

Kerajaan Adityawarman memang merupakan suatu kerajana yang termasuk besar juga di daerah Jawa, dan Adityawarmana juga dalam Pararaton dan juga dalam Kidung Panji Wijayakrama di sebut kan dengan nama Tuhan Janaka yang memiliki gelar Mantrolot Warmadewa. Ibu nya adityawarman adalah Dara Jingga yang merupakan Putri dari Kerajaan Melayu di daerah Dharmasraya.

Sejarah lainnya juga ada yang mengatakan bahwa Adityawarman adalah Anak dari Raden Wijaya yang juga raden tersebut bukan hanya memperistri Dara Petak tapi juga meperistri Dara Jingga. Ini di katakana dengan Bahasa yang Mungkin. Karena dalam Nagarakretagama juga banyak di sebutkan bahwa Raden Wijaya memperistri empat putri dari Putri Kertanagara juga.

Muhamad Yamin telah berpendapat bahwa sang Adityawarman telah di lahirkan di Siguntur yang sekarang menjadi salah satu daerah dari Kabupaten Dharmasraya di Provinsi Sumatera Barat. Saat ia muda Adityawarman berangkat dan pergi ke Kerajaan Majapahit Karena Ayah dan Ibunya mempunyai hubungan darah dengan Permaisuri sang Raja Majapahit yang pertama dan Adityawarman pun mengetahuinya.

Adityawaran juga dianggap menjadi saudara dari Raja Jayanegara yang juga saat itu tidak memiliki putra, dan Karena itu lah menurut Adat dari Adityawarman lah yang paling dekat untuk menjadi kannya pemilik tahta sebagai pengganti mahkota kala jayanegara meninggal dunia.

Baca juga : Sejarah Kerajaan Pagaruyung

Peninggalan Adityawarman

Berikut nama nama dari peninggalan kerajaan Adityawarman :

1. Prasasti Kuburajo

Peninggalan Kerajaan Adityawarman

Peninggalan dari kerajaan adityawarman ini yang pertama adalah Prasasti Kuburajo, yang mana di dalamnya menceritakan tentang siapakah adityawarman sebenarnya dan bagai mana masa hidupnya serta dari turunan seperti apakah adityawarman itu berasal.

2. Prasasti Bukit Gombak
Peninggalan Kerajaan Adityawarman - bukit gombak

Peninggalan yang kedua yang sampai saat ini masih ada ialah Prasasti Bukit Gombak, ini di temukan di daerah yang memang dinamakan dengan daerah Bukit Gombak. Prasasti ini menceritakan tentang bagaimana adityawarman yang sebenarnya, juga ini sangatlah bertolak belakang dengan apa yang ada dalam isi prasasti Kuburajo yang pertama tadi.

Di sini di ceritakan bahwa adityawarman itu adalah putra dari Dara Jingga, sedang kan dalam prasasti yang pertama bukan. Dara jingga hanyalah pendahulu dari adityawarman dalam prasasti yang tadi.

Memang sangat di sayangkan sekali banyak sekali berita dan ahli sejarah yang juga di bingungkan dengan penemuan 2 prasasti ini, tapi meskipun demikian ini tidak akan menjadi persoalan yang mengubah adanya kerajaan adityawarman dahulu. Semoga peninggalan 2 prasasti ini dapat di jaga dan tetap di rawat.

Postingan populer dari blog ini

Jumlah Pemain Bola Voli Dalam Satu Regu

Jumlah Pemain Bola Voli Dalam Satu Regu - Permainan bola voli adalah olah raga yang sangat digemari oleh kaum laki-laki atau perempuan, dalam permainan ini jumlah pemain nya dibatasi dengan jumlah yang sedikit mengingat lapangan bola voli juga tergolong kecil, berbeda dengan sepak bola yang kita kenal dengan istilah kesebelasan. Jumlah pemain bola voli dalam satu regu maximal ada 6, sedangkan untuk jumlah minumum ada 4 orang.
Baca juga : Ukuran lapangan bola voli standar nasional

Aturan Jumlah Pemain Bola Voli dalam Satu Regu Setiap tim atau regu memiliki jumlah pemain 10 orang, 6 Orang pemain inti dan 4 orang pemain cadanagan. Pada saat pergantian pemain ketika pertandingan berlangsung tidak dibatasi.  Maksimal dalam satu pertandingaan harus ada 6 pemain inti. minimal 4 pemain. Jika kurang dari empat pemain, maka regu bersangkutan dianggap K.O.
Posisi Pemain Saat Pertandingan Bola Voli Posisi pemain ketika pertandingan berlangsung terbagi menjadi 3, diantaranya; 2 Pemain Smasher/spiker…

Tinggi Ring Basket Dari Lantai untuk Putra dan Putri

Tinggi Ring Basket Dari Lantai untuk Putra dan Putri - Ring basket merupakan sesuatu yang termasuk kedalam fasilitas bola basket. Ring basket juga merupakan poin penting dalam permainan bola basket karena ring adalah tempat di mana pemain harus menembak bola ke dalam rangka untuk mengumpulkan poin. Lalu berapakah tinggi ring basket ???
Pada psotingan ini kita akan sama sama mengkaji tinggi ring basket. Ring basket memiliki tinggi yang berbeda. Ketinggian resmi peraturan NBA ring basket adalah 10 kaki dari lantai atau 305cm, dan papan  3,5 kaki vertikal dan 6 kaki horizontal. Hoop berdiameter 18 inci. Ketinggian lingkaran itu adalah standar di semua tingkat bermain.
Baca Juga : Ukuran Lapangan Basket
National Basketball Association memiliki standar yang berbeda untuk hoops basket karena visibilitas dalam permainan dan sifat fisik atlet profesional. Papan pantul basket NBA terbuat dari kaca 1/4-inch-tebal dan 72 inci lebar 42 inci. Konektor terbuat dari  logam, dan lingkaran dan lingkar…

45 Butir-butir Pancasila

45 BUTIR-BUTIR PANCASILA - Sejak tahun 2003, berdasarkan Tap MPR No.I/MPR/2003, 36 butir pedoman pengamalan Pancasila telah diganti menjadi 45 butir butir Pancasila.  Tapi yang sangat disayangkan yaitu tidak adanya kebijakan pemerintah untuk memasukkanya ke dalam kurikulum pendidikan ataupun program doktrinasi lewat media. 
Namun, meski demikian tidak ada salahnya jika kita mengetahui bagaimana cara pengamalan Butir-butir Pancasila tersebut.  Berikut 45 Butir-butir Pancasila beserta contoh sikap yang mencerminkan pengamalannya:

45 BUTIR-BUTIR PANCASILA
A.  Ketuhanan Yang Maha Esa 1. Bangsa Indonesia menyatakan kepercayaanya dan ketaqwaanya kepada Tuhan Yang Maha Esa. 2. Manusia Indonesia percaya dan taqwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa, sesuai dengan agama dan kepercayaannya masing-masing menurut dasar kemanusiaan yang adil dan beradab. 3. Mengembangkan sikap hormat menghormati dan bekerjasama anatra pemeluk agama dengan penganut kepercayaan yang berbeda-beda terhadap Tuhan Yang Maha Esa…