Thursday, December 22, 2016

Peninggalan Kerajaan Bali Beserta Gambarnya

Peninggalan Kerajaan Bali Beserta Gambarnya - Kerajaan ini sering kali di sebut sebagai kerajaan yang campur aduk, kenapa ya? Memang katanya di kerajaan bali ini lah terdapat 2 jenis kerajaan dengan penganutan yang berbeda beda, yaitu corak Hindu dan juga corak Budha. Namun dari sekian banyak kerajaan yang ada di Bali ini ada suatu peninggalan dari kerajaan bali yang juga sampai sekarang masih ada dan banyak di kunjungi wisatawan asing khususnya.

Pernahkan kalian ke sana? Ya di sana merupakan peninggalan dari 2 corak kerajaan bali tersebut, sampai sekarang masih di rawat dan juga di jaga dengan baik, Karena banyak juga para Ahli Arkeolog dan juga Sejarawan yang berburu Penelitian di sana untuk menguak dengan detil mengenai kerajaan yang pernah ada di bali dahulu kala.
Peninggalan kerbudayaan dari kerjaan bali ini antara lain yaitu prasasti, karya sasta, candi dan juga sebuah kesenian. Peninggalan prasasti Blanjong itu ditemukan pada tahun 914 masehi, lalu prasasti Panglapuan pada tahu 804 saka atau sama dengan 882 masehi, dan juga prasasti Gunung Panulisan dan juga prasasti prasasti anak Wungsu, pada peninggalan kerajaan yang berupakan candi antara alinnya yaitu candi Padas yang ada di Gunung Kawi, Candi Pura Agung Besakih, Candi Wasa dan juga Candi Mengening.

Sejarah dan Peninggalan Kerajaan Bali

Berikut akan saya jelaskan peninggalan dari kerajaan Bali yang paling besar dan juga menarik sampai sekarang pun ramai di kunjungi. Berikut sejarah dan perkembangan dari peninggalan kerajana bali Hindu-Budha:
1. Pura Goa Gajah
pura goa gajah
Gambar Pura Goa Gajah
Jika anda berkunjung ke Bali, maka sudah seharusnyaanda datang ke Goa Gajah yang merupakan suatu peninggalan terunik dair keajaan bali, dari mulai kita bisa meninkamti keindahannya, kita juga bisa meninkmati suasanya yang sangat sejuk dan juga damai, berwisata ke tempat seperti ini yang di sucikan oleh para penganut agamanya tersebut ini memberikan banyak nilai spiritual dan juga terasa sejarahnya yang pernah ada dan juga sangat berharga. Baca juga : Sejarah Kerajaan Bali Lengkap

Lokasi dari peninggalan bersejarah ini yaitu terletak di sebuah Desa yang dinamakan dengan Desa Bedulu, di Kecamatan Blahbatuh, Kabupaten Gianyar dan jaraknya sekitar 26 km dari Kota Denpasar Bali. Lokasi yang tepatnya sangat di sebut unik yaitu di sebuah tepi jurang dan juga merupakan pertemuan dari sebuah sungai kecil yang tepatnya memang ada di Desa tersebut.

Asal muasal dari nama Pura Goa Gajah ini yaitu : kata Goa Gajah di percaya oleh mereka dari asal kata yang muncul dalam suatu kitab Negarakertagama yang kata nya sih dari kata LWA GAJAH yang artinya itu berarti Wihara dimana tempat pemujaan para Bhiksu waktu itu yang tentunya dari agama Budha. Lalu pada Lontar Negarakertagama yang telah di susun oleh Sang Mpu Prapanca pada tahun ke 1365 masehi di dapati sebuah nama tersebut. Sedangkat kata Lwa juga berarti sungai, maka dari itu di simpulkanlah bahwa nama dari Pura Gowa Gajah ini menjadi Pertapaan yang terletak di tepi sungai.

Jika kita simak lebih dalam lagi, maka kita akan sampai pada sejarah pura goa gajah ini, goa ini di bangun pada sekitaran abad ke 11 m, tepatnya saat Raja Sri Astasura Ratna Bumi Banten yang sedang meduduki tahta di Kerajaan Bali ini, yang dulunya katanya tempat ini digunakan oleh beliau untuk bertapa, dan selain dari Goa ini, ada juga Tujuh Kolah Suci dengan tujuh Patung Bidadari yang terlihat memancarkan airnya di sekitara gua.

Patung patung ini konon katanya merupakan sebuah symbol dari tujuh sungai yang suci tempat lahirnya adanya agama corak hindu dan juga budha yang ada di India sekarang. Memang banyak sekali yang menjadi peninggalan dari kerjaan bali ini yang tentunya benda benda bersejarah ini hanya dapat di lihat di kompleks yang mereka anggap suci ini.
Patung bidadari di kolam suci
Gambar 7 patung Bidadari di Kolam SUCI
Apa kalian penasaran apa saja isi dari Pura Goa Gajah ini? Ya berikut di bawah ini penjelasannya:

1. Kompleks Bangunan suci Hindu yang dibangun pada sekitar abad yang ke 10 masehi
2. Bangunan suci Hindu yang berbentuk pura pura yang kecil atau di sebut dengan Pelinggih
3. Bangunan peninggalan Budha yang kira kira di bangun pada abad ke 8 bersamaan juga dengan di bangunnya CANDI BOROBUDUR di Jawa Tengah. Baca juga : Sejarah Kerajaan Borobudur
4.3 LINGGA Besar yang ada di bagian Timur Goa ini, berikut gambarnya

Gambar 3 Lingga Besar
5. ARCA GANESHA yang ada di sebelah Barat
6. KELUWAN yang ada di posisi Tengahnya
Gambar Tengah tengah dari Goa Gajah
7. TEBEN di depan Gua Gajah tersebut yang juga merupakan patung yang bentuknya Tubuh Manusia dan kepalanya Gajah, anak dari SIWA dan PARWATI
8. Kolam Suci yang ada 7 Bidadari nya.

Sekian dulu artikel tentang sejarah kerajaan Bali dari Saya, semoga bermanfaat ya, dan kunjungi terus Blog ini biar dapat tambahan ilmu setiap harinya.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Buku Sekolah
Buku Sekolah Updated at: 3:13:00 AM
Tags :

Related : Peninggalan Kerajaan Bali Beserta Gambarnya

0 komentar:

Post a Comment