Saturday, December 17, 2016

Peninggalan Kerajaan Banten Beserta Gambarnya

Peninggalan Kerajaan Banten Beserta Gambarnya – Peninggalan sejarah memang sangatlah di minati oleh para sejarawan dan juga salahsatunya adalah para siswa sekolah yang mengerjakan tugas dari gurunya. Salah satu kerajaan yang banyak di minati oleh para sejarawan adalah kerajaan banten, dimana peninggalannya yang sekarang masih ada dan masih dapat di teliti kembali untuk lebih dalam lagi dan untuk di jadikan salah satu referensi untuk mata pelajaran.

masjid agung banten
Gambar Masjid Banten

Jika kita kebelakang, maka pada abad ke 16 masehi, tepatnya pada daerah pajajan di daerah yang beragama hindu, pusat kerajaan ini sekarang yang kita lihat menjadi daerah pakuan bogor. Kerajaan ini memiliki bandar bandar kerajaan seperti kerajaan banten, sunda kelapa, dan juga kerajaan Cirebon.

Sejarah dan peninggalan kerajaan banten


Sebelum kita membahas peninggalan dari kerajaan banten, maka alangkah baiknya kita ulas sedikit sejarah yang sudah hampir terlewat, mengenai adanya kerajaan banten, maka saat itu kerajan pajajaran telah mengadakan suatu kerjasama dengan portugis, maka dari itu portugis juga di ijinkan untuk mendirikan sebuah kantor pusan yang ada di kerajaan sunda kelapa, tepatnya kantor dagang dan juga benteng pertahanan.

Maka, para pemerintah kerajaan banten berencana untuk membendung pengaruh portugis di daerah pajajaran dengan cara sultan trenggono dari kerajaan demak memerintahkan panglima perang yang bernama fatahilah untuk menaklukan bandar bandar dari kerajaan pajajaran saat itu. Dan akhirnya pada tahun ke 1526 masehi kerajaan demak berhasil menguasai daerah banten.

Maka, sejarah mengatakan saat itu kekrajana yang bernama sunda kelapa juga berhasil direbut oleh fatahilah panglima perang kerajaan demak, dan saat tanggal 22 juni tahun 1527 masehi nama dari sunda kelapa di ganti dengan nama “jayakarta” ataupun yang sekarang menjadi terkenal dengan “Jakarta”  yang berarti adalah kota kemenangan. Dan pada tanggal itu lah di jadikan hari jadi kota Jakarta sampai saat ini.

Dengan singkat waktu, akhirnya seluruh dareah dari pantai utara provinsi jawa barat telah berhasil di kuasai oleh fatahillah, dan agama islam pun lambat laun akhirnya menyebar dengan luas di daerah Jawa Barat, dengan strategi yang kuat dan penyebaran yang luar biasa, sampai akhirnya fatahillah pun menjadi sang WALI (ulama yang besar) dengan di berikan gelar SUNAN GUNUNG JATI dan berdiam di daerah Cirebon.

Pada tahun tepatnya 1552 masehi putra dari sunan gunung jati yang bernama HASANUDIN di angkat menjadi sang penguasa kerajaan BANTEN. Dan putra  nya yang lain di angkat menjadi penguasa di kerajaan Cirebon. Dan fatahillah pun mendirikan kegiatan sendiri di daerah Gunung Jati Cirebon, sampai akhirnya beliau wafat pada tahun 1568 masehi.

Dan ini pun merupakan awal dari kerajaan banten yang merupakan kekuasaan dari kerajaan demak yang sebelumnya atasan dari Fatahillah sendiri.

Nama Raja – Raja Kerajaan Banten

1.Sultan Hasanuddin

Beliau memimpin tahta pada tahun 1552-1570 masehi, pada saat pemerintahan di bawah kekuasaannya, maka dia berhasil menguasai daerah Lampung Sumatera, yang saat itu banyak sekali rempah rempah yang di hasilkan.

2.Maulana Yusuf

Sultan maulana ini memerintah kreajaan banten pada tahun 1570 sampai tahun 1580 masehi. Dan sultan maulana yusuf ini pun bisa menaklukan kerajaan pajajaran di pakuan daerah bogor.

3.Maulana Muhammad

Setelah maulana yusuf wafat, akhirnya putranya yang di beri nama Maulana Muhammad di angkat tahta pada usianya yang berumur 9 tahun. Dan saat menjalankan pemerintahan kerajaan banten selagi menunggu maulana Muhammad dewasa, maka oleh MENGKUBUMI JAYANEGARA lah kepemimpinan di pimpin sementara.

4.Pangeran Ratu (Abdul Mufakhir)

Pangeran ini menggantikan posisi kerajaan raja banten saat usia 5 bulan, dan menjadi sultan banten yang ke empat. Pada tahun 1596-1651.

5.Sultan Ageng Tirtayasa

Sultan selanjutnya yang memerintah kerajaan banten adalah Sultan Ageng Tirtayasa, yang memerintah dsari tahun 1651 sampai 1682 masehi. Dan berhasil mengantarkan kerajaan banten pada puncak masa kejayaannya.

Peninggalan Kerajaan Banten

Melihat dari peninggalan yang ada dari kerajaan banten ini, maka hanya satu yang dapat kita temukan sekarang, yaitu berdirinya sebuah masjid yang sekarang di jadikan MASJID AGUNG BANTEN. Hanya masjid ini lah yang menjadi satu satunya peninggalan yang utuh di banten.

Bangunan masjid ini sampai sekarang masih terlihat asli dan juga dengan gaya tradisional atapnya yang di susun pun memperlihatkan adanya pengaruh hindu dan jawa. Dan di bagian samping nya masjid itu terdapat suatu museum yang juga di sebut dengan Tiamah.

Masjid ini di dirikan pada tahun 1652 masehi, di dirikan pada masa kekuasaan SULTAN ABDUL MUFAKIR, dan sebagai perancang masjid ini juga di panggil dengan nama LUCAS CARDEEL, masjid ini pun memiliki Menara yang tingginya setinggi 30 meter. Dan akhirnya dengan jasa lucas cardeel sebagai arsitek masjid maka di beri gelar lah dengan PANGERAN WIRAGUNA oleh sultan.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Buku Sekolah
Buku Sekolah Updated at: 2:44:00 PM
Tags :

Related : Peninggalan Kerajaan Banten Beserta Gambarnya

0 komentar:

Post a Comment