Peninggalan Kerajaan Demak Beserta Gambarnya

Peninggalan Kerajaan Demak Beserta Gambarnya - Kerajaan ini sangat lah terkenal di pulau jawa, terutama di daerah itu sendiri, selain kental dengan ajaran islamnya kerajaan ini juga di kenal sekarang sebagai KOTA WALI. Dimana mulai dari sinilah perjalanan para Wali Songo menyebarkan agama islam di Nusantara kita ini, maka dari itu patut lah kita tahu apa saja yang menyebabkan kerajaan ini sampai sekarang di kenang, salah satunya pasti karena banyak peninggalan nya yang sampai sekarang di rawat dan diurus sebagai bukti keberadaan kerajaan demak ini.

Salahsatu phenomena yang paling sangat istimewa ialah Masjid Agung Demak yang sampai sekarang ini masih berdiri kokoh, meskipun beberapa kali pernah mengalami Renovasi yang luamayan banyak, namun tidak mengubah keaslian dari peninggalan kerajaan demak dahulu. Masuknya agama islam ke Indonesia di mulai dari pulau jawa lewat kerajaan islam yang berdiri di pulau jawa.


Peninggalan Peninggalan Kerajaan Demak lengkap dengan Gambar

Sebelum ke peninggalannya perlu di ketahui juga, bahwa raja demak yang pertama ialah Raden Patah. Penyebar agama islam yang paling semangat di antara para Wali Songo. Berikut ini adalah peninggalan peninggalan dari Kerajaan Demak yang terkenal adalah :

1. Masjid Agung Demak
masjid agung demak
Gambar Masjid Agung DEMAK
Masjid agung ini di dirikan oleh Walisongo dan juga di prakarsai oleh Sang Sunan Kali Jaga, lokasi dari Masjid agung demak ini memang berada tepat sekali di tengah pusat kota Demak yang sekarang kita tahu.

Setiap hari nya para peziarah tidak lah melewatkan ziarahnya ke Masjid Agung Demak dengan niat berwisata Rohani dan juga untuk menadapatkan kebarokahan dari para Raja raja Demak yang sudah Wafat.

2. Makam Sunan Kalijaga
makam sunan kalijaga
Gambar Makam Sunan Kalijaga
Sunan ini merupakan sunan terkenal dalam penyebaran agama islam, sunan kalijaga ini juga menyebarkan islam sampai sek pelosok yang ada di tanah jawa, bahkan dalam dakwah nya juga beliau menggunakan suatu media seni yang sering kita pakai juga sekarang.

Karya yang paling istimewa dari sekian banyak hasil seni sunan kalijaga ini ialah lagu yang tembangnya berjudul Gundul-gundul Pacul, yang banyak kita nyanyikan dalam versi sholawat sekarang.

3. Pentungan yang di buat oleh Wali Songo
pentungan walisongo
Gambar Pentungan Wali Songo
Pentungan ini sering sekali di gunakan kala Sunan Kalijaga melaksakan penyebaran islam dengan dakwah dan  juga seni sastra dan musik.

4. Soko Tatal dan Soko Guru (tiang yang ada di masjid agung demak)
Jika anda berkunjung ataupun berziarah ke masjid agung demak, maka sempatlah anda masuk ke dalam dan melihat betapa luar biasanya kala kita melihat dua jenis tiang yang berdiri kokoh sebagai bukti dari perjuangan para wali yang semangatnya tidak pernah padam sampai para wali tersebut wafat.

Sengaja peninggalan ini saya posting, karena amat senang jika kita bisa lebih berbagi tentang ilmu, dan juga amat senang sekali kala masih banyak orang islam yang peduli akan sejarah asal mula penyebaran islam di Indonesia yang sangat pesat dan juga akhirnya bisa mendapat gelar umat muslim terbanyak di dunia.
Peninggalan Kerajaan Demak Beserta Gambarnya Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Desuci Lestari

Tidak ada komentar:

Posting Komentar