Langsung ke konten utama

Peninggalan Kerajaan Gajah Mada Beserta Gambarnya

Peningalan Kerajaan Gajah Mada Beserta Gambarnya - Ada seorang tokoh besar di masa lalu bangsa kita, yang mana sampai sekarang pun tokoh itu masih termasuk dalam kategori yang pilih tanding, ia ikut mewarnai masa masa keemasan yang di rasakan kerajana majapahit kala itu, mungkin kerajaan majapahit juga terkenal Karena adanya beliau, sampai sekarang pun namanya di abadikan dalam susunan Pendidikan palingg tinggi di Nusantra kita yaitu nama suatu Universitas yang bergengsi dan mampu bersaing di bidangnya di daerah Yogyakarta.

Sosok beliau adalah sosok yang patut di contoh, dari mulai kehidupannya, keperibadiannya, keberaniannya dan juga jasa jasanya, tidak lain dan tidak bukan nama beliau adalah MAHA PATIH GAJAH MADA sang legenda dari tanah Majapahit. Baca ; Sejarah Kerajaan Gajah Mada Lengkap Yang mempunyai Kerajaan Gajah Mada sendiri dan juga meninggalkan ribuan jenis sejarah yang tercatat, diantaranya adalah jiwa kepemimpinannya yang kita abadikan sampai sekarng, yang akan saya tuliskan di sini adalah sebagai berikut :

1.Panca Titi Darmaning Prabhu  (lima hal penting sebagai wujud perbuatan yang dapat ditiru dan dicontohkan)
2.Panca Tata Upaya (lima Teknik Modal Dasar untuk Berusaha)
3.Asta Dasa Brata Pramiteng Prabhu (18 kewajiban yang harus di penuhi sebagai modal sebagai pemimpin)
4.Laku Hambeging Bathara

Dari 4 faktor ini lah yang di tuliskan dalah sejarah sebagai teladan kepemimpinan yang luar biasa dan baik untuk di teladani sampai saat ini. Raja Majapahit pun tidak mempunyai catatan sejarah seperti maha patih Gajah Mada ini, sampai spesialnya dan juga uniknya sang maha patih dia di ceritakan mempunyai kerajaan sendiri yang peninggalan dari Kerajaan Gajah Mada ini masih di sebut sebut sampai sekarang.

Peninggalan dari Kerajaan Gajah Mada beserta Gambarnya

Bukanlah sebuh candi yang besar, bukan juga sebuah prasasti yang unik, namun peninggalan yang di tinggalkan oleh sang gajah mada ini merupakan barang ataupun sesuatu yang unik dan yang tidak dimiliki oleh kerajaan lain sekalipun oleh kerajaan majapahit itu sendiri, berikut peninggalan ataupun benda benda yang di tinggalkan oleh maha patih gajah mada itu.

Benda Unik Peninggalan Kerajaan Gajah Mada

Kerajaan Gajah Mada, merupakan suatu kerajaan yang terbesar di Nusantara kita ini, kerajaan ini mempunyai wilayah yang sangat lah luas, dan juga memiliki teknologi yang sangat canggih, lalu berbagai keunggulan yang lainnya yang juga dapat kita temukan dalam wilayah kerajaannya, salah satu diantaranya yaitu peninggalan dari Maha Patih Gajah Mada.

1. Celengan Majapahit
celengan majapahit - peninggalan kerajaan gajah mada
Gambar Celengan Majapahit
Siapa sangka, ternyata orang jawa pun dari masa kerajaan gajah mada telah rajin menabung, salah satu buktinya yaitu CELENGAN Majapahit ini yang terlihat seperti bentuk Babi. Namun sayang sekali celengan ini di temukan dengan kondisi yang pecah tapi setelah di upayakan kembali akhirnya ditemukanlah pecahannya hingga dapat di satukan kembali seperti bentuk utuhnya.

Celengan ini di temukan di daerah Trowulan di Jawa Timur sekita abad ke 14 dan 15 masehi, sekarang pun celengan ini masih dapat kita lihat. Dimana? Tentunya di Museum Gajah yang ada di Jakarta sekarang ini. Kalau penasaran mari kita kunjungi, Karena benda ini pun termasuk dalam salah satu kategori benda yang unik.

2. Arca Emas
arca emas majapahit  peninggalan kerajaan gajah mada
Gambar Arca Emas
Pernahkan kalian meliat arca yang luar biasa ini? Yaps,, arca ini menggambarkan bentukan bidadari di Kerajaan Gajah Mada yang sangat Anggun, katanya sih! Arca yang cetaka Emaspata ini katanya di sebut juga dengan BIDADARI SURGAWI. Dimana ini selalu menggambarkan gaya yang di punyai oleh majapahit dengan gaya khas melengkung, ini menggambarkan kesempurnaan kerajaan Gajah Mada saat itu dengan di sebut sebagai “Zaman Keemasan” Nusantara.

3. Terakota Wajah Maha Patih Gajah Mada
peninggalan kerajaan gajah mada
Gambar Trakota Wajah  Gajah Mada
Ini lah yang paling penting diantara semua peninggalan yang di tinggalkan oleh kerajaan Gajah Mada ini. Siapa tahu? Bahwa memang ini lah bentuk dari perwujudan wajah yang Maha Pati Gajah Mada yang sedang kita bahas ini. Dari sekian bentuk Terakota Wajah yang di temukan dari peninggalan Kerajaan Majapahit hanya yang inilah yang paling di lindungi, Karena orang lain pun menganggap memang ini lah  bentuk dari perwujudah asli sang Gajah Mada, maka dari itu di simpan lah ini di salahsatu Museum Nusantara kita.

4. Surya Majapahit
Peninggalan ini merupakan sebuah Lambang yang umumnya banyak sekali di temui dari reruntuhan Kerajaan Majapahit, sampai Surya Majapahit ini katanya merupakan symbol yang paling penting di Kerajaan itu sendiri, Karena lambing ini membentukan gaya dan bentuk matahari yang ada, bersudut 8 dengan salah satu bagian lingkaran yang ada di tengah yang di isi dengan penampilan para Dewa Dewa Hindu. Ini pun di sebut sebut sebagai peninggalan dari Kerajaan Gajah Mada juga.

5. Arca Pertapa Hindu
arca pertapa hindu - peninggalan kerajaan gajah mada
Arca Pertapa Hindu di Jerman
Ini lah salah satu arca yang masih di abadikan dan juga di simpan di salah museum di Indonesia, yaitu Arca yang mana menggabakan pertapa Hindu, dari pada Masa Kerajaan Gajah Mada akhirnya ini sekarang ada di daerah Museum FUR INDISCHE KUNST, BERLIN DAHLEM, NEGARA JERMAN.

6. Uang Gobog Majapahit
uang gobog majapahit - peninggalan kerajaan gajah mada
Uang Gobog Majapahit
Benda yang ada di Zaman dahulu ini yaitu di gunakan untuk salah satu mata uang yang berlaku pada saat Kerajaan Gajah Mada ini yang dibuat dari Tembaga. Ini pun di sisi depat nya terlihat Relief berupa gambar Perwayangan dan alat alat senjata yang berbentu Cakra dan juga ada Pohon Beringin nya. Sedangkan juga di sisi belakangnya jika di lihat ada relief pepohonan dan juga peralatan bentuk senjata lalu ada yang bentuk sesaji yang biasa di gunakan pada masa itu.

Ya, inilah peninggalan peninggalan dari kerajaan Gajah Mada yang mesti kita rawat dan juga jaga sampai sekarang ini, sebagai bukti kecintaan kita pada sejarah terdahulu.

Postingan populer dari blog ini

Jumlah Pemain Bola Voli Dalam Satu Regu

Jumlah Pemain Bola Voli Dalam Satu Regu - Permainan bola voli adalah olah raga yang sangat digemari oleh kaum laki-laki atau perempuan, dalam permainan ini jumlah pemain nya dibatasi dengan jumlah yang sedikit mengingat lapangan bola voli juga tergolong kecil, berbeda dengan sepak bola yang kita kenal dengan istilah kesebelasan. Jumlah pemain bola voli dalam satu regu maximal ada 6, sedangkan untuk jumlah minumum ada 4 orang.
Baca juga : Ukuran lapangan bola voli standar nasional

Aturan Jumlah Pemain Bola Voli dalam Satu Regu Setiap tim atau regu memiliki jumlah pemain 10 orang, 6 Orang pemain inti dan 4 orang pemain cadanagan. Pada saat pergantian pemain ketika pertandingan berlangsung tidak dibatasi.  Maksimal dalam satu pertandingaan harus ada 6 pemain inti. minimal 4 pemain. Jika kurang dari empat pemain, maka regu bersangkutan dianggap K.O.
Posisi Pemain Saat Pertandingan Bola Voli Posisi pemain ketika pertandingan berlangsung terbagi menjadi 3, diantaranya; 2 Pemain Smasher/spiker…

Tinggi Ring Basket Dari Lantai untuk Putra dan Putri

Tinggi Ring Basket Dari Lantai untuk Putra dan Putri - Ring basket merupakan sesuatu yang termasuk kedalam fasilitas bola basket. Ring basket juga merupakan poin penting dalam permainan bola basket karena ring adalah tempat di mana pemain harus menembak bola ke dalam rangka untuk mengumpulkan poin. Lalu berapakah tinggi ring basket ???
Pada psotingan ini kita akan sama sama mengkaji tinggi ring basket. Ring basket memiliki tinggi yang berbeda. Ketinggian resmi peraturan NBA ring basket adalah 10 kaki dari lantai atau 305cm, dan papan  3,5 kaki vertikal dan 6 kaki horizontal. Hoop berdiameter 18 inci. Ketinggian lingkaran itu adalah standar di semua tingkat bermain.
Baca Juga : Ukuran Lapangan Basket
National Basketball Association memiliki standar yang berbeda untuk hoops basket karena visibilitas dalam permainan dan sifat fisik atlet profesional. Papan pantul basket NBA terbuat dari kaca 1/4-inch-tebal dan 72 inci lebar 42 inci. Konektor terbuat dari  logam, dan lingkaran dan lingkar…

45 Butir-butir Pancasila

45 BUTIR-BUTIR PANCASILA - Sejak tahun 2003, berdasarkan Tap MPR No.I/MPR/2003, 36 butir pedoman pengamalan Pancasila telah diganti menjadi 45 butir butir Pancasila.  Tapi yang sangat disayangkan yaitu tidak adanya kebijakan pemerintah untuk memasukkanya ke dalam kurikulum pendidikan ataupun program doktrinasi lewat media. 
Namun, meski demikian tidak ada salahnya jika kita mengetahui bagaimana cara pengamalan Butir-butir Pancasila tersebut.  Berikut 45 Butir-butir Pancasila beserta contoh sikap yang mencerminkan pengamalannya:

45 BUTIR-BUTIR PANCASILA
A.  Ketuhanan Yang Maha Esa 1. Bangsa Indonesia menyatakan kepercayaanya dan ketaqwaanya kepada Tuhan Yang Maha Esa. 2. Manusia Indonesia percaya dan taqwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa, sesuai dengan agama dan kepercayaannya masing-masing menurut dasar kemanusiaan yang adil dan beradab. 3. Mengembangkan sikap hormat menghormati dan bekerjasama anatra pemeluk agama dengan penganut kepercayaan yang berbeda-beda terhadap Tuhan Yang Maha Esa…