Langsung ke konten utama

Peninggalan Kerajaan Kediri Beserta Gambarnya

Peninggalan Kerajaan Kediri Beserta Gambarnya - Kerajaan yang berdiri kokoh pada saat kurang lebih di abad ke 2 di Indonesia ini penah berdiri kerajaan yang dinamakan dengan Kerajana Kediri. Awal dari pendirian kerajaan ini di tandai dengan perang politik antara saudara keluarga kerajaan Panjalau dan juga Panji Garasakan yang berkuasa di daerah Jenggala.

Namun yang akan saya bahas sekarang bukanlah sejarah dari kerajaan ini, tapi saya akan memberikan informasi masalah peninggalannya yang sekarang masih ada dan menjadi bukti pernah adanya kerajaan ini di nusantara Indonesia.

nama nama peninggalan kerajaan kediri lengkap dengan gambar
Peninggalan Kerajaan Kediri
Nama – Nama Peninggalan Kerajaan Kediri

Berikut akan saya paparkan apa saja peninggalan dari kerajaan kediri ini, namun sebelumnya perlu di ketahui bahwa di bidah kebudayaan sangat terlihat sekali perkembangan di kerajaan ini, karena yang paling di lihat dan menonjol adalah seni sastra dan juga pertunjukan wayang di kerajaan ini, banyak di kenal juga dengan biasa kita sebut adanya Wayang Panji.

Sebagai bukti karya sastra yang banyak di tinggalkan sampai sekarang adalah di bawah ini sebagai berikut:

1. Kitab Baratayuda
Kitab ini ada pada zaman raja JAYABAYA, dan juga di Tulis pada masa raja Jayabaya juga, untuk memberikan suatu gambaran pernah terjadi nya sebuah perang saudara antara kerajaan panjalu yang melawan jenggala. Perang ini merekan gambarkan dengan suatu perang yang terjadi antara kurawa dan juga pandawa yang masing masing juga masih merupakan keturunan dari Barata.

2. Kitab Kresnayanan
Pernah kalian mendengar kan nama kitab ini? Sepertinya jarang. Karena kitab ini juga jauh di tulis dan di buat di jaman Raja Jayaswara.  Apa isi dari kitab tersebut?  Konon katanya kitab tersebut menceritakan sebuah perjalanan perkawinan yang terjadi antara Kresna dan juga Dewi Rumini. Ini bertujuan agar rakyat yang mereka pimpin melakukan hal yang sama dengan apa yang di lakukan oleh dewa kresna dan dewi Rukmini setelah menikah.

3. Kitab Smaradahana
Karya seni sastra yang selanjutnya ialah Kitab Smaradahana yang tepatnya di tulis oleh Empu Darmaja yang hidup di jaman Raja Kameswari dan di buat pada zaman tersebut juga. Perlu di ketahui oleh kita bahwa kitab tersebut isinya menceritakan sepasang suami istiri yang di namakan Smara dan juga Rati yang menggoda Dewa Syiwa yang kala itu sendang melakukan tapa.

Smara dan juga rail terkena akan kutukan dan langsung mati terbakar oleh api yang di sebut dengna dahana, karena kesakitan yang dirasakan oleh Dewa Syiwa. Namun dalam kitabnya di ceritakan bahwa kedua suami istri itu hidup kembali dalam jelmaan Kameswara dan juga permaisurinya sampai berakhirnya masa kejayaan dari kerajaan kediri.

4. Kitab Lubdaka
Sejarah menjelaskan bahwa kitab lubdaka ini ditulis oleh sang sastrawan yang bernama Empu Tanakung, yang saat itu hidup di zaman Raja Kameswara. Dalam kitab lubdaka tersebut berisi tentang seorang pemburu yang di namakan dengan lubdaka, dia sudah sangat banyak sekali membunuh manusia,

Pada suatu hati ia mengadakan suatu pemujian yang sangat istimewa sekali pada Syiwa, sehingga rohnya yang memang harusnya berada dan masuk di neraka menjadi masuk ke surga. Raja kerajaan kediri yang terakhir bernama Kertajaya ataupun sering di kenal dengan nama Dandang Gendis. Saat pada masa pemerintahannya, dia  mengalami pertentangan antara raja dan juga para pendeta dari kaum Brahmana.

Perang tersebut disebabkan oleh sombongnya raja Kertajaya itu dan sangat berani sekali menentang adat yang ada di kerajaan kediri kala itu. Hal ini juga menyebabkan para pendeta dai kaum Brahamna kelelahan dan tidak sanggup menahan Kertajaya sampai akhirnya meminta bantuan pada Ken Arok yang merupakan penguasa ti Tumapel pada tahun ke 1222 masehi. Dan berhasil lah ken arok mengalahkan kerajaan kediri.

Jadi, kesimpulan dari peninggalan kerajaan kediri ialah sebagai berikut :

a. Kresnayana oleh Empu Triguna.
b. Bharatayudha oleh Empu Sedah dan Empu Panuluh.
c. Smaradhana oleh Empu Dharmaja. 
d. Lubdaka oleh Empu Takunang
e. Berbagai macam prasasti
f. Arca

Postingan populer dari blog ini

Jumlah Pemain Bola Voli Dalam Satu Regu

Jumlah Pemain Bola Voli Dalam Satu Regu - Permainan bola voli adalah olah raga yang sangat digemari oleh kaum laki-laki atau perempuan, dalam permainan ini jumlah pemain nya dibatasi dengan jumlah yang sedikit mengingat lapangan bola voli juga tergolong kecil, berbeda dengan sepak bola yang kita kenal dengan istilah kesebelasan. Jumlah pemain bola voli dalam satu regu maximal ada 6, sedangkan untuk jumlah minumum ada 4 orang.
Baca juga : Ukuran lapangan bola voli standar nasional

Aturan Jumlah Pemain Bola Voli dalam Satu Regu Setiap tim atau regu memiliki jumlah pemain 10 orang, 6 Orang pemain inti dan 4 orang pemain cadanagan. Pada saat pergantian pemain ketika pertandingan berlangsung tidak dibatasi.  Maksimal dalam satu pertandingaan harus ada 6 pemain inti. minimal 4 pemain. Jika kurang dari empat pemain, maka regu bersangkutan dianggap K.O.
Posisi Pemain Saat Pertandingan Bola Voli Posisi pemain ketika pertandingan berlangsung terbagi menjadi 3, diantaranya; 2 Pemain Smasher/spiker…

Tinggi Ring Basket Dari Lantai untuk Putra dan Putri

Tinggi Ring Basket Dari Lantai untuk Putra dan Putri - Ring basket merupakan sesuatu yang termasuk kedalam fasilitas bola basket. Ring basket juga merupakan poin penting dalam permainan bola basket karena ring adalah tempat di mana pemain harus menembak bola ke dalam rangka untuk mengumpulkan poin. Lalu berapakah tinggi ring basket ???
Pada psotingan ini kita akan sama sama mengkaji tinggi ring basket. Ring basket memiliki tinggi yang berbeda. Ketinggian resmi peraturan NBA ring basket adalah 10 kaki dari lantai atau 305cm, dan papan  3,5 kaki vertikal dan 6 kaki horizontal. Hoop berdiameter 18 inci. Ketinggian lingkaran itu adalah standar di semua tingkat bermain.
Baca Juga : Ukuran Lapangan Basket
National Basketball Association memiliki standar yang berbeda untuk hoops basket karena visibilitas dalam permainan dan sifat fisik atlet profesional. Papan pantul basket NBA terbuat dari kaca 1/4-inch-tebal dan 72 inci lebar 42 inci. Konektor terbuat dari  logam, dan lingkaran dan lingkar…

45 Butir-butir Pancasila

45 BUTIR-BUTIR PANCASILA - Sejak tahun 2003, berdasarkan Tap MPR No.I/MPR/2003, 36 butir pedoman pengamalan Pancasila telah diganti menjadi 45 butir butir Pancasila.  Tapi yang sangat disayangkan yaitu tidak adanya kebijakan pemerintah untuk memasukkanya ke dalam kurikulum pendidikan ataupun program doktrinasi lewat media. 
Namun, meski demikian tidak ada salahnya jika kita mengetahui bagaimana cara pengamalan Butir-butir Pancasila tersebut.  Berikut 45 Butir-butir Pancasila beserta contoh sikap yang mencerminkan pengamalannya:

45 BUTIR-BUTIR PANCASILA
A.  Ketuhanan Yang Maha Esa 1. Bangsa Indonesia menyatakan kepercayaanya dan ketaqwaanya kepada Tuhan Yang Maha Esa. 2. Manusia Indonesia percaya dan taqwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa, sesuai dengan agama dan kepercayaannya masing-masing menurut dasar kemanusiaan yang adil dan beradab. 3. Mengembangkan sikap hormat menghormati dan bekerjasama anatra pemeluk agama dengan penganut kepercayaan yang berbeda-beda terhadap Tuhan Yang Maha Esa…