Wednesday, December 7, 2016

Peninggalan Kerajaan Kutai Kartanegara

Peninggalan Kerajaan Kutai Kartanegara - Siapa yang tidak tahu kerajaan kutai kartanegara? Ya memang kerajaan kutai ini sangat lah terkenal dikarenakan kerajaan ini lah yang menjadi Kerajaan Hindu Pertama di Indonesia. Sejak mulai abad ke empat masehi keberadaan kerajaan ini di akui, kalau kalian suka akan buku sejarah, maka pastilah kerajaan ini yang paling sangat banyak di bahas terutama di sekolah.

Kerajaan kutai kartanegara ini sangat jarang sekali di bahas tentang apa saja peninggalan nya, dan apa saja yang menjadi bukti bahwa kerajaan kutai karanegara ini pernah berdiri dan ada di nusantara, maka dari itu sangat lah penting sekali untuk kita mempelajarinya, mari kita bahas dengan peninggalan peninggalan kerajaan kutai sebagai kerajaan hindu pertama di Indonesia.

Jika kita lihat menurut sejarah juga, maka pada masa sekarang ataupun kurang lebih abad ke 21, kita dapat melihat peninggalan kerajaan kutai ini yaitu Musieum Mulawarman yang ada di Kota Tenggarong Kutai Kartanegara. Baca ; Sejarah Kerjaan Kutai Kartanegara ! Disana kita masih dapat menyaksikan peninggalan benda benda dari zaman kerajaan kutai, setelah kita simak maka inilah nama nama peninggalan kerajaan kutai yang hingga kini masih ada :

Nama - Nama Peninggalan Kerajaan Kutai

1. Prasasti Yupa
prasasti yupa
Gambar Prasasti Yupa

Pernah  kah kalian mendengar prasasti ini? Ya pastinya sudah sering. Karena tidak lain prasasti ini merupakan suatu peninggalan dari kerajaan kutai yang sangat tua dan juga paling lama ada. Dari prasasti ini lah di ketahui bahwa memang kerajaan kutai pernah ada tepatnya di daerah Kalimantan yang sekarang kita kenal.

Jika di lihat lihat, prasasti ini menyimpan beberapa Bahasa kuno yaitu Bahasa sansakerta dan juga memakan huruf ataupun jenis tulisan Pallawa, sebagaimana biasanya jaman dahulu di kerajaan Indonesia memang sering menggunakan Bahasadan juga jenis tulisan tersebut.

Dalam prasasti ini terlihat suatu makna yang memang mengungkapkan suatu jaman peradaban hindu yang ada di daerah Muara Kaman, tepatnya di hulu sungai Mahakam daerah Kalimantan Timur. Secara garis besarnya memang prasasti yupa ini mengisahkan tentang kehipuan kerajaan kutai di bidang politik, budaya dan sosisalnya kerajaan tersebut.

2. Ketopong Sultan
Ketopong Sultan
Gambar Ketopong Sultan

Pernah kalian mendengar istilah ketopong sultan? ya memang benar ketopong sultan ini merupakan mahkota raja kerajaan kutai. Sepintas memang sangat mirip dengan apa yang sering kita lihat sekarang dalam pertokohan wayang kulit kerajaan, namun yang satu ini ada dari jaman kerajaan kutai sampai sekarang, sungguh luar biasa, warna dan juga tekstur nya masih utuh seolah olah masih layak pakai.

Perlu di ketahui juga, bahwa ketopong ini di buat dari EMAS, dimana ketopong ini memiliki 1,98 KG. dan sekarang pun masi hada di Museum Nasional Jakarta. Luar biasa bukan? Benda ini juga konon katanya di temukan di Mura Kaman, pada tahun 1890 di daerah Kutai Kartanegara, sedangkan yang ada di Museum Mulawarman merupakan suatu potongan tiruan dari yang aslinya.

3. Kalung Ciwa
kalung ciwa
Gambar Kalung Ciwa

Dalam peninggalan kerajaan kutai, jangan sampai kita tidak membahas kalung ciwa ini, dimana kalung ciwa ini di temukan pada saat pemerintahan Sultan Aji Muhammad Sulaiman, dan kalung ini juga di temukan oleh salah satu penduduk di sekitar Danau Lipan Muara Kaman tepatnya pada tahun 1890.

Hingga saat ini kalung itu di pakai oleh para sultan sebagai perhiasannya dan juga di pakai ketika ada pesta sosok penobatan sultan yang baru saat itu.

4. Kura – Kura Emas
kura kura emas
Gambar Kura Kura Emas

Terlihat dalam gambar, sangat jelas, bahwa benda yang satu ini sangat lah terbilang uni, karena jelas gambar nya juga merupakan kura kura yang berwarna emas. Ini di simpan di Museum Mulawarman sekarang, sangat bersejarah sekali peninggalan ini, namun benda ini kurang lebih memiliki ukuran sebesar kepalan tangan.

Kura kura emas ini juga ditemukan di daerah Long Lalang yang mana kurang lebih nya berada di Hulu Sungai Mahakam. Dari sumber sejarah di katakana bahwa kerajaan kutai di berikan hadiah persembahan dari kerajaan China untuk seorang Putri di Kerajaan Kutai. Kura kura emas ini lah yang menjadi bukti dari pangeran tersebut untuk dapat mempersunting sang putri dari kerajaan kutai.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Buku Sekolah
Buku Sekolah Updated at: 7:52:00 PM
Tags :

Related : Peninggalan Kerajaan Kutai Kartanegara

0 komentar:

Post a Comment