Wednesday, December 7, 2016

Peninggalan Kerajaan Majapahit dan Gambarnya

Peninggalan Kerajaan Majapahit - Pernahkah kalian mendengar kerajaan Majapahit ? tentu lah ! siapa yang tidak tahu akan kerajaan majapahit ini, karena cerita dan sejarahnya yang popular sampai jaman kita sekarang, maka kerajaan ini pun tidak berhenti di jamannya, banyak sekali peninggalan – peninggalan kerajaan ini sampai akhirnya memaksa saya untuk membuat artikel tentang peninggalan dari kerajaan ini.

Awalnya saya tidak akan menyertakan nya dengan gambar, namun karena saran dari adik saya yang sekolah, karena banyak tugas di sekolahnya tentang sejarah juga maka dari itu saya akhirnya menyertakan gambar nya juga pada postingan peninggalan kerajaan majapahit ini.

Baca juga : Sejarah Kerajaan Majapahit Lengkap

Peninggalan Kerajaan Majapahit lengkap dengan Gambar 

Diantara peninggalan kerajaan Majapahit, berikut rinciannya yang lengkap dengan gambar nya:
1. Candi Wiringin Lawang
Peninggalan Kerajaan Majapahit dan Gambarnya
Candi Waringin

Peninggalan dari kerajaan majapahit yang pertama ialah ada yang dinamakan Candi Wiringin Lawaang, dimana candi ini berupa sebuah bangunan berbentuk gapura, dan dibuat dari bahan bata merah yang kurang lebih ukuran dasar nya adalah 13 x 11 m dan tingginya 15,5 m dengan sebuah arsitektur candi jenis bentar ataupun candi yang terbelah yang hingga saat ini pun sering sekali di aplikasikan dalam gaya arsitektur yang ada di Bali.

Fungsi yang utama dari bangunan candi wiringin lawang ini adalah menjadi pintu gerbang kala manuju kawasan utama yang ada di ibu kota kerajaan mapahit kala itu. Lokasinya juga memang mudah sekali untuk di jangkau, karena itu juga sangat terlihat sekali dari jalan utama di jalur Surabaya ke solo yang tepatnya di daerah Brangkal, yang ada sebelum memasuki wilayah Trowulan.

2. Candi Brahu
Peninggalan Kerajaan Majapahit dan Gambarnya
Candi Brahu

Candi ini berada di kawasan daerah yang dinamakan Bejijong, Trowulan yang sekarang kita lihat merupakan sentra pengrajin dari kuningan dan patung batu. Salah satu bangunan yang di anggap suci oleh rakyat kerajaan majapahit pada masa nya ialah bangunan Candi Brahu ini, tempat ini juga di gunakan oleh mereka untuk tempat beribadah dan juga untuk memuliakan semua anggota keluarga kerajaan yang sudah meninggal dunia.

Sejarah mengatakan, konon nya dulu itu ada 4 raja pertama yang menguasai kerajaan majapahit lalu di kremasi ataupun di prabukan di daerah kompleks bangunan candi brahu itu, maka dari itu mereka pun menganggapnya itu adalah tempat yang suci.

3. Candi Gentong
Peninggalan Kerajaan Majapahit dan Gambarnya
gambar Candi Gentong

Candi yang satu ini memang bisa di sebut unik, dari namanya juga terdengar sangatlah unik, namun sangat di sayangkan sekali bahwa candi ini sekarang masih dalam tahap restorasi, karena banyak sekali reruntuhan bangunan yang belum bisa di sebut sesuatu yang nyaman untuk di kunjungi dan di jamahi oleh kita, dan lokasi candi gentong ini pun berada di dekat candri brahu.

4. Candi Tikus
Peninggalan Kerajaan Majapahit dan Gambarnya
gambar Candi Tikus
Candi yang satu ini memiliki keunikan tersendiri, karena di dalamnya itu terdapat suatu kolam pemandian, di atasnya di bentuk bangunan yang berbentuk kolam bujur sangkar  di lengkapi oleh arsitektur teras yang bentuknya persegi juga di sisi utara nya terdapat suatu dasar tangga dari bangunan kolam di dalamnya, ini juga di mahkotai oleh Menara Menara yang di tata dalam susunan yang sangat konsentris yang menjadi puncak tertinggi juga dari candi ini.

Pasti kalian bertanya tanya mengapa dinamakan candi tikus? Dikarenakan ini di ambil dari lokasi yang dulunya menjadi sarang para tikus juga menjadi pengganggu hama bagi sawah penduduk majapahit yang bertani. Konon katanya kola mini di gunakan sebagai pemandian para putri raja-raja dari majapahit juga yang menonjol di puncaknya merupakan bentuk legendaris dari gunung mahameru.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Buku Sekolah
Buku Sekolah Updated at: 2:41:00 AM
Tags :

Related : Peninggalan Kerajaan Majapahit dan Gambarnya

0 komentar:

Post a Comment