Langsung ke konten utama

Peninggalan Kerajaan Mataram Kuno

Peninggalan Kerajaan Mataram Kuno – Pernahkan kalian mendengar kerajaan mataram kuno ? pasti pernah, karena kerajaan mataram kuno ini merupakan suatu kerajaan yang ada di Indonesia dengan suatu banyaknya ragam peninggalan dari berdirinya kerajaan ini. Maka dari itu saya akan membuat artikel tentang peninggalan peninggalan kerajaan mataram kuno.

Sejarah dan Peninggalan Kerajaan Mataram Kuno

Sebelum kita ke peninggalan dari kerajaan mataram kuno ini, maka kita akan lihat bagaimana pada pertengahan abad ke 8 di daerah jawa bagian jawa tengah telah berdiri kerajaan yang baru, dimana kerajaan itu yang sangat kita kenal dengan kerajaan mataram kuno. Dan sampai sekarang katanya mengenai letak dan juga pusatnya dari kerajaan mataram kuno ini belum dapat di pastikan.

Ada juga yang sering menyebutkan salah satu dari ahli sejarah yang mengatakan bahw kerajaan mataram kuno letak pusatnya adalah di daerah MEDANG yang letaknya di POH PITU, dan sementara itu juga keberadaan Poh Pitu pun sampai sekarang belum dapat di pastikan soal letak keberadaannya.

Namun, ahli sejarah yang mengatakan bahwa letak dari kerajaan mataram kuno ini adalah di daerah pegunungan yaitu di sebelah utara dari sungai gunung merapi yang sekarang sedang di katakan aktif. Selain gunung merapi keberadaan kerajaan mataram kuno ini ada juga di daerah sekitar gunung Merbabu, Sindoro dan juga Gungung Sumbing.

Masih mengenai letak dari keberadaannya, di jelaskan juga bahwa di sekeliling pegunungan tersebut ada sungaisungai yang menjadi letak pusat perdagangan di kerajaan mataram kuno waktu itu.

Namun, jika kita membahas masalah letak dan lokasi hanya akan menambah kebingungan karena ketidakpastiannya,maka dari itu kita akan mulai ke peninggalannya saja, yang mana ini membuktikan bahwa memang pernah adanya kerajaan mataram kuno yang bediri kokoh di nusantara kita ini.

Peninggalan Mataram Kuno

Untuk dapat kita ketahui dengan pasti adanya perkembangan di kerajaan Mataram Kuno, maka kita harus menoleh sejarah yang ada berupa Prasasti Peninggalan dari kerajaan mataram kuno ini. Adapun nama nama dari prasasti tersebut adalah salahsatunya sebagai berikut :

1.Prasasti Canggal
2.Prasasti Klura
3.Prasasti Balitung
4.Prasasti Kedu
5.Prasasti Kalasan

Dari ke 5 prasasti tersebut, adadi antaranya yang menyebutkan bahwa sumber sejarah kerajaan mataram kuno ini berasal dari salah satunya adalah Negara Cina. Dan salah satu peninggalan kerajaan Mataram Kuno di Jawa Tengah adalah sebagai berikut :

1.Prasasti Kalasan

Ini di temukan di daerah pedesaan yang di namakan dengan desa Kalasan Kota Yogyakarta yang di temukannya pada tahun 778 masehi, dan prasasti ini di tulis dengan tulisan huruf Pranagari yang di pakai di India Utara dan juga memakai Bahasa Sansakerta.

2.Prasasti Canggal

Prasasti ini jika di lihat di dalamnya di buat pada tahun 732 masehi, dan di tulis dalam bentu Candrasangkala, prasasti ini di temukan oleh rakyat pada Halaman daerah Candi Gunung Wukir tepatnya di Desa Canggal, maka dari itulah prasasti ini di namakan dengan prasasti Canggal.

3.Prasasti Mantyasih

Prasasti ini merupakan salah satu prasasti yang masih ada dari peninggalan kerajaan mataram kuno, tepatnya lagi prasasti ini di buat pada tahun 907 masehi dimana ini terdapat dalam tulisannya sendiri. Juga prasasti ini di dalamnya terdapat daftar dan juga silsisalh nama nama raja raja yang pernah memimpin tahta mataram kuno namun menggunakan bahasa jawa Kuno juga.

Di dalam prasasti tersebut diantaranya di tuliskan nama raja – raja nya sebagai berikut :

1.Raja Sanjaya
2.Rakai Panangkaran
3.Rakai Panunggalan
4.Rakai Warak
5.Rakai Garung
6.Rakai Pikatan
7.Rakai Kayuwangi
8.Rakai Watuhumalang
9.Rakai Watukura Dyah Balitung

Dan ada yang menyebutkan prasasti Mantyasih ini dengan nama prasasti Kedu ataupun Prasasti Belitung.

4.Prasasti Klurak

Prasasti jenis ini di temukan di Desa yang dinamakan dengan Desa Prambanan yang di dalamnya di tuliskan dengan angka 782 m. dan dalamnya di tulis dalam huruf Pranagarai dan juga isinya dalam bahasa Sansakerta. Prasasti ini menjelaskan tentang Pembuatan Arca Manjusri oleh sang Raja Indra yang di beri gelar dengan Sang Gramadananjaya.

Berikut gambar dari Prasasti Klurak ini:

prasasti prasasti peninggalan kerajaan mataram kuno
Gambar Prasasti Klurak

5.Candi Peninggalan Kerajaan Mataram Kuno

Salahsatu dari peninggalan kerajana mataram kuno ini ialah Candi yang ada di Jawa Tengah, salah satunya yang di temukan sekarang ialah sebagai berikut :

1.Candi Sambi Sari
2.Candi Mendut
3.Candi Plaosan
4.Candi Borobudur
5.Candi Prambanan

Dan selain dari candi candi yang di atas maka masih banyak lagi candi candi lain yang merupakan peninggalan dari kerajaan mataram kuno.

Postingan populer dari blog ini

Jumlah Pemain Bola Voli Dalam Satu Regu

Jumlah Pemain Bola Voli Dalam Satu Regu - Permainan bola voli adalah olah raga yang sangat digemari oleh kaum laki-laki atau perempuan, dalam permainan ini jumlah pemain nya dibatasi dengan jumlah yang sedikit mengingat lapangan bola voli juga tergolong kecil, berbeda dengan sepak bola yang kita kenal dengan istilah kesebelasan. Jumlah pemain bola voli dalam satu regu maximal ada 6, sedangkan untuk jumlah minumum ada 4 orang.
Baca juga : Ukuran lapangan bola voli standar nasional

Aturan Jumlah Pemain Bola Voli dalam Satu Regu Setiap tim atau regu memiliki jumlah pemain 10 orang, 6 Orang pemain inti dan 4 orang pemain cadanagan. Pada saat pergantian pemain ketika pertandingan berlangsung tidak dibatasi.  Maksimal dalam satu pertandingaan harus ada 6 pemain inti. minimal 4 pemain. Jika kurang dari empat pemain, maka regu bersangkutan dianggap K.O.
Posisi Pemain Saat Pertandingan Bola Voli Posisi pemain ketika pertandingan berlangsung terbagi menjadi 3, diantaranya; 2 Pemain Smasher/spiker…

Tinggi Ring Basket Dari Lantai untuk Putra dan Putri

Tinggi Ring Basket Dari Lantai untuk Putra dan Putri - Ring basket merupakan sesuatu yang termasuk kedalam fasilitas bola basket. Ring basket juga merupakan poin penting dalam permainan bola basket karena ring adalah tempat di mana pemain harus menembak bola ke dalam rangka untuk mengumpulkan poin. Lalu berapakah tinggi ring basket ???
Pada psotingan ini kita akan sama sama mengkaji tinggi ring basket. Ring basket memiliki tinggi yang berbeda. Ketinggian resmi peraturan NBA ring basket adalah 10 kaki dari lantai atau 305cm, dan papan  3,5 kaki vertikal dan 6 kaki horizontal. Hoop berdiameter 18 inci. Ketinggian lingkaran itu adalah standar di semua tingkat bermain.
Baca Juga : Ukuran Lapangan Basket
National Basketball Association memiliki standar yang berbeda untuk hoops basket karena visibilitas dalam permainan dan sifat fisik atlet profesional. Papan pantul basket NBA terbuat dari kaca 1/4-inch-tebal dan 72 inci lebar 42 inci. Konektor terbuat dari  logam, dan lingkaran dan lingkar…

45 Butir-butir Pancasila

45 BUTIR-BUTIR PANCASILA - Sejak tahun 2003, berdasarkan Tap MPR No.I/MPR/2003, 36 butir pedoman pengamalan Pancasila telah diganti menjadi 45 butir butir Pancasila.  Tapi yang sangat disayangkan yaitu tidak adanya kebijakan pemerintah untuk memasukkanya ke dalam kurikulum pendidikan ataupun program doktrinasi lewat media. 
Namun, meski demikian tidak ada salahnya jika kita mengetahui bagaimana cara pengamalan Butir-butir Pancasila tersebut.  Berikut 45 Butir-butir Pancasila beserta contoh sikap yang mencerminkan pengamalannya:

45 BUTIR-BUTIR PANCASILA
A.  Ketuhanan Yang Maha Esa 1. Bangsa Indonesia menyatakan kepercayaanya dan ketaqwaanya kepada Tuhan Yang Maha Esa. 2. Manusia Indonesia percaya dan taqwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa, sesuai dengan agama dan kepercayaannya masing-masing menurut dasar kemanusiaan yang adil dan beradab. 3. Mengembangkan sikap hormat menghormati dan bekerjasama anatra pemeluk agama dengan penganut kepercayaan yang berbeda-beda terhadap Tuhan Yang Maha Esa…