Saturday, December 17, 2016

Peninggalan Kerajaan Mataram Kuno

Peninggalan Kerajaan Mataram Kuno – Pernahkan kalian mendengar kerajaan mataram kuno ? pasti pernah, karena kerajaan mataram kuno ini merupakan suatu kerajaan yang ada di Indonesia dengan suatu banyaknya ragam peninggalan dari berdirinya kerajaan ini. Maka dari itu saya akan membuat artikel tentang peninggalan peninggalan kerajaan mataram kuno.

Sejarah dan Peninggalan Kerajaan Mataram Kuno

Sebelum kita ke peninggalan dari kerajaan mataram kuno ini, maka kita akan lihat bagaimana pada pertengahan abad ke 8 di daerah jawa bagian jawa tengah telah berdiri kerajaan yang baru, dimana kerajaan itu yang sangat kita kenal dengan kerajaan mataram kuno. Dan sampai sekarang katanya mengenai letak dan juga pusatnya dari kerajaan mataram kuno ini belum dapat di pastikan.

Ada juga yang sering menyebutkan salah satu dari ahli sejarah yang mengatakan bahw kerajaan mataram kuno letak pusatnya adalah di daerah MEDANG yang letaknya di POH PITU, dan sementara itu juga keberadaan Poh Pitu pun sampai sekarang belum dapat di pastikan soal letak keberadaannya.

Namun, ahli sejarah yang mengatakan bahwa letak dari kerajaan mataram kuno ini adalah di daerah pegunungan yaitu di sebelah utara dari sungai gunung merapi yang sekarang sedang di katakan aktif. Selain gunung merapi keberadaan kerajaan mataram kuno ini ada juga di daerah sekitar gunung Merbabu, Sindoro dan juga Gungung Sumbing.

Masih mengenai letak dari keberadaannya, di jelaskan juga bahwa di sekeliling pegunungan tersebut ada sungaisungai yang menjadi letak pusat perdagangan di kerajaan mataram kuno waktu itu.

Namun, jika kita membahas masalah letak dan lokasi hanya akan menambah kebingungan karena ketidakpastiannya,maka dari itu kita akan mulai ke peninggalannya saja, yang mana ini membuktikan bahwa memang pernah adanya kerajaan mataram kuno yang bediri kokoh di nusantara kita ini.

Peninggalan Mataram Kuno

Untuk dapat kita ketahui dengan pasti adanya perkembangan di kerajaan Mataram Kuno, maka kita harus menoleh sejarah yang ada berupa Prasasti Peninggalan dari kerajaan mataram kuno ini. Adapun nama nama dari prasasti tersebut adalah salahsatunya sebagai berikut :

1.Prasasti Canggal
2.Prasasti Klura
3.Prasasti Balitung
4.Prasasti Kedu
5.Prasasti Kalasan

Dari ke 5 prasasti tersebut, adadi antaranya yang menyebutkan bahwa sumber sejarah kerajaan mataram kuno ini berasal dari salah satunya adalah Negara Cina. Dan salah satu peninggalan kerajaan Mataram Kuno di Jawa Tengah adalah sebagai berikut :

1.Prasasti Kalasan

Ini di temukan di daerah pedesaan yang di namakan dengan desa Kalasan Kota Yogyakarta yang di temukannya pada tahun 778 masehi, dan prasasti ini di tulis dengan tulisan huruf Pranagari yang di pakai di India Utara dan juga memakai Bahasa Sansakerta.

2.Prasasti Canggal

Prasasti ini jika di lihat di dalamnya di buat pada tahun 732 masehi, dan di tulis dalam bentu Candrasangkala, prasasti ini di temukan oleh rakyat pada Halaman daerah Candi Gunung Wukir tepatnya di Desa Canggal, maka dari itulah prasasti ini di namakan dengan prasasti Canggal.

3.Prasasti Mantyasih

Prasasti ini merupakan salah satu prasasti yang masih ada dari peninggalan kerajaan mataram kuno, tepatnya lagi prasasti ini di buat pada tahun 907 masehi dimana ini terdapat dalam tulisannya sendiri. Juga prasasti ini di dalamnya terdapat daftar dan juga silsisalh nama nama raja raja yang pernah memimpin tahta mataram kuno namun menggunakan bahasa jawa Kuno juga.

Di dalam prasasti tersebut diantaranya di tuliskan nama raja – raja nya sebagai berikut :

1.Raja Sanjaya
2.Rakai Panangkaran
3.Rakai Panunggalan
4.Rakai Warak
5.Rakai Garung
6.Rakai Pikatan
7.Rakai Kayuwangi
8.Rakai Watuhumalang
9.Rakai Watukura Dyah Balitung

Dan ada yang menyebutkan prasasti Mantyasih ini dengan nama prasasti Kedu ataupun Prasasti Belitung.

4.Prasasti Klurak

Prasasti jenis ini di temukan di Desa yang dinamakan dengan Desa Prambanan yang di dalamnya di tuliskan dengan angka 782 m. dan dalamnya di tulis dalam huruf Pranagarai dan juga isinya dalam bahasa Sansakerta. Prasasti ini menjelaskan tentang Pembuatan Arca Manjusri oleh sang Raja Indra yang di beri gelar dengan Sang Gramadananjaya.

Berikut gambar dari Prasasti Klurak ini:

prasasti prasasti peninggalan kerajaan mataram kuno
Gambar Prasasti Klurak

5.Candi Peninggalan Kerajaan Mataram Kuno

Salahsatu dari peninggalan kerajana mataram kuno ini ialah Candi yang ada di Jawa Tengah, salah satunya yang di temukan sekarang ialah sebagai berikut :

1.Candi Sambi Sari
2.Candi Mendut
3.Candi Plaosan
4.Candi Borobudur
5.Candi Prambanan

Dan selain dari candi candi yang di atas maka masih banyak lagi candi candi lain yang merupakan peninggalan dari kerajaan mataram kuno.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Buku Sekolah
Buku Sekolah Updated at: 8:03:00 PM
Tags :

Related : Peninggalan Kerajaan Mataram Kuno

0 komentar:

Post a Comment