Monday, December 12, 2016

Peninggalan Kerajaan Singasari Beserta Gambarnya

Peninggalan Kerajaan Singasari Beserta Gambarnya - Pernah kah kamu mendengar kerajaan singasari? Ataupun kerajaan singosari? Ya, tentu kita sering mendengar kerajaan singasari ini. Karena selain letaknya yang merupakan masih bagian dari daerah jawa, kerajaan ini juga banyak sekali meninggalkan tempat yang sangat bersejarah sampai sekarang, sampai sampai kurang lebih ada sampai tidak kurang dari 10 jenis benda dan juga bangunan yang pernah di tinggalkan oleh kerajaan singosari ini.

Nama nama Peninggalan dari Kerajaan Singasari lengkap dengan Gambar

Untuk melihat lebih detail lagi bagaimana dan apa saja peninggalan dari kerajaan singasari ini, maka dari itu saya akan memaparkannya di lengkapi dengan gambarnya. Berikut di bawah ini:

1. Candi Singosari
peninggalan lengkap kerajaan singasari
Gambar Candi Singasari

Candi jenis ini berada di daerah Kecamatan Singosari tepatnya di daerah kabupaten Malang, dan juga lokasinya terltetak di sebuh lembah antara Pegunungan Tengger dan juga Gunung Arjuna.

Dalam suatu kitab dari peninggalan jaman singosari, ada dalam kitab Negarakertagama yang di damping juga dengan Prasasti Gajah Mada yang ada saat tanggal 1351 masehi di sebuah halaman komplek candi singosari ini.

Candi singasari ini juga merupakan suatu tempat adanya pendharmaan dari raja singasari yang terakhir, sang Kertanegara yang kala itu meninggal pada tahun 1292 masehi yang di akibatkan Karena istana dari kerajaan singosari di serang oleh tantara yang dinamakan tentara gelang-gelang yang saat itu di pimpin oleh jayakatwang, dengan suatu dugaan yang sangat kuat, candi ini katanya tidak pernah selesai di bangun kala itu.

2. Candi Jago
candi terang punden berundak
Gambar Candi Jago

Candi peninggalan dari kerajaan Singasari adalah candi yang disebut dengan sebutan Candi Jago, candi jago ini jika dilihat dari bentuknya memang sudah terlihat sangat unik dan juga luar biasa, Karena candi jago ini memiliki bentuk seperti Terang Punden Berundak, atasnya juga pada candi ini ada sebuah cerita setempat yang menyebutkan pernah tersambar petir namun tidak apa apa. Baca juga : Sejarah Kerajaan Singasari Secara Lengkap

Candi ini di hiasi dengan relief relief yang di namakan dengan kunjarakarna dan juga pancatantara yang dapat kita temui dalam arsitektur candi jago ini bahannya juga dari batu batuan andesit, dengan adanya candi ini dapat menjadi salah satu bukti pernah berdirinya kerajaan singosari yang gagah dan tak terkalahkan.

3. Candi Sumberawan
candi sumberawan
Gambar Candi Sumberawan
Selanjutnya, kita ke peninggalan kerajaan singosari yang di sebut dengan Candi Sumberawan, candi ini sangat unik sekali, Karena hanya candi inilah yang merupakan satu satu nya stupa yang tersisa di daeraha jawa timur. Karena jaraknya yang hanya 4 km dari kerajaan singosari dan dari candi singasari, maka dahulu kala candi ini di gunakan oleh para umat budha.

Di daerah sekitar pemandangan candi, ada suatu kesan keindahan yang terlihat, dimana di dekatnya ada suatu telaga yang sangat terlihat bening sekali airnya, juga di karenakan inilah candi ataupun stupa ini dinamakan dengan candi sumberawan.
4. Arca Dwarapala
candi kotaraja dan juga candi sumberawan
Gambar Arca Dwarapala
Mungkin sekilas tidak ada aneh nya dalam gambar ini, namun ada suatu keunikan sendiri kala kita perhatikan baik baik candi yang di sebut Arca Dwarapala ini. Salah satu di antaranya yaitu candi ini merupakan candi raksasa yang berbentuk monster dengan suatu ukuran yang sangat luar biasa besar sekali.

Menurut para ahli yang menjaga arca dwarapala ini , katanya arca ini merupakan pertanda masuknya kita ke wilayah yang disebut dengan KOTARAJA. Namun saat ini orang orang belum bias memastikan pastinya di mana letak KotaRaja dari Kerajaan Singosari tersebut.
5. Prasasti Manjustri
Prasasti ini adalah suatu manuskrip yang dihasilkan dair pahatan di sebelah belakang arca manjusri, di buat pada tahun 1343 masehi, kata ahli sejarah mengatakan bahwa Prasasti ini awalnya di simpan di dekat Candi Jago, namun sekarang telah di pindahkan di MUSEUM NASIONAL JAKARTA.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Buku Sekolah
Buku Sekolah Updated at: 11:08:00 AM
Tags :

Related : Peninggalan Kerajaan Singasari Beserta Gambarnya

0 komentar: