Langsung ke konten utama

Peninggalan Kerajaan Sriwijaya Beserta Gambarnya

Peninggalan Kerajaan Sriwijaya Beserta Gambarnya - Kerajaan yang satu ini merupakan kerajaan Hindu yang pernah berdiri dengan gagah dan juga mempunyai wilayah kekuasaan yang paling luas di Indonesia ini, maka dari itu pastilah sedikit banyaknya kita harus tahu akan peninggalan jaman kerajaan sriwijaya dahulu kala dan yang ada hingga saat ini.

Namun, sebelum kita menuju ke topik pembahasan yang lebih jauh lagi, perlu di bahas juga sedikit tentang sejarah yang ada di kerajaan sriwijaya ini. Kerajaan sriwijaya ini berada di pulau SUMATERA dengan darah yang di kuasainya meliputi dari Kamboja dan di bagian selatan Thailand, lalu ke Semananjung Malaya, Sumatera dan juga bahkan se sebagian Pulau Jawa telah di kuasai oleh kerajaan Sriwijaya ini yang besar.

Meski di kenal dengan kerajaan yang amat sangat besar penyebarann dan kekuasaannya, namun sangat sedikit sekali yang berhasil di amankan sebagai asset negara dan juga bukti pernah adanya kerajaan Sriwijaya yang telah berabad abad berlalu.

Baca juga : Sejarah Kerajaan Sriwijaya Secara Lengkap

Meskipun begitu, tapi ahli sejarah sangatlah menghargai apa yang telah di capai oleh kerajaan ini, bahkan mengapa tidak banyak candi yang dibuat? Karena dalam masa itu tidak banyak sekali batu alam yang ada dan bisa dipergunakan, dan itu lah yang menyebabkan hanya ada beberapa candi saja yang berhasil di buat.
Peninggalan Peninggalan Kerajaan Sriwijaya

Saat ini candi apa kah yang berhasil di jaga sampai saat ini sebagai bukti pernah adanya kerajaan Sriwijaya di Nusantara ini. Berikut peninggalan dari Kerajaan Sriwijaya :
1. Candi Muara Takus
Candi ini merupakan suatu peninggalan yang pertama kali di temukan di Sriwijaya, tepatnya di desa Mura Takus dan juga di Kabupaten Riau. Candi ini lah yang merupakan satu satunya candi yang ada di daerah kabupaten Riau. Karena candi ini di sebut  dengan candi takus itu karena keberadaannya yang di temukan oleh masyarakat di daerah muara takus, Riau.

Jika kita kesana, maka akan menemukan di daerah ataupun kompleks candi tersebut ada beberapa jenis candi lainnya juga yang di sebut oleh masyarakat setempat dengan sebutan Candi Sulung, candi Bungsu, Palangka dan juga Mahligai Stupa.

Sampai sejauh ini tidak ada yang mengetahui kapan pastinya candi muara takus ini di bangun, yang jelas ini sudah ada pada jaman kerajaan sriwijaya berdiri.

Dengan begitu lah, banyak sekali para ahli purbakala dan juga para ahli sejarah yang banyak memprediksikan keberadaan kompleks yang ada di sekitar candi ini, konon katanya juga candi ini banyak di sebutkan sebagai satu satunya pusat pemerintahan Kerajaan Sriwijaya yang kala itu berdiri.

Perlu di ketahui juga bahwa saat tahun 2009 silam, candi ini pernah di ajukan sebagai salah satu situs Warisan Dunia, namun tidak dapat diterima.

2. Candi Muaro Jambi
Peninggalan Kerajaan Sriwijaya
Gambar Candi Muaro Jambi
Peninggalan kerajaan sriwijaya yang berikutnya adalah Candi Muaro Jambi, candi ini merupakan sebuah komplek yang ada di agama hindu dan juga agama budha, dan juga merupakan candi terluas dan paling terawatt juga di negara Indonesia ini, yang dengan yakinnya di perkirakan candi ini juga merupakan salah satu peninggalan dari kerajaan sriwijaya dan juga kerajaan melayu.

3. Candi Biaro Bahal
Peninggalan Kerajaan Sriwijaya
Gambar Candi Portibi

Selanjutnya, peninggalan dari kerajaan yang di sebut dengan kerajaan sriwijaya adalah Candi Biaro Bahal yang sering juga di sebut Bahal ataupun Candi Portibi merupakan kompleks dari candi Budha yang alirang nya yaitu Vajrayana dan berada di sebuah desa yang di namakan dengan Desa Bahal Kabupaten Tapanuli Selatan, di Sumatera Utara.

Di percayai candi ini adalah warisan dari peninggalan kerajaan sriwijaya, yang di perkirakan adanya candi ini pada abad ke 11 di pesisir selat malaka yang akhirnya menjadi daerah kekuasaan dari kerajaan sriwijaya.

Candi biaro bahal ini terdiri dari tiga jenis bangunan yang terbilang dengan kuno, yaitu salah satu nya candi biaro I, biaro II, dan juga Biaro III.  Yang ketiganya ini merupakan candi yang saling berhubungan satu dengan lainnya, juga berbentuk dari sat ugaris yang lurus.

Mungkin hanya itu sebagian dari peninggalan sriwijaya yang dapat saya berikan, semoga banyak manfaat untuk kita semua, dan semakin suka akan suatu sejarah yang dulu pernah terjadi di Indonesia.

Postingan populer dari blog ini

Jumlah Pemain Bola Voli Dalam Satu Regu

Jumlah Pemain Bola Voli Dalam Satu Regu - Permainan bola voli adalah olah raga yang sangat digemari oleh kaum laki-laki atau perempuan, dalam permainan ini jumlah pemain nya dibatasi dengan jumlah yang sedikit mengingat lapangan bola voli juga tergolong kecil, berbeda dengan sepak bola yang kita kenal dengan istilah kesebelasan. Jumlah pemain bola voli dalam satu regu maximal ada 6, sedangkan untuk jumlah minumum ada 4 orang.
Baca juga : Ukuran lapangan bola voli standar nasional

Aturan Jumlah Pemain Bola Voli dalam Satu Regu Setiap tim atau regu memiliki jumlah pemain 10 orang, 6 Orang pemain inti dan 4 orang pemain cadanagan. Pada saat pergantian pemain ketika pertandingan berlangsung tidak dibatasi.  Maksimal dalam satu pertandingaan harus ada 6 pemain inti. minimal 4 pemain. Jika kurang dari empat pemain, maka regu bersangkutan dianggap K.O.
Posisi Pemain Saat Pertandingan Bola Voli Posisi pemain ketika pertandingan berlangsung terbagi menjadi 3, diantaranya; 2 Pemain Smasher/spiker…

Tinggi Ring Basket Dari Lantai untuk Putra dan Putri

Tinggi Ring Basket Dari Lantai untuk Putra dan Putri - Ring basket merupakan sesuatu yang termasuk kedalam fasilitas bola basket. Ring basket juga merupakan poin penting dalam permainan bola basket karena ring adalah tempat di mana pemain harus menembak bola ke dalam rangka untuk mengumpulkan poin. Lalu berapakah tinggi ring basket ???
Pada psotingan ini kita akan sama sama mengkaji tinggi ring basket. Ring basket memiliki tinggi yang berbeda. Ketinggian resmi peraturan NBA ring basket adalah 10 kaki dari lantai atau 305cm, dan papan  3,5 kaki vertikal dan 6 kaki horizontal. Hoop berdiameter 18 inci. Ketinggian lingkaran itu adalah standar di semua tingkat bermain.
Baca Juga : Ukuran Lapangan Basket
National Basketball Association memiliki standar yang berbeda untuk hoops basket karena visibilitas dalam permainan dan sifat fisik atlet profesional. Papan pantul basket NBA terbuat dari kaca 1/4-inch-tebal dan 72 inci lebar 42 inci. Konektor terbuat dari  logam, dan lingkaran dan lingkar…

45 Butir-butir Pancasila

45 BUTIR-BUTIR PANCASILA - Sejak tahun 2003, berdasarkan Tap MPR No.I/MPR/2003, 36 butir pedoman pengamalan Pancasila telah diganti menjadi 45 butir butir Pancasila.  Tapi yang sangat disayangkan yaitu tidak adanya kebijakan pemerintah untuk memasukkanya ke dalam kurikulum pendidikan ataupun program doktrinasi lewat media. 
Namun, meski demikian tidak ada salahnya jika kita mengetahui bagaimana cara pengamalan Butir-butir Pancasila tersebut.  Berikut 45 Butir-butir Pancasila beserta contoh sikap yang mencerminkan pengamalannya:

45 BUTIR-BUTIR PANCASILA
A.  Ketuhanan Yang Maha Esa 1. Bangsa Indonesia menyatakan kepercayaanya dan ketaqwaanya kepada Tuhan Yang Maha Esa. 2. Manusia Indonesia percaya dan taqwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa, sesuai dengan agama dan kepercayaannya masing-masing menurut dasar kemanusiaan yang adil dan beradab. 3. Mengembangkan sikap hormat menghormati dan bekerjasama anatra pemeluk agama dengan penganut kepercayaan yang berbeda-beda terhadap Tuhan Yang Maha Esa…