Langsung ke konten utama

Peninggalan Kerajaan Tarumanegara Beserta Gambarnya

Peninggalan Kerajaan Tarumanegara Beserta Gambarnya - Kerajaan yang di kenal dengan kerajaan Tarumanegara telah tercatat menjadi salah satu kerajaan yang pernah ada di Nusantara ini, karena keberadaan tersebut di akui atas dasar adanya peninggalan peninggalan bekas jaman kerajaan tarumanegara itu sendiri.

Berikut pada postingan kali ini saya akan membahas masalah peninggalan dari kerajaan tarumanegara secara lengkap dan juga di lengkapi dengan gambarnya.

Nama – Nama Peninggalan Kerajaan Tarumanegara Beserta Gambarnya 

1. Prasasti Ciaruteun
prasasti ciaruten
Gambar Prasasti Ciaruten
Pernahkah kalian mendengar prasasti ini? Tentu saja mungkin ada yang pernah ada juga yang belum pernah mendengarnya, prasasti ini telah di temukan oleh para warga yang ada di tepi sungai CIARUTEUN, Cisadane Bogor. Namun, perlu di ketahui sebagaimana biasanya, bahwa memang prasasti hasil peninggalan kerajaan jaman dahulu pasti lah di buat dengan tulisan sansakerta di dalamnya dan juga menggunakan Bahasa pallawa tentunya.

Para ahli sejarah telah menjelaskan bahwa dalam prasasti tersebut di tuliskan kisah mengenai raja Purnawarman yang menjadi raja di kerajaan tarumanegara saat itu. Juga terdapat 2 kaki yang sepasang di gambarkan yang di yakini juga bahwa telapak kaki itu merupakan telapak kaki nya dewa Wisnu.

Raja Pulawarman ini sangatlah di agungkan oleh rakyatnya, karena dia juga memiliki julukan yang di samakan dengan Dewa Wisnu karena kegagahannya, keberaniannya dan perlindungannya pada masyarakat. Dalam prasasti tersebut ada 4 baris kata kata dan juga ada yang menyebutkan bahwa prasasti ini sering di sebut juga dengan PRASASTI CIAMPEA.

2. Prasasti Kebon Kopi
prasasti kebon kopi
Gambar Prasasti Kebon Kopi
Selanjutnya, peninggalan dari kerajaan tarumanegara adalah prasasti kebon kopi, dalam prasasti ini terdapat bekas dua telapak kaki gajah yang konon katanya ini memang GAJAH AIRAWATA yang tidak lain merupakan gajah milik Dewa Wisnu, yang menemukan prasasti ini ialah tidak lain dari daerah Kampung Muara Hilir, dan pasti dengan Bahasa sansakerta dan tulisan Pallawa.

3. Prasasti Tugu
prasasti tugu
Gambar Prasasti Tugu
Prasasti ini terdiri dari kurang lebihnya 5 baris tulisan, yang ditulis dengan aksara Pallawa dan juga Bahasa sansakerta. Disini telah di temukannya prasasti ini yaitu di Tugu Kecamatan Cilincing, Jakarta Utara. Dalam prasasti ini juga di tuliskan bahwa Raja Purnawarman yang memerintah untuk menggali sebuah saluran air yangdi sebut Air Gomati dan juga Ghandrabaga yang kurang lebih berukuran sepanjang 6.112 tombak di dalamnya sampai selesai dalam waktu 21 hari saja.

4. Prasasti Jambu
prasasti tugu
Gambar Prasasti Jambu
Prasasti ini ditemukan di bukit Koleangkak Bogor, ini berisi tentang sebuah sanjungan atas kebesaran, keberanian dan juga kegagahan dari Raja Purnawarman yang menjadi raja pertama dari kerajaan tarumanegara kala itu. Di kota Bogor ini lah prasasti itu di temukan, yang di dalamnya terdapat sebuah puisi yang berisikan 2 baris tulisan sansakerta dan juga aksara pallawa.

5. Prasasti Muara Cianten
prasasti muara cianten

Untuk yang ke sekian kalinya, berikut juga salah satu peninggalan dari kerajaan tarumanegara jaman dahulu kala, dimana prasasti ini di temukan di Muara Cianten dan juga di tuliskan dengan aksara IKAL, dan sampai saat ini katanya prasasti tersebut belum dapat orang yang bisa membaca tulisannya.

6. Prasasti Cidanghiang
prasasti cidanghiang
Gambar Prasasti Cidanghiang
Untuk peninggalan kerajaan Tarumanegara yang keenam ini di namakan dengan Prasasti Cidanghiang, dimana prasasti ini di temukan di daerah Kampung Lebak yang tepatnya ada di pinggir sungai Cidanghiang, pandeglan provinsi Banten.

Dalam prasasti tersebut di tuliskan sebuah pujian dan juga sanjungan pada raja Purnawarman, dengan huruf ataupun aksara pallawa dan memakai Bahasa sansakerta. Prasasti ini di temukan pada tahun 1947, dan ada juga yang menyebutkan bahwa prasasti ini di namakan dengan prasasti lebak.

7. Prasasti Lebak Awi
prasasti lebak awi
Gambar Prasasti Lebak Awi
Peninggalan dari kerajaan Tarumanegara yang terakhir ialah Prasasti Lebak Awi, namun sangat di sayang kan prasasti ini belum dapat dibaca karena di tulis dengan aksara IKAL, juga dalam prasasti ini ada gambar yang menunjukan ada pahatan dahan dengan ranting, buah dan daun daun, serta gambar telapak kaki.

Postingan populer dari blog ini

Jumlah Pemain Bola Voli Dalam Satu Regu

Jumlah Pemain Bola Voli Dalam Satu Regu - Permainan bola voli adalah olah raga yang sangat digemari oleh kaum laki-laki atau perempuan, dalam permainan ini jumlah pemain nya dibatasi dengan jumlah yang sedikit mengingat lapangan bola voli juga tergolong kecil, berbeda dengan sepak bola yang kita kenal dengan istilah kesebelasan. Jumlah pemain bola voli dalam satu regu maximal ada 6, sedangkan untuk jumlah minumum ada 4 orang.
Baca juga : Ukuran lapangan bola voli standar nasional

Aturan Jumlah Pemain Bola Voli dalam Satu Regu Setiap tim atau regu memiliki jumlah pemain 10 orang, 6 Orang pemain inti dan 4 orang pemain cadanagan. Pada saat pergantian pemain ketika pertandingan berlangsung tidak dibatasi.  Maksimal dalam satu pertandingaan harus ada 6 pemain inti. minimal 4 pemain. Jika kurang dari empat pemain, maka regu bersangkutan dianggap K.O.
Posisi Pemain Saat Pertandingan Bola Voli Posisi pemain ketika pertandingan berlangsung terbagi menjadi 3, diantaranya; 2 Pemain Smasher/spiker…

Tinggi Ring Basket Dari Lantai untuk Putra dan Putri

Tinggi Ring Basket Dari Lantai untuk Putra dan Putri - Ring basket merupakan sesuatu yang termasuk kedalam fasilitas bola basket. Ring basket juga merupakan poin penting dalam permainan bola basket karena ring adalah tempat di mana pemain harus menembak bola ke dalam rangka untuk mengumpulkan poin. Lalu berapakah tinggi ring basket ???
Pada psotingan ini kita akan sama sama mengkaji tinggi ring basket. Ring basket memiliki tinggi yang berbeda. Ketinggian resmi peraturan NBA ring basket adalah 10 kaki dari lantai atau 305cm, dan papan  3,5 kaki vertikal dan 6 kaki horizontal. Hoop berdiameter 18 inci. Ketinggian lingkaran itu adalah standar di semua tingkat bermain.
Baca Juga : Ukuran Lapangan Basket
National Basketball Association memiliki standar yang berbeda untuk hoops basket karena visibilitas dalam permainan dan sifat fisik atlet profesional. Papan pantul basket NBA terbuat dari kaca 1/4-inch-tebal dan 72 inci lebar 42 inci. Konektor terbuat dari  logam, dan lingkaran dan lingkar…

45 Butir-butir Pancasila

45 BUTIR-BUTIR PANCASILA - Sejak tahun 2003, berdasarkan Tap MPR No.I/MPR/2003, 36 butir pedoman pengamalan Pancasila telah diganti menjadi 45 butir butir Pancasila.  Tapi yang sangat disayangkan yaitu tidak adanya kebijakan pemerintah untuk memasukkanya ke dalam kurikulum pendidikan ataupun program doktrinasi lewat media. 
Namun, meski demikian tidak ada salahnya jika kita mengetahui bagaimana cara pengamalan Butir-butir Pancasila tersebut.  Berikut 45 Butir-butir Pancasila beserta contoh sikap yang mencerminkan pengamalannya:

45 BUTIR-BUTIR PANCASILA
A.  Ketuhanan Yang Maha Esa 1. Bangsa Indonesia menyatakan kepercayaanya dan ketaqwaanya kepada Tuhan Yang Maha Esa. 2. Manusia Indonesia percaya dan taqwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa, sesuai dengan agama dan kepercayaannya masing-masing menurut dasar kemanusiaan yang adil dan beradab. 3. Mengembangkan sikap hormat menghormati dan bekerjasama anatra pemeluk agama dengan penganut kepercayaan yang berbeda-beda terhadap Tuhan Yang Maha Esa…