Langsung ke konten utama

Sejarah Batik Lengkap

Sejarah Batik Lengkap – Siapa yang tidak kenal dengan Batik? Ya, memang batik ini telah menjadi luas di seluruh masyarakat Mancanegara, khususnya di Indonesia ini. Ragam corak dan juga desainnya yang tidak pernah bosan dan juga tidak pernah habis di hasilkan, merupakan salah satu bahan utama agar batik ini tidak menjadi punah dan tidak hanya menjadi pajangan semata, bahkan sekarang pun pemerintah telah banyak menggunakan seragam yang bercorakkan batik untuk pakaian dinasnya. Ini juga merupakan  salah satu bentuk perhatian dan juga cara agar keragaman dan juga kebudayaan batik ini dapat di pertahankan dan juga di pelihara dengan baik oleh kita.

Pengertian Batik 

Batik adalah sebuah kain yang bergambarkan dengan Pembuatan nya yang khusus dengan menuliskan ataupn menerakan malam pada kain tersebut, selanjutnya pengolahannya di proses dengan cara yang khusus dan juga memiliki kekhasan. 
sejarah batik yang sangat lengkap beserta gambarnya
Gambar Sejarah Batik

Batik Indonesia telah di tetapkan oleh UNESCO sebagai Warisan Kemanusiaan Untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi (Masterpieces of the Oral and Intangible Heritage of Humanity) karena sebagai Keseluruhan teknik, pengembangan motif, teknologi dan juga budaya yang terkait oleh batik itu sendiri tepatnya sejak tanggal 02 Oktober tahun 2009 lalu dan sekarang telah kita kenal dengan Hari Batik Nasional.

Batik yang di produksi dari Indonesia ini bukan digunakan hanya oleh  orang jawa saja, karena hampir di seluruh Indonesia pula batik ini sering di kenakan oleh masyarakat, baik itu sebagai pakaian resmi, pakaian adat ataupun pakaian sehari hari, karena batik sangat cocok di pakai pada acara apapun itu. Dan untuk kalian semua yang sangat mencintai budaya kita yang di namakan batik ini maka teruskan simak baik baik artikel ini, karena saya akan membahas bagaimana adanya dan sejarahnya Batik, khususnya di Indonesia.

Pada saat itu, corak batik telah di tulis ataupun di lukiskan pada daun lotar dan juga papan rumah adaat di Jawa. Dan awalnya pola atau motig nya pun hanya di dominasi oleh gambar binatang ataupun tanaman saja, belum seperti sekarang ini. Dan para pengrajin batik juga masih sangat dapat di hitung jumlahnya, mereka juga membuat corak batik tersebut sebagai bentuk dan wujud pelampiasan seni dan keisengan hasrat dari seni semata dan dilakukannya juga hanya dalam waktu yang luang saja.

Lalu, perkembangan dari pada Batik ini sangat lah pesat, karena menarik sebuah perhatian yang sangat besar dari para pembesar kerajaan Majapahit saat itu, motif motif abstra, wayang beber, candi , motif awan pun dan juga sebagainya telah mulai di kembangkan dengan baik pada masa kerajaan Majapahit tersebut.
Penulisannya juga pun ditunjukkan oleh media yang berbeda beda, dari kain putih ataupun kain kain yang sudah berwarna terang menjadi salah satu pilihan yang paling banyak di cari dan juga yang paling di utamakan kareana di anggap lebih tahan lama dan juga bisa dipergunakan untuk pemanfaatan yang lebih banyak lagi saat itu.

Dari sana mulailah kepopuleran kain batik dan juga para pengrajinnya bersinar, para pembesar yang tertarik dari para pembesar kerajaan saat itu bukan lagi dari majapahit saja, mulai dari Kerajaan Demak, Mataram dan juga sampai ke kerajaan kerajaan berikutnya yang tertarik akan kerajinan batik. Dan juga dari masa kemasa akhirnya di jadikanlah batik ini sebagai symbol budaya Khusunya dari masa Pengaruhnya Agama Islam, motif batik yang bentuknya seperti binatang pun dihilangkan, karena para pembesar kerajaan menganggap ini sebagai motif yang menyalahi syariat islam hingga akhinrya tidak di perkenankan kembali menggunakan motif ini kecuali dengan menyamarkan oleh lukisan lukisan lainnya yang di buat.

Sejarah Teknik pembuatan Batik

Membahas masalah pembuatan batik tersebut, pada masa itu baik batik tulis merupakan satu satunya teknik yang telah di gunakan, dan juga dalam proses pembuatannya itu pun masih menggunakan bahan bahan yang masih terbilang alami yang telah di buat oleh para pengrajin itu sendiri menggunakan daun jati ataupun tanaman tanaman, pohon nila, mengkudu, tinggi dan juga dari Soda.

Sedangkan untuk bahan sodanya itu para pembatik saat itu menggunakan soda abu dan juga tanah lumpur. Penggunaan kain batik yang sebelum nya hanya lah di batasi di lingkungan kraton lambat laun saat itu pun mulai dikembangkan oleh para rakyat jelata, dan hal ini pun membuat corak batik yang ada semakin kian banyak dan banyak lagi, sesuai dengan minat dan keinginan yang memesan batik tersebut.

Perlu kita ketahui, bahwa memang asal usul batik juga tidak terlepas dari perkembangan adanya teknologi, dan pada masa yang sebelumnya teknik batik tulis menjadi satu satunya cara yang di lakukan untuk membuat corak batik dan motifnya, maka setelah peperangan berlangsung pada perang dunia ke I, maka medernisasi kian meluas, teknik batik cap dan juga teknik batik printing pun mulai dikenali oleh kebudayaan kita.
 Kedua teknik ini pun memang di kenal dengan teknik yang sangat efisien untuk pembuatan batik dan tidak harus juga memakan waktu yang banyak, meskipun memang secara kualitas nya di anggap kurang memiliki nilai estetis dibandingkan dengan hasil tulisan.

Dan sejarah dari perkembangan batik tidak hanya akan berhenti di situ saja, karena setelah kita lihat di era sekarang pun batik ini bukan hanya di kenal di negara kita saja, bahkan sudah ke Mancanegara dan bukan hanya di kenal sebagai corak pakaian saja.
 
Berbagai jenis di dalamnya di adakan kekreatifan dari para pengrajin, seperti yang kita lihat ada di tas, dasi, sepatu, hp bahkan sampai di helm pun sekarang sering kita lihat ada batik di dalamnya, maka itu kita pun harus bangga bahwa motif motif yang di gunakan sekarang sangatlah banyak dan juga sering kita lihat sekarang di dunia sekolah dan juga di kedinasan sering memakai motif batiknya.

Sekilas tentang sejarah batik yang kita bahas, maka saya akan akhiri sejarahnya sampai disini dulu, jangan lupa berkunjung terus ke blog ini.

Postingan populer dari blog ini

Jumlah Pemain Bola Voli Dalam Satu Regu

Jumlah Pemain Bola Voli Dalam Satu Regu - Permainan bola voli adalah olah raga yang sangat digemari oleh kaum laki-laki atau perempuan, dalam permainan ini jumlah pemain nya dibatasi dengan jumlah yang sedikit mengingat lapangan bola voli juga tergolong kecil, berbeda dengan sepak bola yang kita kenal dengan istilah kesebelasan. Jumlah pemain bola voli dalam satu regu maximal ada 6, sedangkan untuk jumlah minumum ada 4 orang.
Baca juga : Ukuran lapangan bola voli standar nasional

Aturan Jumlah Pemain Bola Voli dalam Satu Regu Setiap tim atau regu memiliki jumlah pemain 10 orang, 6 Orang pemain inti dan 4 orang pemain cadanagan. Pada saat pergantian pemain ketika pertandingan berlangsung tidak dibatasi.  Maksimal dalam satu pertandingaan harus ada 6 pemain inti. minimal 4 pemain. Jika kurang dari empat pemain, maka regu bersangkutan dianggap K.O.
Posisi Pemain Saat Pertandingan Bola Voli Posisi pemain ketika pertandingan berlangsung terbagi menjadi 3, diantaranya; 2 Pemain Smasher/spiker…

Tinggi Ring Basket Dari Lantai untuk Putra dan Putri

Tinggi Ring Basket Dari Lantai untuk Putra dan Putri - Ring basket merupakan sesuatu yang termasuk kedalam fasilitas bola basket. Ring basket juga merupakan poin penting dalam permainan bola basket karena ring adalah tempat di mana pemain harus menembak bola ke dalam rangka untuk mengumpulkan poin. Lalu berapakah tinggi ring basket ???
Pada psotingan ini kita akan sama sama mengkaji tinggi ring basket. Ring basket memiliki tinggi yang berbeda. Ketinggian resmi peraturan NBA ring basket adalah 10 kaki dari lantai atau 305cm, dan papan  3,5 kaki vertikal dan 6 kaki horizontal. Hoop berdiameter 18 inci. Ketinggian lingkaran itu adalah standar di semua tingkat bermain.
Baca Juga : Ukuran Lapangan Basket
National Basketball Association memiliki standar yang berbeda untuk hoops basket karena visibilitas dalam permainan dan sifat fisik atlet profesional. Papan pantul basket NBA terbuat dari kaca 1/4-inch-tebal dan 72 inci lebar 42 inci. Konektor terbuat dari  logam, dan lingkaran dan lingkar…

45 Butir-butir Pancasila

45 BUTIR-BUTIR PANCASILA - Sejak tahun 2003, berdasarkan Tap MPR No.I/MPR/2003, 36 butir pedoman pengamalan Pancasila telah diganti menjadi 45 butir butir Pancasila.  Tapi yang sangat disayangkan yaitu tidak adanya kebijakan pemerintah untuk memasukkanya ke dalam kurikulum pendidikan ataupun program doktrinasi lewat media. 
Namun, meski demikian tidak ada salahnya jika kita mengetahui bagaimana cara pengamalan Butir-butir Pancasila tersebut.  Berikut 45 Butir-butir Pancasila beserta contoh sikap yang mencerminkan pengamalannya:

45 BUTIR-BUTIR PANCASILA
A.  Ketuhanan Yang Maha Esa 1. Bangsa Indonesia menyatakan kepercayaanya dan ketaqwaanya kepada Tuhan Yang Maha Esa. 2. Manusia Indonesia percaya dan taqwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa, sesuai dengan agama dan kepercayaannya masing-masing menurut dasar kemanusiaan yang adil dan beradab. 3. Mengembangkan sikap hormat menghormati dan bekerjasama anatra pemeluk agama dengan penganut kepercayaan yang berbeda-beda terhadap Tuhan Yang Maha Esa…