Langsung ke konten utama

Sejarah Danau Toba Lengkap

Sejarah Danau Toba Lengkap  –  Siapa yang tidak tahun tentang Danau Toba, atau dengan kata lain Pulau Samosir? Ya, tentu lah kita sebagai masyarakat Indonesia akan tahu dan pernah mendengar apa itu Danau Toba dan bagaimana itu pulau samosir. Sejarah danau toba yang akan saya bahas sekarang ini akan saya rincikan secara detail bagai mana asal muasal dan juga sejarah dari adanya danau toba yang terletak di daerah Sumatera Utara di Indonesia ini .

sejarah lengkap tentang cerita rakyat danau toba
Gambar Danau Toba saat ini
Danau Toba ialah danau Vulkanik yang ada di tengah tengah danau ini sebuah pulau lagi yang sering kita sebut dengan Pulau Samosir. Dan kalian pun harus tahu bahwa danau Toba uin imerupakan salha satu danau terbesar di Asia Tenggara yang letaknya di Nusantara Indonesia kita tercinta ini. Dan dari jaman dahulu sampai sekarang pun danau ini lah menjadi salah satu tempat wisata yang sering banyak pengunjungnya, dari mulai dalam negeri dan juga Luar Negeri. salah satu yang menarik dari danau toba dan pulau samosir ini yaitu bagaimana ada nya cerita rakyat yang menjadi salah satu asal muasal adanya pulau yang terletak di tengah tengah danau.

Dan bagi para masyarakat sekitar yang hidup di daerah danau toba tersebut telah menjadikan danau toba ini menjadi salah satu pencaharian yang utama khususnya bagi para petani dan juga para nelayan dan pedangang sampai saat ini. Dan untuk lebih dalam lagi kita membahas bagaimana adanya asal usul ataupun sejarah adanya danau toba dan juga cerita rakyat yang popular di dalamnya, maka dari itu simak terus artikel ini.

Asal Usul Terbentuknya Danau Toba

Gunung Berapi yang sekarang ada Danau Toba nya, pernah meletus dengan letusan yang super kuat dan luar biasa, terjadinya sekitar 73.000 sampai 75.000 tahun yang lalau, ini pun di sebut dengan letusan Supervolcano dimana gunung berapi yang meletus dengan dahsyatnya.

Dan para ahli arkeologi dan geografi pun meneliti di antaranya Bill Rose dan Craig Chesner dari daerah Michingan Technological University telah memperkirakan bahwa memang bahan bahan vulkanik yang saat itu di keluar kan oleh gunung berapi nya sebanyak 2.800 km3, dan batuan Ignimbritnya sebanyak 2.000 km3, lalu abu vulkanik yang di keluarkannya pun tertiup oleh angin ke arah barat kurang lebih selama 2 minggu berturut turut.

Saking hebatnya letusan gunung berapi tersebut sampai sampai abu vulkanik yang ditiup oleh anginnya pun sampai menutupi separuhnya bumi, dimana negara China dan juga Afrika Selatan pun tertutup oleh angin debu vulkanik dari letusan gunung ini, bisa di bayangkan kan bagaimana dahsyat nya gunung berapi ini meletus? Dan letusannya pun terjadi selama 1 minggu, dan Lontaran dari debunya mencapai sampai ke 10 km di permukaan di atas laut saat itu.

Diperkirakan karena kejadian ini banyak sekali membuat kerugian dan juga kematian masal, dimana banyak sekali spesies yang di ikuti dengan kepunahan mereka, baik itu di darat ataupun di laut. Menuru beberapa bukti dari DNA, letusan ini un telah menyusutkan populasi manusia sampai jumlah nya hilang sebanyak 60% dari jumlah manusia yang ada di muka bumi waktu itu. Dan sekitar kurang lebih ada 60 juta manusia diperkirakan dengan 60%. Letusan yang asalnya dari gunung berapi di pulau sumatera selatan ini menyebabkan terjadinya zaman es, walau pun sampai sekarang para peneliti dan ahli masih memperdebatkannya.

“Dan akhirnya, dari letusan tersebut yang sudah terjadi terbentuklah Kaldera yang kemudian terisi oleh air dan sekarang telah di kenal dengan Danau Toba, dan dikarenakan adanya tekanan ke atas dari magma yang belum keluar maka itu menyebabkan adanya kemunculan pulau Samosir yang sekarang dapat kita lihat dan kunjungi langsung”.

Fakta Dahsyatnya Letusan dari Gunung Toba

Banyak sekali fakta yang membuktikan bahwa memang letusan gunung berapi yang purba itu sangatlah luar biasa, dan bagaimana fakta faktanya? Simak sejarah danau toba berikut:

  • Tim penelitian Internasional yang di pimpin oleh Dr. Michael Petraglia mengatakan dalam Konfersi Pers di Oxford, bahwa Amerika Serikat telah menemukan situs arkeolog yang baru dan luas juga sangat spektkuler oleh para ahli Geologi yang ada di Selatan dan juga di India Utara. Disana terungkap adanya cara bagaimana manusia bertahan hidup sebelum dan juga sesudah letusan Gunugn Berapi Supervolcano Toba tersebut pada kurang lebih kurun waktu 74.000 tahun yang lalu.
  • Ada selama 7 tahun para ahli dari Oxford Universiti telah meneliti ekosistem yang ada di India untuk mencari bukti adanay kehidupan dan juga sisa tulang belulang dari hewan yang berserakan, dan juga tim menyimpulkan bahwa daerah yang sangat cukup luas ini ternyata memang telah di tutupi oleh debu yang berasal dari letusan gunung Berapi Purba Toba di Indonesia.
  • Debu yang tersebar dari letusan Gunung itu pun akhirnya menyeber ke hampir seluruh Dunia karena Erupsi Supervolcano Purba di Indonesia, yaitu Gunung Toba.
  • Penyebaran dari Debu Supervolcano ini terekam sampai ke Kutub Utara.
  • Gelombang laut yang di sebabkan oleh letusan sampai memusnahkan kehidupan spesies di samudera Atlantis.

Semua keterangan diatas saya ambil dari sumber terpercaya, yaitu Wikipedia Indonesia.

Postingan populer dari blog ini

Jumlah Pemain Bola Voli Dalam Satu Regu

Jumlah Pemain Bola Voli Dalam Satu Regu - Permainan bola voli adalah olah raga yang sangat digemari oleh kaum laki-laki atau perempuan, dalam permainan ini jumlah pemain nya dibatasi dengan jumlah yang sedikit mengingat lapangan bola voli juga tergolong kecil, berbeda dengan sepak bola yang kita kenal dengan istilah kesebelasan. Jumlah pemain bola voli dalam satu regu maximal ada 6, sedangkan untuk jumlah minumum ada 4 orang.
Baca juga : Ukuran lapangan bola voli standar nasional

Aturan Jumlah Pemain Bola Voli dalam Satu Regu Setiap tim atau regu memiliki jumlah pemain 10 orang, 6 Orang pemain inti dan 4 orang pemain cadanagan. Pada saat pergantian pemain ketika pertandingan berlangsung tidak dibatasi.  Maksimal dalam satu pertandingaan harus ada 6 pemain inti. minimal 4 pemain. Jika kurang dari empat pemain, maka regu bersangkutan dianggap K.O.
Posisi Pemain Saat Pertandingan Bola Voli Posisi pemain ketika pertandingan berlangsung terbagi menjadi 3, diantaranya; 2 Pemain Smasher/spiker…

Tinggi Ring Basket Dari Lantai untuk Putra dan Putri

Tinggi Ring Basket Dari Lantai untuk Putra dan Putri - Ring basket merupakan sesuatu yang termasuk kedalam fasilitas bola basket. Ring basket juga merupakan poin penting dalam permainan bola basket karena ring adalah tempat di mana pemain harus menembak bola ke dalam rangka untuk mengumpulkan poin. Lalu berapakah tinggi ring basket ???
Pada psotingan ini kita akan sama sama mengkaji tinggi ring basket. Ring basket memiliki tinggi yang berbeda. Ketinggian resmi peraturan NBA ring basket adalah 10 kaki dari lantai atau 305cm, dan papan  3,5 kaki vertikal dan 6 kaki horizontal. Hoop berdiameter 18 inci. Ketinggian lingkaran itu adalah standar di semua tingkat bermain.
Baca Juga : Ukuran Lapangan Basket
National Basketball Association memiliki standar yang berbeda untuk hoops basket karena visibilitas dalam permainan dan sifat fisik atlet profesional. Papan pantul basket NBA terbuat dari kaca 1/4-inch-tebal dan 72 inci lebar 42 inci. Konektor terbuat dari  logam, dan lingkaran dan lingkar…

45 Butir-butir Pancasila

45 BUTIR-BUTIR PANCASILA - Sejak tahun 2003, berdasarkan Tap MPR No.I/MPR/2003, 36 butir pedoman pengamalan Pancasila telah diganti menjadi 45 butir butir Pancasila.  Tapi yang sangat disayangkan yaitu tidak adanya kebijakan pemerintah untuk memasukkanya ke dalam kurikulum pendidikan ataupun program doktrinasi lewat media. 
Namun, meski demikian tidak ada salahnya jika kita mengetahui bagaimana cara pengamalan Butir-butir Pancasila tersebut.  Berikut 45 Butir-butir Pancasila beserta contoh sikap yang mencerminkan pengamalannya:

45 BUTIR-BUTIR PANCASILA
A.  Ketuhanan Yang Maha Esa 1. Bangsa Indonesia menyatakan kepercayaanya dan ketaqwaanya kepada Tuhan Yang Maha Esa. 2. Manusia Indonesia percaya dan taqwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa, sesuai dengan agama dan kepercayaannya masing-masing menurut dasar kemanusiaan yang adil dan beradab. 3. Mengembangkan sikap hormat menghormati dan bekerjasama anatra pemeluk agama dengan penganut kepercayaan yang berbeda-beda terhadap Tuhan Yang Maha Esa…