Sejarah Reog Ponorogo Lengkap

Sejarah Reog Ponorogo Lengkap Indonesia memang memiliki jutaan budaya dan juga kesenian yang ada di dalamnya, dan salah satu dari karya seni terbesar di Indonesia juga ialah yang sering kita kenal dengan Reog Ponorogo. Kesenian ini sangat terkenal khususnya di daerah Jawa, karena asal mula kesenian ini ada di Indonesia yaitu ada di daerah Jawa Timur.

Kenapa bisa ini di sebut dengan reog ponorogo? Ya, tentu saja karena reog ini pun di jawa timurnya asalnya di daerah Ponorogo, Provinsi Jawa Timur, sering kita lihat di tv ataupun secara langsung juga, memang banyak sekali keunikan dan juga keanehan dari reog ponorogo ini. Maka sudah seharusnya kita mendalami dan juga mempelajari apa yang ada di balik Sejarah Reog Ponorogo ini.

sejarah lengkap tentang asal usul reog ponorogo
Gambar Reog Ponorogo
Jika mereka para pelaku seni sedang melakukan pentas seni reog ponorogo maka mereka akan dihiasi dan di damping pula penampilannya oleh Warok juga oleh Gemblak Regot, dimana sosok kedua itulah yang akan ikut mengiringi dan memeriahkan pentas rego ponorogo jika sedang di sajikan para wisatawan dan juga pengunjung yang datang ke tempat reog ponorogo ini.

Reog Ponorogo ini merupakan salah satu asset budaya dan juga salah satu khas budaya Negara yang ada di Indonesia, karena keadaan reog ini yang masih sangat kental sekali dengan berbagai rupa jenis hal yang mengandung nilai nilai mistik, dan juga dengan keilmuan batin yang di perankan dari lakon reog yang kuat itu sendiri, dan mulailah sejarah reog ponorogo ini di mulai pada tahun 1920’an, tepatnya mamang sebelum Indonesia merdeka pun reog ini sudah ada terlebih dahulu, dan sering di tonton oleh orang orang penjajah yang saat itu telah menjajah Negara Indonesia.

Cerita tentang Sejarahnya Reog Ponorogo

Jika kita melihat sejarah dan juga kita melihat cerita tentang bagaimana asal usul dari reog ponorogo ini sangat lah banyak versinya, dimana kurang lebih ada 5 cerita yang berbeda beda tentang reog ponorogo ini, namun diantara yang terkenal ada yang paling popular dan yang paling banyak di ceritakan tentang reog ponorogo ini, yaitu cerita tentan gpemberontakan yang di lakukan oleh Ki Ageng Kutu yang merupakan salah seorang abdi nya kerajaan saat masa kerajaan di pimpin tahtanya oleh Bhre Kertabhumi, yang merupakan sang Raja Majapahit yang terakhir.

Raja ini berkuasa pada abad yang ke 15 masehi, dan Ki Ageng Kutu ini marah besar dikarenakan oleh pengaruh yang kuat dari sang pihak istri raja kerajaan majapahit yang memang asalnya berasal dari Negara China, dan selain sebab itu juga memang raja Bhre Kertabhumi tidak lah merupakan seorang raja yang adil tapi dalam selama masa kepemimpinan nya itu dia sering sekali melakukan korupsi dan juga Ki Ageng dari sana sangat dapat memastikan bahwa memang kejayaan dari Kerajaan Majapahit akan segera dengan cepat berakhir, dan memang itu kenyataan.

Dan kemudian dari sana, akhirnya Ki Ageng Kutu berprinsip untuk meninggalkan kerajaan dan mendirikan Perguruan yang besar, karena tidak kuat dengan sikapnya raja, dia pun mengajarkan murid murid perguruan tersebut dengan ilmu kekebalan diri yang langsung dia ajarkan, seni dari Bela Diri ini berlaku untuk semua kalangan, dimulai anak anak sampai orang tua dan dewasa juga, kareana ia pun memang terkenal dengan kesaktiannya dan juga kekuatannya yang sangat luar biasa.

Pada pengajarannya diapun memberikan ilmu kesempurnaan hidup dengan memberikan harapan kepada muridnya bahwa memang merekalah yang nantinya akan menjadi bibit baru dalam masa kebangkitan kerajaan majapahit  yang saat itu mulai runtuh dan hancur.

Asal Usul Sejarah Reog Ponorogo

Dengan penuh kesadaran diri, bahwa memang pasukannya ini masih terlalu kecil untuk menantang dan meruntuh kan pasukan dari kerajaan, maka aksinya pun di lakukan dengan memberikan pesan politis yang dilakukan dengan aksi pertunjukan Reog Ponorogo yang bertujuan untuk menyindir ataupun “sindiran” pada raja Majapahit yaitu Kertabhumi dan juga kerajaan nya yang mulai akan runtuh.

Dan dengan percayanya dan juga perkembangannya yang sangat pesat, akhirnya dapat di apresiasikanlah pertunjukan Reog ini utnuk menjadikan cara dan juga menjadikan strategi dari Ki Ageng Kutu untuk membangun sebuah perlawanan masyarakat local dengan media Reog, dan dalam pertunjukan reog nya itu pun di tampilkan orang yang mengenakan topeng dalam bentuk kepala singa yang sangat besar sekali dan juga berat dimana orang orang sekarang memanggilnya dengan “Singa Barong” sang raja hutan, yang di tujukan kepada raja Kertabhumi. 

Karena di atas kepala singa barong tersebut di simpan juga bulu bulu burung merak yang sampai benar benar sangat mirip dengan kipas raksasa yang di simbolkan untuk pengaruh yang kuat dari para keran China nya kerajaan dan juga pada gerak gerik yang dilakukannya.

Lalu sosok selanjutnya dalam reog ponorogo ini yaitu “jatilan” yang merupakan peranan pasukan gemblak yang menunggangi sebuah kuda kudaan, itu di simbolkan utnuk kekuatan yang memang dimiliki oleh pasukan kerajaannya majapahit yang juga jadi perbandingan sangat kontrasnya antar kekuatan warok. Lalu yang ada di balik topeng tersebut ia merupakan badut merah yang mana ini ditunjukkan untuk symbol Ki Ageng Kutu, dia sendirian dan menopang sebuah topeng yang beratnya sampai mencapai kurang lebihnya sampai 50 kg, dengan hanya menggunakan giginya saja, luar biasa kan?

Dan dengan  mendengar kabar yang demikian membuat raja majapahit yang terakhir itu murka dan langsung memberikan perlawanan dengan menyerang perguruan Ki Ageng Kutu, namun ini dapat segera di selesaikan karena bantuan dari Warok, sehingga dari mulai saat itu menyebabkan perguruan tinggi di larang untuk melanjutkan ajarannya akan Warok. Namun, tidak sampai di situ, murid murid Ki Ageng Kutu tersebut melanjutkan ajaran ini dengan secara sembunyi sembunyi dan juga diam diam, karena Kesenian Reog itu pun akhirnya dengan sendiri nya dapat popular sama seperti yang sekarang banyak kita lihat di daerahnya.

Dan semakin bertambahnya waktu, dan juga di dukung dengan factor teknologi, maka dengan inilah banyak kemajuan yang ada dalam kesenian reog ini, diantaranya sekarang banyak di tambahkan tokoh tokoh yang beraksi dalam pertunjukan tersebut, diantaranya yaitu Dewi Songgolangit, Sri Genthayu dan juga Kelono Sewandono. Dan sampai saat ini pun masih mengikuti dan membudidayakan kebudayaan yang ditinggalkan oleh leluhurnya dahulu, karean ini lah reog pun merupakan salah satu warisan budaya Indonesia yang sangat kaya.

Dan sekian dulu dari saya tentang asal usul dan sejarah dari reog ponorogo, terus kita jaga sejarah dan kita lestarikan apa yang menjadi warisan leluhur bangsa Indonesia ini. Terimakasih.
Sejarah Reog Ponorogo Lengkap Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Desuci Lestari

Tidak ada komentar:

Posting Komentar