Langsung ke konten utama

Sejarah Singkat Kerajaan Aceh

Sejarah Singkat Kerajaan AcehKerajaan Aceh sangatlah banyak di bicarakan dalam catatan sejarah, karena kerajaan aceh ini adalah SERAMBI MEKAH, sampai grup nasyid dari Indonesia pun akhirnya mempunyai lagu tentang serambi mekah ini. Kerajaan ini awal di dirikan oleh seorang sultan yang bernama Sultan Ali Mughayat Syah, awalnya sultan ini berhasil melepas diri dari kerajaan Pedir yang kala itu di daerah aceh, lalu mendirikan lah dia sebuah kerajaan aceh yang mana keberhasilannya tidak di sangka-sangka.

sejarah singkat dan lengkap kerajaan aceh 
 

Sejarah Kerajaan Aceh Singkat
Sultan ini pun kemudian di perintahkan oleh alaudin raiyat syah dan akhirnya berhasil lah kerajaan aceh ini sampai ke masa kejayaannya ketika di pimpin tahtanya oleh Sultan Iskandar Muda. Namun kala itu banyak sekali pedagang yang dating ke daerah acih ini dan sampai sekarang pun masih banyak, karena di kota aceh ini banyak sekali hasil bumi yang terdapat. Ini di sebabkan oleh kebudayaan yang di tinggalkan oleh pemerintah yang di pimpin Iskandar muda yang juga di namakan dengan Masjid Baiturrahman.

Setelahnya sultan Iskandar Muda wafat, maka beliau di gantikan posisinyaoleh sultan Iskandar Thani, yang kala itu di sebut Adat Mahkota Alam dimana pemerintahannya kali ini di atur dalam sebuah undang undang resmi kerajaan Aceh.

Penyebaran Islam di Kerajaan Aceh

Kerajaan Aceh ini, telah di bagi dalam beberapa wilayah, diantaranya yaitu wilayah sagi dna juga wilayah pusat kerajaan. Dari setiap sagi yang ada di dirikan dari sejumlahan orang yang mu’min dan juga di kepalai oleh seorang panglima sagi yang di sebut juga sebagai hulubalang besar.

Sebagai Negara yang Mayoritasnya islam, maka aceh ini di sebut sebagai Serambi Mekkah karena juga kerajaan aceh dan daerah aceh ini sendiri lah yang merupakan pusat penyebaran islam di daerah asia tenggara dan juga untuk mempelajari ilmu agama islam dahulu pastilah belajarnya ke daerah aceh karena di dalamnya terdapat pelajaran islam dasar yang sangat lah kuat.

Golongan Masyarakat Aceh

Kerajaan Aceh ini terbagi juga dalam sebuh kelompok yang di sebut dengan Golongan Teuku, yaitu sebuah golongan masyarakat bangsawan dan juga golongan Agama yang di sebut dengan golongan Tengku ataupun para tokoh agama. Penghasilan di kerajaan aceh ini terdapat dari sebuah penarikan pajak dan juga dari cukai yang terdiri dari beberapa jenis diantaranya yaitu dari pajak pasar dan juga cukai intan.

Dalam bidan yang lainnya kerajaan ini juga mempunyai keunggulan, yaitu diantaranya di bidan sastra, kerajaan ini dapat menghasilkan banyak tokoh – tokoh baru yang ada di islam, seperti yang kita kenal Syamsuddin Pasai, Nurdin Arraniri dan juga Hamzah Fansyuri. Mereka semua menjadi para tokoh pelaku seni yang hebat di bidang sastranya.

Kemunduran dan Masa Kehancuran Kerajaan Aceh

Setelah wafatnya sang sultan yang sangat berjasa, yaitu sultan Iskandar muda, maka tidak ada lagi seorang sultan yang adil dan bijaksana di kerajaan aceh ini, maka dari itu tinggal lah hanya sebuah kemunduran dan juga kehancuran kerajaan ini yang tersisa di daerah aceh, ini pun di sebabkan pula oleh sistem perdagangannya yang kian hari kian menurun dan tidak karuan yang akhirnya membuat daerah malaka jatuh dan di kuasai oleh mereka bangsa PORTUGIS, sehingga perdagangan pusat di alihkan ke demak dan membuat kerajaan aceh mundur.

Postingan populer dari blog ini

Jumlah Pemain Bola Voli Dalam Satu Regu

Jumlah Pemain Bola Voli Dalam Satu Regu - Permainan bola voli adalah olah raga yang sangat digemari oleh kaum laki-laki atau perempuan, dalam permainan ini jumlah pemain nya dibatasi dengan jumlah yang sedikit mengingat lapangan bola voli juga tergolong kecil, berbeda dengan sepak bola yang kita kenal dengan istilah kesebelasan. Jumlah pemain bola voli dalam satu regu maximal ada 6, sedangkan untuk jumlah minumum ada 4 orang.
Baca juga : Ukuran lapangan bola voli standar nasional

Aturan Jumlah Pemain Bola Voli dalam Satu Regu Setiap tim atau regu memiliki jumlah pemain 10 orang, 6 Orang pemain inti dan 4 orang pemain cadanagan. Pada saat pergantian pemain ketika pertandingan berlangsung tidak dibatasi.  Maksimal dalam satu pertandingaan harus ada 6 pemain inti. minimal 4 pemain. Jika kurang dari empat pemain, maka regu bersangkutan dianggap K.O.
Posisi Pemain Saat Pertandingan Bola Voli Posisi pemain ketika pertandingan berlangsung terbagi menjadi 3, diantaranya; 2 Pemain Smasher/spiker…

Tinggi Ring Basket Dari Lantai untuk Putra dan Putri

Tinggi Ring Basket Dari Lantai untuk Putra dan Putri - Ring basket merupakan sesuatu yang termasuk kedalam fasilitas bola basket. Ring basket juga merupakan poin penting dalam permainan bola basket karena ring adalah tempat di mana pemain harus menembak bola ke dalam rangka untuk mengumpulkan poin. Lalu berapakah tinggi ring basket ???
Pada psotingan ini kita akan sama sama mengkaji tinggi ring basket. Ring basket memiliki tinggi yang berbeda. Ketinggian resmi peraturan NBA ring basket adalah 10 kaki dari lantai atau 305cm, dan papan  3,5 kaki vertikal dan 6 kaki horizontal. Hoop berdiameter 18 inci. Ketinggian lingkaran itu adalah standar di semua tingkat bermain.
Baca Juga : Ukuran Lapangan Basket
National Basketball Association memiliki standar yang berbeda untuk hoops basket karena visibilitas dalam permainan dan sifat fisik atlet profesional. Papan pantul basket NBA terbuat dari kaca 1/4-inch-tebal dan 72 inci lebar 42 inci. Konektor terbuat dari  logam, dan lingkaran dan lingkar…

45 Butir-butir Pancasila

45 BUTIR-BUTIR PANCASILA - Sejak tahun 2003, berdasarkan Tap MPR No.I/MPR/2003, 36 butir pedoman pengamalan Pancasila telah diganti menjadi 45 butir butir Pancasila.  Tapi yang sangat disayangkan yaitu tidak adanya kebijakan pemerintah untuk memasukkanya ke dalam kurikulum pendidikan ataupun program doktrinasi lewat media. 
Namun, meski demikian tidak ada salahnya jika kita mengetahui bagaimana cara pengamalan Butir-butir Pancasila tersebut.  Berikut 45 Butir-butir Pancasila beserta contoh sikap yang mencerminkan pengamalannya:

45 BUTIR-BUTIR PANCASILA
A.  Ketuhanan Yang Maha Esa 1. Bangsa Indonesia menyatakan kepercayaanya dan ketaqwaanya kepada Tuhan Yang Maha Esa. 2. Manusia Indonesia percaya dan taqwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa, sesuai dengan agama dan kepercayaannya masing-masing menurut dasar kemanusiaan yang adil dan beradab. 3. Mengembangkan sikap hormat menghormati dan bekerjasama anatra pemeluk agama dengan penganut kepercayaan yang berbeda-beda terhadap Tuhan Yang Maha Esa…