Wednesday, January 4, 2017

Fungsi Protein Bagi Tubuh

Fungsi Protein Bagi TubuhProtein merupakan kumpulan gabungan zat-zat dan juga molekul-molekul organik yang bekuful menjadi satu. Seperti beberapa zat dan molekul berikut ini (nitrogen, fosfor, karbon, sulfur, oksigen, hydrogen, nitrogen, fosfor, karbon, sulfur, dan asam amino) semuanya merupakan zat-zat dan molekul yang terdapat didalam berbagai bahan makanan yang dapat kita konsumsi pada setiap harinya. Pengertian protein dalam ilmu gizi didefinisikan sebagai sekumpulan kelompok makro nutrisi yang berupa senyawa asam amino.

Fungsi Protein Bagi Tubuh

Fungsi dari protein bagi tubuh yang paling utama adalah sebagai sumber zat pembangun dan juga pendorong metabolisme didalam tubuh manusia. Untuk catatan perlu anda ketahui bahwasanya protein tidak diproduksi langsung oleh tubuh kita sendiri, melainkan bersumber diperoleh dari berbagai makanan yang mengandung protein yang kita makan. 

Manfaat protein akan dapat dirasakan ketika kebutuhan protein harian tercukupi melalui asupan makanan sumber protein. Baca juga artikel tentang Pengertian Ilmu Gizi Lengkap

Fungsi Protein

Penjelasan Diatas menjelaskan tentang fungsi protein untuk tubuh dan telah disebutkan bahwa fungsi utama protein sebagai zat pembangun tubuh juga. Berikut ini saya akan menjelaskan fungsi-fungsi protein yang tak kalah penting lainnya yang harus anda ketahui. Berikut ini fungsi-fungsi protein tersebut.

  • Fungsi yang pertama dari protein yang lainnya yaitu sebagai pendukung berbagai jenis aktivitas yang terjadi pada organ tubuh dan juga pada metabolisme tubuh.
  • Fungsi yang kedua yaitu sebagai penyuplai energi bagi tubuh kita karena Pada setiap gramnya protein dapat menghasilkan molekul-molekul protein sebanyak 4,1 kalori, yang sangat dibutuhkan oleh tubuh sebagai sumber energi.
  • Fungsi yang ketiga dari protein adalah Untuk menyeimbangkan cairan dengan asam basa yang berada didalam tubuh. Sehingga kestabilan PH cairan pada tubuh kita akan berjalan dengan normal.
  • Fungsi protein yang keempat yaitu Dapat difungsikan juga untuk zat pembangun sebagai pembantu percepatan proses pertumbuhan pada anak-anak dan juga remaja.
  • Fungsi protein yang kelima adalah penangkal radikal bebas, sehingga kesehatan tubuh akan sangat terjaga.

Makanan Sumber Protein

Untuk dapat memenuhi kebutuhan protein pada tubuh kita, diperlukan asupan atau suplai protein dari berbagai makanan yang mengandung protein tentunya. Protein tidak hanya terdapat dalam satu jenis makanan saja, akan tetapi protein juga terdapat didalam bermacam-macam makanan yang mengandung protein. Jenis dari protein ada dua yaitu Protein nabati dan juga Protein Hewani.

Makanan yang terdapat sumber protein nabati yaitu seperti Kacang Kedelai, Kacang almond, Kacang hijau, kacang kedelai, Kacang merah, Kacang mede, Kacang hazel, Biji bunga matahari, Biji labu, Dan jintan. Adapun makanan sumber protein hewani yaitu susu sapi, susu kambing, susu unta, Ikan, Telur, Daging sapi, daging kambing, daging unta, daging kerbau, daging ayam, dan daging bebek.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Buku Sekolah
Buku Sekolah Updated at: 5:29:00 AM
Tags :

Related : Fungsi Protein Bagi Tubuh

0 komentar:

Post a Comment