Friday, January 6, 2017

Macam-macam Vitamin Yang Larut Dalam Air

Macam-macam Vitamin Yang Larut Dalam Air - Vitamin adalah Sekelompok senyawa organik atau Zat organoleptik yang sangat dibutuhkan bagi tubuh dan memiliki peranan yang sangat penting dalam mengatur sebuah proses metabolisme tubuh. Secara umum Vitamin tidak dapat di produksi langsung oleh tubuh. Setiap vitamin mempunyai fungsi dan tugas-tugas serta manfaat yang spesifik termasuk dalam pengatur pertumbuhan dan pemeliharaan kesehatan. Secara umum vitamin dikelompokkan menjadi dua kelompok yaitu Vitamin yang larut dalam Lemak, Kelompok vitamin yang pertama yaitu vitamin yang dapat larut di dalam lemak. vitamin yang dapat larut di dalam lemak ada empat yaitu Vitamin A, vitamin D, vitamin E, dan juga vitamin K. Kelompok vitamin yang kedua yaitu vitamin yang dapat larut di dalam air. vitamin yang dapat larut di dalam air isinya ada dua yaitu Vitamin B dan juga vitamin C.

Macam-macam Vitamin Yang Larut Dalam Air

Macam-macam Vitamin Yang Larut Dalam Air

Tubuh sangat memerlukan asupan Vitamin. Apabila anda kekurangan salah satu jenis vitamin maka akan dapat menyebabkan suatu penyakit. Tubuh hanya membutuhkan Vitamin dalam jumlah yang sedikit, tetapi jika kebutuhan vitamin ini di abaikan maka proses metabolisme didalam tubuh akan mengalami gangguan karena kebutuhan vitamin ini tidak akan dapat di gantikan oleh senyawa yang lainnya.  Baca juga Fungsi Protein Bagi tubuh

Salah satu jenis dari vitamin yaitu vitamin yang dapa larut didalam air nah didalam postingan kali ini saya akan membaha macam macam vitamin yang dapat larut didalam air.

Vitamin B

Ada beberapa kelompok golongan Vitamin B (B Komplek) dan secara umum manfaat vitamin B berperan penting dalam metabolisme tubuh, peranan Vitamin B di dalam tubuh sebagai senyawa koenzim yang dapat meningkatkan laju reaksi metabolisme tubuh kepada jenis sumber energi.

Vitamin B1

Salah satu jenis vitamin yang memiliki peranan yang sangat penting dalam menjaga kesehatan dari kulit dan membantu proses pembakaran dari karbohidrat menjadi energi, membantu proses metabolisme tubuh dalam memproses protein dan lemak dan masih banyak lagi fungsi Vitamin B1 lainnya.

Vitamin B2

Fungsi vitamin B2 di dalam tubuh berperan sangat penting dalam metabolisme. vitamin B2 berperan juga sebagai komponen Koenzim Flavin Mononukleotida dan Flavin Adenine Dinukleotida. Kedua enzim ini berperan sangat penting dalam memproses regenerasi energi bagi tubuh, dan juga oxsidasi asam lemak dan juga berperan dalam pembentukan sebuah sel darah merah serta menyokong pertumbuhan berbagai organ tubuh, seperti kulit, rambut, dan kuku.

Vitamin B3

Vitamin B3 berfungsi dan juga berperan penting dalam metabolisme karbohidrat didalam tubuh, lemak dan protein untuk menghasilkan energi. vitamin B3 berperan besar dalam menjaga kadar gula darah, tekanan darah tinggi dan dalam penyembuhan migrain. selain itu jenis vitamin ini juga sangat bermanfaat dalam mentralisir racun/ keracunan tubuh.

Vitamin B5

Fungsi vitamin B5 antara lain yaitu berperan dalam reaksi Enzim di dalam tubuh dan juga reaksi pemecahan nutrisi makanan. selain dari itu fungsi lain dari vitamin ini adalah sebagai neurotransmiter antara sistem saraf pusat dengan otak serta membantu memproduksi senyawa asam lemak dan juga hormon tubuh.  Baca juga Pengertian Ilmu Gizi

Vitamin B6

merupakan vitamin yang esensial bagi pertumbuhan tubuh, selain dari itu fungsi vitamin B6 lainnya yaitu sintesis energi dan juga berperan dalam metabolisme nutrisi tubuh serta memproduksi antibodi dalam tubuh sebagai sistem pertahanan tubuh (imun).

Vitamin B12

Vitamin jenis ini Khusus hanya dapat didapatkan dari hewan dan tidak ditemukan pada tanaman atau tumbuh-tumbuhan.

Vitamin C

banyak sekali manfaat dari vitamin C bagi kesehatan tubuh kita. Diantara yaitu berperan sebagai salah satu senyawa pembentuk kolagen. Kolagen merupakan protein penting penyusun jaringan kulit, sendi, tulang, dan jaringan penyokong organ lain. Selain itu Vitamin C merupakan antioksidan alami yang dapat menangkal berbagai radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh kita sehingga meminimalisir adanya risiko terjadinya berbagai penyakit degenaratif, seperti kanker Servik, kanker payudara dan berbagai jenis penyakit degeneratif lain.

Selain itu, vitamin c juga berperan dalam menjaga kebugaran tubuh dan mencegah penuaan diri, sangat baik dan ber manfaat vitamin c untuk kecantikan kulit bisa mencegah mencegah berbagai jenis penyakit dan infeksi.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Buku Sekolah
Buku Sekolah Updated at: 12:25:00 PM
Tags :

Related : Macam-macam Vitamin Yang Larut Dalam Air

0 komentar: