Monday, January 9, 2017

Manfaat Atmosfer Bagi Kehidupan

Manfaat Atmosfer Bagi Kehidupan - Atmosfer sebenarnya adalah sebuah lapisan udara yang terdiri dari berbagai macam unsur dan senyawa kimia didalamnya Atmosfer juga menutupi seluruh permukaan bumi. Jika di uraikan semuanya satu persatu maka atmosfer tersebut tersusun dari beberapa unsur seperti nitrogen sebanyak 78%, oksigen sebanyak 21%, argon sebanyak 1%, air sebanyak 0-7%, ozon sebanyak 0-0.01%, dan juga karbondioksida sebanyak 0.01-0.1% dan gas-gas lainnya. Selain tersusun dari gas-gas di atas, atmosfer sendiri miliki lapisan-lapisan yang tersusun, mulai dari lapisan atmosfer yang terdekat dengan bumi, selanjutnya stratosfer, mesosfer, ionosfer dan yang terakhir yaitu eksosfer yang merupakan lapisan dari atmosfer yang paling jauh dari permukaan bumi. Atmosfer sangatlah bermanfaat bagi bumi. dengan adanya atmosfer bumi dapat terlindungi. Di bawah ini merupakan penjelasan mengenai manfaat atmosfer bagi kehidupan berrdasarkan setiap lapisan yang tersusun pada atmosfer tersebut.  Baca selengkapnya Lapisan-Lapisan Atmosfer Beserta Fungsinya


Manfaat Atmosfer Bagi Kehidupan

Manfaat Lapisan Troposfer

Sebagaimana kita ketahui bahwa didalam semesta alam terdapat begitu banyak benda langit dengan berbagai warna dan ukuran yang berbeda-beda. Benda-benda langit tersebut juga memiliki efek radiasi negatif yang dapat menggangu organ tubuh manusia dan makhluk biologi lainnya baik itu secara langsung maupun secara tidak langsung. Meskipun letaknya dari benda-benda langit tersebut sangat jauh namun tapi dengan ukuran dan daya yang kuat efek radiasi tersebut dapat masuk ke dalam bumi. 

Nah,,, dari situlah kita dapat mengetahi fungsi dari lapisan troposfer yaitu sebagai pelindung kita dari sengatan radiasi negatif benda-benda yang ada dilangit. Pada lapisan troposfer ini jugalah tercipta berbagai perubahan cuaca yang tentunya juga sangat bermanfaat untuk manusia, khususnya dalam menciptakan siklus alam yang sangat harmonis.

Manfaat Lapisan Stratosfer

Lapisan kedua dari Atmosfer adalah stratosfer. Tidak seperti lapisan troposfer yang masih yang dapat dirasakan perubahannya seperti dari perubahan suhu serta cuaca secara signifikan, lapisan stratosfer tidak ada pola perubahan cuaca yang begitu berarti. Oleh karena sifat alam dari stratosfer yang tidak mudah dibaca dengan dan sangat jarang sekali terjadi perubahan cuaca dengan secara tiba-tiba, Oleh karena itulah Menfaat dari Stratosfer bagi manusia yaitu untuk dijadikan sebagai jalur lalu lintas pesawat.

Manfaat Lapisan Mesosfer

Pada lafisan yang ketiga ini terdapat pergeseran udara yang mengakibatkan terciptanya suhu yang sangat panas di lapisan mesosfer. Lapisan dari mesosfer yang sangat panas inilah yang sangat bermanfaat bagi manusi karena suhu panas yang ada di atas lapisan dari mesosfer sana justru sangat bermanfaat yang Fungsinya adalah sebagai pengikis benda-benda langit yang jatuh ke bumi, sehingga dengan panasnya tersebut benda-benda langit seperti meteor dan benda langit lainnya sudah akan habis terbakar terlebih dahulu sebelum menyentuh bumi. 

Namun demikian masih ada beberapa benda langit yang masih jatuh kebumi. Benda langit tersbut kemungkinan sangatlah besar dan memiliki kecepatan yang sangat tinggi, sehingga masih menyisakan serpihan yang lolos dan jatuh ke bumi. Baca artikel lain mengenai Susunan Tata Surya dan Penjelasannya

Manfaat Lapisan Ionosfer

Dari namanya juga kita dapat mengetahui bahwa lapisan lonosfer memiliki muatan listrik didalamnya. Meskipun begitu Kita dapat memanfaatkan muatan listrik tersebut sebagai pemantul gelombang radio, sehingga lapisan ini sangat berguna untuk kegiatan manusia seperti proses telekomunikasi.

Pada lapisan lonosfer juga sering terjadi kenaikan temperatur yang sangat tinggi, yang diakibatkan dari proses penyerapan radiasi dari sinar ultra violet.

Manfaat Lapisan Eksosfer

Sebagai lapisan terakhir dari lapisan atmosfer, lapisan eksosfer adalah merupakan tameng pertama yang melindungi bumi dari batu meteor, komet, dan benda langit lain sebelum jatuh ke permukaan bumi, yang tertarik oleh gravitasi bumi. Benda langit yang mendekati lapisan eksosfer akan terbakas dan lenyap karena panasnya lapisan ini, atau jika benda tersebut sangatlah besar, lapisan termosfer akan mengikisnya habis-habisan sehingga ketika jatuh kepermukaan bumi meteorit atau benda lain akan menjadi sangat kecil dan tidak menimbulkan kerusakan yang signifikan pada permukaan bumi.

Manfaat lain dari atmosfer adalah sebagai penjaga dari suhu udara di bumi agar lebih stabil. Jadi, ketika siang hari tidak akan terlalu panas, dan ketika di malam hari tidak terlalu dingin juga. Tanpa adanya atmosfer suhu di bumi pada siang hari diprediksikan akan mencapai sekitar 93ºC dan menurun dratis ketika di malam hari menjadi sekitar -184ºC. Dengan suhu tersebut sangat mustahil manusia dan makhluk hidup yang lainnya akan hidup.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Buku Sekolah
Buku Sekolah Updated at: 10:23:00 AM

Related : Manfaat Atmosfer Bagi Kehidupan

0 komentar: