Kamis, 12 Januari 2017

Pengertian Awan Alto Cumulus

;
Pengertian Awan Alto Cumulus - Salah satu jenis awan yang terdapat diatas langit bumi kita ini adalah awan alto cumulus. Awan alto cumulus merupakan salah satu awan yang berjenis awan menengah. Awan alto cumulus merupakan awan yang berbentuk menyerupai partikel-partikel kecil yang berkumpul dalam jumlah yang sangat banyak. Awan alto cumulus merupakan sebuah jenis awan yang bergerombol karena jumlahnya banyak dan letaknya saling berdekatan antara satu sama lain. Awan alto cumulus biasanya dapat dijumpai ketika langit sedang dalam keadaan biru cerah dan sinar matahari terik.

Awan Alto Cumulus

Ciri- ciri Awan Alto Cumulus

Setiap jenis awan tentunya mempunyai bentuk dan karakteristik serta ciri- cirinya masing- masing, begitu pula dengan awan alto cumulus yang juga memiliki ciri-ciri karakteristiknya sendiri. Berikut ini merupakan Ciri dan karakteristik yang dimiliki oleh Awan alto cumulus. Baca selengkapnya Macam-macam Awan dan Pengertiannya 
  • Ukuran dari awan alto cumulus yang berukulan kecil namun bnyak dan bergrombol
  • Berbentuk seperti bola-bola yang agak tebal atau menggembung
  • Memiliki warna putih pucat terkadang ada juga bagian yang berwarna kelabu
  • Sebagian besar dari bola-bola yang bergrombol tersebut terdiri atas butiran- butiran es
  • Terdapat banyangan pada awan awan tersebut
  • Awan yang terlihat tipis dan berjarak sekitar 1 km
  • Awan ini biasanya terlihat pada musim panas yang lembab di pagi hari dan terkadang menandakan hujan lebat pada sore harinya

Jenis- jenis Awan Alto Cumulus

Awan alto cumulus merupakan salah satu jenis awan yang juga dapat dipisahkan lagi menjadi beberapa jenis. Berikut ini merupakan jenis- jenis awan alto cumulus yang akan dijelaskan pada penjelaskan dibawah ini.

Alto cumulus translucidus (CM=3)

Alto cumulus translucidus (CM=3) merupakan salah satu jenis dari awan Alto cumulus yang memiliki massa awan yang berbentuk bulatan- bulatan atau bergulung- gulung yang mana di tepinya kelihatan bercahaya dari celah- celahnya.

Alto cumulus lenticularis (CM=4)

Yaitu sebuah awan yang mempunyai massa awan yang tipis, terpisah- pisah dan berbentuk seperti lensa dan kelihatan selalu berubah- ubah.

Alto cumulus opacus (CM=5)

yakni lapisan awan tebal yang mana di bagian bawah atau dasarnya masih terdapat atau tampak kerutan. Kerutan ini tampak seperti kantong- kantong sehingga sinar bulan atau sinar matahari tidak mampu menembusnya.

Alto cumulus cumuloginitus (CM=6)

Yaitu sebuah awan yang terjadi dari bentangan atau Cb. Baca juga Pengertian Awan Cumolonimbus dan jenisnya

Alto cumulus pilus (CM=7)

yaitu awan yang berada di dekat atau di puncak awan Cumulus atau Cumulonimbus dan terlihat seolah- olah menghalangi pertumbuhan pada induknya.

Alto cumulus castellatus (CM=8)

yaitu sebuah awan yang menjulang tinggi seperti tembok, benteng, kastil ataupun menara yang mirip seperti awan Cumulus.

Alto cumulus Percipitans (CM=9)

merupakan awan yang menimbulkan hujan ringan namun tidak kontinyu atau berkesinambungan
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Buku Sekolah
Buku Sekolah Updated at: 23.49.00

Related : Pengertian Awan Alto Cumulus

0 komentar:

Posting Komentar